Pengembangan Modul Matematika Berbasis Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Motivasi Belajar Siswa SMK

  • Ahmad Zaki Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Elly Arliani Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya ketersediaan modul matematika yang berkualitas bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik dan menghasilkan modul matematika berbasis cerita pendek serta menilai kualitasnya dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam meningkatkan literasi matematika dan motivasi belajar siswa SMK. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar validasi, angket kepraktisan, tes literasi matematika, dan angket motivasi belajar. Validitas instrumen diuji melalui expert judgment dan reliabilitasnya masing-masing 0,607 (literasi matematika) dan 0,854 (motivasi belajar). Subjek penelitian adalah siswa kelas X DPB 2 SMK Negeri 1 Sewon. Hasil penelitian berupa modul cetak yang memuat elemen cerita pendek sebagai pengantar materi persamaan kuadrat. Modul memperoleh skor validitas materi 3,13 (layak) dan media 3,62 (sangat layak). Kepraktisan diperoleh dari guru (3,61) dan siswa (3,34), keduanya berkategori sangat baik. Keefektifan dibuktikan dengan rata-rata nilai literasi matematika 80,14 dan skor motivasi belajar 3,28. Hasil uji one sample t-test menunjukkan t hitung 2,63 > t tabel 1,65 dan p-value 0,013 < 0,05. Dengan demikian, modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya di SMK.

Kata Kunci: literasi matematika, motivasi belajar, modul matematika berbasis cerpen

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ahmad Zaki, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ahmad Zaki, S.Pd.Si., Lahir di Bantul, 30 Juli 1982. Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika UNY. Mengajar Mapel Matematika di SMK Negeri 1 Sewon. Tinggal di Nglembu Rt.02 Panjangrejo Pundong Bantul D.I. Yogyakarta.

Elly Arliani, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dr. Dra. Elly Arliani, M.Si., Lahir di Bengkulu, 16 Agustus 1967. Merupakan dosen pada Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Tinggal di D.I. Yogyakarta. 

Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Zaki, A., & Arliani, E. (2025). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Cerpen untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika dan Motivasi Belajar Siswa SMK . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1635-1640. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1971
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 114 times
PDF downloaded: 36 times

Referensi

Agustiani, R. (2016). Pengembangan cerita pendek (cerpen) matematika untuk pembelajaran matematika materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Jurnal Pendidikan Matematika JPM Rafa, 2(2), 161. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1246

Feriyanto, F., & Putri, R. O. E. (2020). Developing Mathematics Module Based on Literacy and Higher Order Thinking Skills (HOTS) Questions to Train Critical Thinking Ability of High School Students in Mojokerto. Journal of Physics: Conference Series, 1594(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012014

Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562–576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278

Furner, J. M. (2017). Using Fairy Tales and Children’s Literature in the Math Classroom: Helping All Students Become Einstein’s in a STEM World. Journal of Advances in Education Research, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.22606/jaer.2017.22006

Kamarudin, N., Jalal, A. & Angkotasan, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Cerpen Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 71–75. https://doi.org/10.33387/saintifik.v7i2.5502

Mendikbudristek. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022. tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran (2022).

Kintoko, & Jana. (2019). Development of Mathematics Module on the Material of Flat Side Space Building in DIY Culture-Based. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012072

Medupin, C. (2024). Perspectives on Using Storytelling as a Means of Teaching and Learning: Reflections from Diverse Groups of Participants on the Theme “What’s in Your River?” Education Sciences, 14(1). https://doi.org/10.3390/educsci14010018

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). https://www.oecd.org/pisa/sitedocument/PISA-2021-mathematics-framework.pdf.

OECD. (2022). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework. 1–16. https://doi.org/10.1787/7ea9ee19-en

Rabindran, & Madanagopal, D. (2020). Piaget’s Theory and Stages of Cognitive Development- An Overview. Scholars Journal of Applied Medical Sciences, 8(9), 2152–2157. https://doi.org/10.36347/sjams.2020.v08i09.034

Schwortz, A. C., & Burrows, A. C. (2022). Listening for Integrated STEM Discourse: Power and Positioning in a Teacher Professional Development Dataset Activity. Education Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/educsci12020084

Soboleva, E. V., Suvorova, T. N., Bocharov, M. I., & Bocharova, T. I. (2022). Development of the Personalized Model of Teaching Mathematics by Means of Interactive Short Stories to Improve the Quality of Educational Results 0f Schoolchildren. European Journal of Contemporary Education, 11(1), 241–257. https://doi.org/10.13187/ejced.2022.1.241

Thiagarajan. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Uno, H. B. (2016). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Yuspa, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Cerita Pendek untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Palopo pada Materi Program Linear. IAIN Palopo.

Zulkardi & Putri. (2010). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). INSRI Press.