Strategi Internalisasi Nilai‑nilai Akhlak dalam Pendidikan Madrasah di Era Digital

  • Muhamad Januaripin Institut Miftahul Huda Subang, Subang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ilman Nafi’a UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon, Cirebon, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ubed Jubaedah Institut Miftahul Huda Subang, Subang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Munasir Munasir Institut Miftahul Huda Subang, Subang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Perkembangan teknologi digital dalam era revolusi industri 4.0 telah memengaruhi berbagai dimensi kehidupan, termasuk cara generasi muda membentuk identitas dan mengakses nilai. Generasi Z sebagai digital native menghadapi risiko fragmentasi moral akibat paparan konten negatif dan lemahnya pendampingan nilai. Dalam konteks ini, madrasah memiliki peran strategis sebagai institusi pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Artikel ini mengkaji strategi konseptual internalisasi nilai akhlak di madrasah dengan pendekatan integratif yang mencakup dimensi kurikulum, keteladanan guru, praktik spiritual, serta pemanfaatan media digital. Pembahasan dilakukan secara konseptual dengan merujuk pada literatur ilmiah mutakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi internalisasi akhlak yang efektif harus memadukan antara teknologi dan spiritualitas secara harmonis. Selain itu, diperlukan penguatan kebijakan pendidikan, pelatihan guru yang kontekstual, serta evaluasi karakter yang berorientasi proses. Madrasah diharapkan mampu menjadi pusat transformasi nilai, bukan sekadar lembaga transmisi ilmu. Dengan demikian, internalisasi akhlak tidak hanya relevan secara normatif, tetapi juga adaptif terhadap realitas digital yang terus berkembang.

Kata Kunci: Internalisasi Nilai, akhlak, Madrasah Digital

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Januaripin, M., Nafi’a, I., Jubaedah, U., & Munasir, M. (2025). Strategi Internalisasi Nilai‑nilai Akhlak dalam Pendidikan Madrasah di Era Digital . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1762-1770. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1975
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 317 times
PDF downloaded: 114 times

Referensi

Alfiyah, S., & Hariyadi, B. (2022). Internalisasi Pendidikan Akhlak dalam Menguatkan Karakter Islami Siswa Mi Perwanida Blitar. Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 110–133. https://doi.org/10.18592/moe.v8i1.6273

Febliza, A., Kadarohman*, A., Aisyah, S., & Abdullah, N. (2025). Generation Z and the Use of Digital Technology: A Review from 2014 to 2023. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.24815/jpsi.v13i1.40797

Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426

Hidayat, W. N., Nurlaila, N., Purnomo, E., & Aziz, N. (2023). Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) in Islamic Religious Education in the Digital Era. Al Hikmah: Journal of Education, 4(1), 93–106. https://doi.org/10.54168/ahje.v4i1.145

Hunaidah, M., & Ikmal, I. H. (2023). Urgensi Kompetensi Digital Guru Dalam Pembelajaran PAI di SMK NU Lamongan. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i2.983

Iskandar, I., & Riantoni, C. (2023). Kesulitan Guru Pai Mengintegrasikan Pembelajaran Berbasis TPACK pada Masa dan pasca Pandemi Covid 19. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 533–542. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4721

Kasnuri, S. D. (2025). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter dan Akhlak Siswa di Era Digital. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 3(1), Article 1.

Latif, U. (2022). Dzikir dan Upaya Pemenuhan Mental-Spiritual Dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.22373/taujih.v5i1.13729

Maimanah, M., Masfufah, M., & Majid, A. B. A. (2025). Implementation of Technology-Enhanced Learning Media Based on Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) to Improve Student Engagement in PAI Learning. Edusoshum : Journal of Islamic Education and Social Humanities, 5(1), Article 1.

Muflihin, A. (2024). Integrasi Kearifan Lokal dan Literasi Digital dalam Pendidikan Islam untuk Menghadapi Tantangan Abad 21. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30659/jspi.7.1.56-67

Muhibah, S., As, A. H., & Sudi, M. (2024). The Role of Madrasah in Improving Character Education in The Digital Age. International Journal Of Society ReviewS, 2(3), Article 3.

Murdaningtias, S., Fahmi, M. F., & Hidayat, M. T. (2025). Tantangan Guru dalam Mengintegrasikan Teknologi Digital pada Pembelajaran PAI di SMA Hasyim Asy’ari 1 Pucuk. AJER: Advanced Journal of Education and Religion, 2(1), 60–65.

Ningsih, I. W., Wahidin, U., & Sarbini, M. (2023). Transformasi Digital Media Pembelajaran Membaca Al-Qurâ€TMan Berbasis Android pada Aplikasi Tilawati Mobile. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001), Article 001. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/5666

Quddus, A. (2019). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pendidikan Profesi Guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram. Jurnal Tatsqif, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1911

Rohani, A. E., Sileuw, M., & Iribaram, S. (2023). Relevansi Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa yang Religius. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.32332/tapis.v7i2.7899

Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428

Sari, S. S. (2022). Pembelajaran Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Pada Pendidikan Agama Islam. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v5i2.2818

Sarinawati, S. (2025). Religiusitas di Era Digital Transformasi Praktik Keagamaan di Kalangan Generasi Z. Khazanah: Journal of Religious and Social Scientific, 1(1), Article 1.

Sarwendah, A. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Kihajar Beriman” pada Elemen Media Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.616

Suwahyu, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Peserta Didik di SMA UII Yogyakarta. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i2.9911

Taufikurrahman, T., Hidayati, F., & Mardiana, D. (2019). Internalisasi Nilai Tasawuf Al-Ghazali di Pondok Pesantren: Determinasi Makna di Era Disruptif 4.0. Proceeding of International Conference on Islamic Education (ICIED), 4(1), Article 1.

Ula, W. F., & Khusnia, R. (2025). Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Nilai Akhlak Mulia Pada Siswa Di Era Digital. Jurnal Ilmiah Nusantara, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.61722/jinu.v2i3.4482

Widyastuti, I., & Dartim, D. (2025). Pemikiran al-Ghazali dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1616