Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap tanggung jawab siswa dan hasil belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas VI SD Negeri Jambe melalui implementasi model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tempat penelitian adalah di SD Jambe Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas VI tahun ajaran 2024/2025. Sumber data diperoleh dari hasil observasi sikap tanggung jawab dan tes hasil belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Pancasila. Teknik pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes yaitu 20 soal pilihan ganda, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada peningkatan sikap tanggung jawab peserta didik dari siklus I dan siklus II yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning, 2) terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas VI dengan menggunakan model problem based learning. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning efektif meningkatkan sikap tanggung jawab dan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi para pendidik untuk mengadopsi model PBL dan diharapkan memberi solusi untuk meningkatkan pembelajaran di kelas.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Tri Wahyuni, Fathurrohman Fathurrohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












