Pengaruh Aplikasi Kehadiran dan Sistem Pelaporan Digital terhadap Kinerja Administrasi Dosen di Universitas Buana Perjuangan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi secara empiris pengaruh implementasi aplikasi kehadiran dosen dan sistem pelaporan digital terhadap peningkatan kinerja administrasi dosen di Universitas Buana Perjuangan Karawang, dalam kerangka transformasi digital tata kelola pendidikan tinggi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode regresi linear berganda, penelitian ini menemukan bahwa kedua variabel independen—aplikasi kehadiran (X₁) dan sistem pelaporan digital (X₂)—berkontribusi signifikan secara simultan maupun parsial terhadap variabel dependen, yaitu kinerja administrasi dosen (Y). Instrumen penelitian menunjukkan validitas konstruk dan reliabilitas tinggi (Cronbach’s Alpha > 0,8), serta model analisis memenuhi asumsi klasik. Temuan utama memperlihatkan bahwa sistem pelaporan digital memiliki pengaruh yang lebih substansial dibanding aplikasi kehadiran dalam mendorong efisiensi, akurasi, dan akuntabilitas kerja administratif dosen. Hasil ini mengonfirmasi relevansi kerangka teoritik Technology Acceptance Model (TAM) serta model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean, khususnya terkait kualitas sistem, persepsi kegunaan, dan kepuasan pengguna. Penelitian ini berkontribusi pada penguatan literatur tentang adopsi teknologi di sektor pendidikan tinggi dan memberikan implikasi praktis bagi pengembangan sistem informasi akademik yang terintegrasi, user-centered, dan berkelanjutan sebagai bagian dari strategi institusional dalam merespons tuntutan digitalisasi era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Yogi Ginanjar, Undang Ruslan Wahyudi, Saepul Ma'mun, Endi Rochaendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












