Pendekatan Pedagogis untuk Memperkaya Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi

  • Erika Feronika Br Simanungkalit Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Ari Data Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • R.E.H.Riwu Manu Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Agustina Butar- Butar Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Fernando Saragih Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Mises B.C Abineno Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia

Abstrak

Minimnya kompetensi berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa pada  mata  pelajaran Ekonomi di SMA Kota Kupang menjadi penyebab utama dilakukan penelitian. Tujuan  penelitian  ini  adalah : 1) Untuk mengetahui gambaran dan analisis kompetensi berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kota Kupang; 2) Untuk mengetahui Pendekatan pedagogis yang paling tepat digunakan untuk memperkaya kompetensi berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kota Kupang. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMA di Kota Kupang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling berupa Convenience sampling dan diperoleh 132 siswa kelas XI sebagai sampel yang berasal dari 4 Sekolah Menengah Atas di kota Kupang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Kota Kupang termasuk dalam kategori rendah, dengan indikator mengevaluasi dan menciptakan sebagai indikator kompetensi berpikir tingkat tinggi yang paling rendah.; 2) Hasil studi literatur yang dilakukan menemukan bahwa pendekatan pedagogis Social Constructivism dan pendekatan pedagogis Constructivism merupakan pendekatan pedagogis yang dapat guru terapkan dalam pembelajaran ekonomi untuk mengembangkan kompetensi berpikir tingkat tinggi siswa.

Kata Kunci: Pendekatan Pedagogis, Contructivism, Social Contructivism, Liberationism, Behaviorism, Kompetensi Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-15
Bagaimana cara mengutip:
Simanungkalit, E. F. B., Data, A., Manu, R., Butar, A. B.-, Saragih, F., & Abineno, M. B. (2025). Pendekatan Pedagogis untuk Memperkaya Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1737-1742. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.2003
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 167 times
PDF downloaded: 53 times

Referensi

Abdul Razzak, N. (2020). Paulo Freire’s critical and dialogic pedagogy and its implications for the Bahraini educational context. Educational Philosophy and Theory, 52(9), 999-1010.

Affandy, H., Sunarno, W., & Suryana, R. (2024). Integrating creative pedagogy into problem-based learning: The effects on higher order thinking skills in science education. Thinking Skills and Creativity, 53, 101575

Badan Pusat Statistik, 2023. Indeks Pembangunan Manusia Menurut Provinsi Tahun 2023,https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDk0IzI=/-metode-baru-indeks pembangunan-manusia-menurut-provinsi.html.

Bashir, I., Naseem, A., Sherazi, F., Ghafoor, A., & Malik, A. (2021). Synthesizing sociocultural and behaviorist approaches for developing higher order thinking Skills. Competitive Education Research Journal, 2(3), 1-12.

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekjen Kemendikbud, 2023. Perilisan Hasil PISA 2022, https:// www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018.

Cortina, R., & Winter, M. (2021). Paulo Freire’s pedagogy of liberation.

Firdaos, R., 2015. Orientasi Pedagogik Dan Perubahan Sosial Budaya Terhadap Kemajuan Ilmu Pendidikan Dan Teknologi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), pp.106-117.

Fitriani, Y. E., Syarifah, E. F., & Emiliasari, R. N. (2021). Teachers’ Strategy to Develop Higher Order Thinking Skills in Reading Class. Journal of Language Intelligence and Culture, 3(2), 139-154.

Garzón, J., Baldiris, S., Gutiérrez, J. and Pavón, J., 2020. How do pedagogical approaches affect the impact of augmented reality on education? A meta-analysis and researchsynthesis. Educational Research Review, 31, p.100334.

Hamzah, N., Zakaria, N., Ariffin, A., & Rubani, S. N. K. (2024). The Effectiveness of Collaborative Learning in Improving Higher Level Thinking Skills and Reflective Skills. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 42(1), 191-198.

Hasanah, A., Nugraha, R.C., Harningsih, E., Ghassani, D.A. and Marasabessy, R., 2022. Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), pp.1131-1150.

Hidayati, A.U., 2018. Melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), pp.143-156.

Kementerian PPN/Bappenas, 2023. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025-2045 dalam Mendukung Visi Indonesia Emas 2045, https://indonesia2045.go.id.

Liu, J., Yuan, K., Lin, X., & Zhu, W. (2023). What learning strategies influence higher-order learning behaviours of medical students?. Annals of Medicine, 55(1), 2205166.

Lozano, R., Merrill, M.Y., Sammalisto, K., Ceulemans, K. and Lozano, F.J., 2017. Connecting competences and pedagogical approaches for sustainable development in higher education: A literature review and framework proposal. Sustainability, 9(10),p.1889.

Minarni, A., & Napitupulu, E. E. (2020). The role of constructivism-based learning in improving mathematical high order thinking skills of indonesian students. Infinity Journal, 9(1), 111-132.

Mohamad, N. S., & Romli, T. R. M. (2021). Application of theory of social constructivism in teaching Arabic teachers to apply higher order thinking skill. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 10(2), 483-491.

Ngwenya, J., & Hlophe, N. Q. (2022). Teaching strategies used to develop higher-order thinking skills in financial accounting in selected schools in South Africa. Universal Journal of Educational Research, 10(2), 173-183.

Pratama, G.S. and Retnawati, H., 2018, September. Urgency of higher order thinking skills (HOTS) content analysis in mathematics textbook. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1097, No. 1, p. 012147). IOP Publishing

Usodo, B. (2024). Feasibility of a Problem-Based Social Constructivism Learning Model to Improve Higher-Order Thinking Skills among Primary School Students. Journal of Education and e-Learning Research, 11(3), 588-596.

World Population Review. (2025, July 04). https://worldpopulationreview.com/countries

World Talent Ranking. (2024, September 19). https://www.imd.org/centers/wcc/world-competitiveness-center/rankings/world-talent-ranking/