Analisis Kebutuhan Media E-Picture Story Book untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • Muntamah Muntamah Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ali Mustadi Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Fery Muhammad Firdaus Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Rendahnya literasi baca siswa kelas IV sekolah dasar menjadi tantangan yang perlu diatasi oleh guru. Belum adanya media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya literasi baca pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa kelas IV sekolah dasar akan media e-picture story book. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara kepada guru, angket kebutuhan siswa, dan  observasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2025 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD se-Kombel 2 Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitan menunjukkan belum bervariasinya media pembelajarn yang digunakan. Guru masih menggunakan buku teks seadanya di sekolah, sehingga kurang menarik minat baca siswa. selain itu belum digunakannya media pembelajaran berbasis teknologi seperti media e-picture story book. Sehingga guru dan siswa menginginkan dikembangkannya media belajar sesuai karakteristik dan kebutuhan belajar siswa.

Kata Kunci: Analisis kebutuhan, media e-picture story book, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Muntamah, M., Mustadi, A., & Firdaus, F. M. (2025). Analisis Kebutuhan Media E-Picture Story Book untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1675-1680. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1962
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 66 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

Abdulah, A., & Wangid, M. N. (2021). Needs Analysis of Interactive Multimedia Based on Drill and Practice to Improve Motivation and Critical Reading Skills in Elementary Schools (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Bulut-Ozsezer, M. S., & Canbazoglu Bilici, H. B. (2018). Picture in children’s story books: Children’s perspective. International Journal of Educational Methodology, 4(4), 205–217. https://doi.org/10.12973/ijem.4.4.205

Darmawan, D. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Darmawan, L. A. (2021)Pengembangan media picture story book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas iv sekolah dasar. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Fitriyani, L. A., Suharini, E., & Utomo, U. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sosial Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Elementary School (JOES), 6(1). DOI: 10.31539/joes.v6i1.5081

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2011). PIRLS 2011 International Results in Reading. TIMSS & PIRLS International Study Center.

Mustadi, A., Suhardi, Susilaningrum, E. S., Ummah, R., Purwatiningtyas, M., & Wijayanti, P. E. (2017). Character-Based Reflectivie Picture Storybook: Improving Student’s Self- Concept in Elementary School. Cakrawala Pendidikan, 369–381.

Nabela, S. J. (2022). Pengembangan digital picture books untuk meningkatkan kemampuan literasi kritis siswa kelas v sekolah dasar. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, E.W., & Mustadi, A. (2022). The read-aloud method to develop read aloud to develop reading literacy at the school’s educational park. Jurnal Prima Edukasia, 10 (2), 104-113. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v10i2.47331

Sayekti, O. M., Khairudin, I., & Ying, C. Y. (2023). The effect of family literacy on students’ interest in reading. Jurnal Prima Edukasia, 11(1), 134-141. doi: http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v11i1.56261

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sukma, L. A. (2022) Pengaruh buku cerita bergambar elektronik dan teks cerita terhadap minat baca anak kelas iv sekolah dasar se-kelurahan melayu muara teweh. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.