Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Literasi Digital dan Motivasi Belajar di SMPIT Bina Bangsa

  • Aziza Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Suci Mega Dian Sari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kota Serang, Banten,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran jarak jauh merupakan interaksi menyampaikan materi pelajaran yang dilakukan secara online. Pembelajaran ini menuntut penggunaan teknologi selama proses pembelajaran. Oleh sebab itu, diperlukan kemampuan-kemampuan khusus dalam penguasaan teknologi. Seperti penggunaan handphone dan internet. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pembelajaran jarak jauh terhadap hasil belajar, kemampuan literasi digital dan motivasi belajar pada peserta didik. Metode pembelajaran dilakukan menggunakan google meet dan Canva sebagai media pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan desain one group pretest-post test. Pengukuran hasil belajar diukur menggunakan N-gain untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan atau tidak. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan survey online menggunakan google form untuk mengetahui dampak pembelajaran online dalam menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik. Baik motivasi untuk belajar maupun motivasi dalam kemampuan literasi digital. Dengan rerata perolehan skor N-gain sebesar 0,77 yang termasuk kategori tinggi. Indikator kemampuan literasi digital yang diukur dalam penelitian ini ada tiga aspek, yaitu aspek current information yaitu kemampuan mencari dan memilih informasi yang ada di internet, practical and functional skills yaitu kemampuan mengoperasikan perangkat teknologi, seperti menggunakan ponsel atau laptop untuk presentasi,dan proficient communication yaitu berkomunikasi melalui teknologi digital.

Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Canva, motivasi belajar, literasi digital

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-15
Bagaimana cara mengutip:
Lestari, A., Sari, S. M. D., & Nulhakim, L. (2025). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Literasi Digital dan Motivasi Belajar di SMPIT Bina Bangsa . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1710-1719. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1988
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 307 times
PDF downloaded: 49 times

Referensi

Abdul Karim Batubara, M.A, D. (2024). Model Literasi Digital Universitas. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Abdurahman, K., Aghtiar Rakhman, P., & Rokmanah, S. (2024). IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 3025–3293. https://doi.org/https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1497

Adelbertus Gading Ananta Putra, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Canva Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. 5(4), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3521

Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. EduTech Journal, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.62872/mp5y5475

Andy Ahmad, A. H. M. (2024). Pendidikan Jarak Jauh sebagai Salah Satu Solusi Pemerataan Pendidikan di Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.56773/pjer.v2i1.50

Aryanto Nur, D. (2024). Penelitian Penggunaan Aplikasi Canva bagi Mahasiswa. 4(11), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.3785/kohesi.v4i11.6667

Elisa Maharani, D. (2024). Motivasi Belajar dalam Pendidikan (pp. 1–29).

Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. SHEs: Conference Series, 5(5), 1086–1093. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Farisia, Fitriyah, A., Dzulkarami, D., Jannah, S. W., & Irsyad, A. S. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia MI/SD. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(3), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v3i3.1875

Imel Ahmarita Meliana, & Marsofiyati Marsofiyati. (2024). Peran Strategi Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 188–199. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.352

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. In Perspektif (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230–9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318

Putri, C. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Pohon Pintar Ppkn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di Sma Pgri 2 Kota Jambi. Universitas Jambi, 7. https://repository.unja.ac.id/43617/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/43617/4/BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Sleman, M. N. 8. (2025). Pendidikan Jarak Jauh: Tantangan dan Peluang di Masa Depan. https://mtsn8sleman.sch.id/blog/pendidikan-jarak-jauh-tantangan-dan-peluang-di-masa-depan/

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843