Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila

  • Tri Wahyuni Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Fathurrohman Fathurrohman Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap tanggung jawab siswa dan hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VI SD Negeri Jambe melalui implementasi model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tempat penelitian adalah di SD Jambe Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VI tahun ajaran 2024/2025. Sumber data diperoleh dari hasil observasi sikap tanggung jawab dan tes hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Teknik pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes yaitu 20 soal pilihan ganda, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada peningkatan sikap tanggung jawab peserta didik dari siklus I dan siklus II yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning, 2)  terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas VI dengan menggunakan model problem based learning. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi para pendidik untuk mengadopsi model PBL dan diharapkan memberi solusi untuk meningkatkan pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: tanggung jawab, hasil belajar, pendidikan pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-15
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuni, T., & Fathurrohman, F. (2025). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1703-1709. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1972
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 159 times
PDF downloaded: 71 times

Referensi

Anditya, J. S., Khasanah, U., & Wahyuningsih, S. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas IV Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76532

Arends, R. I. (2008). Learning to teach: Belajar untuk mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fathurrohman, F. (2019). Implementasi pendidikan moral di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 79-86. https://doi.org/10.63301/tme.v17i2.1912

Helmon, A. (2017). Developing a PBL-Based Thematic-Integrative Learning Instrument for Grade IV Students. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 125-138. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.8802

Herwin, H., & Dahalan, S. C. (2022). Technological integration factors in parental involvement during distance learning. International Journal of Information and Education Technology, 12(7), 637-642. https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.7.1664

Hidayati, N. F., Wirawati, B., & Suliyastuti, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV B SDN Pakis 1 Surabaya. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 70-79.

Hwang, Y., Ko, Y., Shim, S. S., Ok, S. Y., & Lee, H. (2023). Promoting engineering students’ social responsibility and willingness to act on socioscientific issues. International Journal of STEM Education, 10(1),11. https://doi.org/10.1186/s40594-023-00402-1

Jamil Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori Aplikasi. Yogyakarta: Ar Russ Media

Kawuryan, S. P. (2024). Exploring the Integration of Technology in Learning Practices: Study of Faculty Candidates. Jurnal Prima Edukasia, 12(2). https://doi.org/10.1186/s40594-023-00402-1

Kulsum, N. U., & Kristayulita, K. (2019). Student Problem Solving Analysis by Step John Dewey Reviewed from Learning Style. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(2), 20-30. https://doi.org/10.1186/s40594-023-00402-1

Lobo, J., Masagca, R. C., Serrano, J. M., Evangelista, J. A., Ladion, A., & Galvez, M. J. (2025). Perceived responsibility classroom climate in Physical Education through the perspective of Responsibility-Based Education preventing cognitive failures. Sportis. Scientific Journal of School Sport, Physical Education and Psychomotricity, 11(1), 1-28. https://doi.org/10.17979/sportis.2025.11.1.11158

Lonergan, R., Cumming, T. M., & O'Neill, S. C. (2022). Exploring the efficacy of problem-based learning in diverse secondary school classrooms: Characteristics and goals of problem-based learning. International Journal of Educational Research, 112, 101945. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2022.101945

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam pembelajaran di sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195-207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta.

Miller, P. (2010). Piaget's Theory. 649-672. https://doi.org/10.1002/9781444325485.CH25.

Mungzilina, A. K., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 184-195. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v2i2.209

Odell, M. R., Kennedy, T. J., & Stocks, E. (2019). The impact of PBL as a STEM school reform model. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1846

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75-86.

https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Jakarta: Sekretariat Negara.

Suharsimi Arikunto. dkk. (2017).Penelitian Tindakan Kelas. Cet. II; Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Herwin, H. (2022). The Environmental Utilization as a Learning Resource for Civic Education in Elementary Schools by Prospective Teacher College Students. Jurnal Prima Edukasia, 10(2),194-200. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i2.51923

Wuryandani, W., Fathurrohman, F., & Suparlan, S. (2019). Character Education Through School Literacy Program in Elementary School. KnE Social Sciences, 51-61. https://doi.org/10.18502/kss.v3i17.4622