Pengaruh STEAM-PjBL pada Pembelajaran Matematika terhadap Kepercayaan Diri Siswa SD
Abstrak
STEAM-PjBL merupakan model pembelajaran yang secara teoretis memiliki potensi memberi pengaruh terhadap kepercayaan diri siswa sekolah dasar pada pembelajaran Matematika. Selain itu rendahnya kepercayaan diri menjadi persoalan yang sering ditemukan di sekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran STEAM-PjBL pada pembelajaran matematika terhadap kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan menggunakan desain quasi experimen. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VI SDN Karangrejek I, Kapanewon Wonosari tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel ialah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tenik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis kepercayaan diri siswa menggunakan uji t-test independent sample memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) equal variances assumed 0,006 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STEAM-PjBL dalam pembelajaran matematika terhadap kepercayaan diri siswa sekolah dasar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Subekti Wining Anggraini, Herwin Herwin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

