Analisis Kebutuhan Media E-Picture Story Book untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstrak
Rendahnya literasi baca siswa kelas IV sekolah dasar menjadi tantangan yang perlu diatasi oleh guru. Belum adanya media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya literasi baca pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa kelas IV sekolah dasar akan media e-picture story book. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara kepada guru, angket kebutuhan siswa, dan observasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2025 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD se-Kombel 2 Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitan menunjukkan belum bervariasinya media pembelajarn yang digunakan. Guru masih menggunakan buku teks seadanya di sekolah, sehingga kurang menarik minat baca siswa. selain itu belum digunakannya media pembelajaran berbasis teknologi seperti media e-picture story book. Sehingga guru dan siswa menginginkan dikembangkannya media belajar sesuai karakteristik dan kebutuhan belajar siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Muntamah Muntamah, Ali Mustadi, Fery Muhammad Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

