Pengembangan Media Flipbook Interaktif untuk Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook interaktif dalam pembelajaran IPA materi siklus air pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Studi ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (Research and Development) yang menerapkan model instruksional ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan utama: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Selain itu, penelitian ini mengadopsi pendekatan gabungan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed methods) dalam proses pengumpulan dan analisis data. Hasil dari uji kelayakan media flipbook interaktif dengan memperoleh rata-rata presentase 96%, ahli materi memperoleh rata-rata presentase 76,67% dan pakar pendidikan memperoleh skor 96,6%. Berdasarkan hasil dari para ahli validator memperoleh rata-rata keseluruhan 90% kualifikasi sangat layak. Uji coba kelompok kecil yang diperoleh rata-rata presentase 89,2% dan pada uji coba kelompok besar memperoleh 92,4%, digabungkan dua uji tersebut maka memperoleh presentase rata-rata 90,80% dengan kualifikasi sangat layak digunakan. Oleh karena itu, hasil dari penelitian para ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dinyatakan bahwa media flipbook interaktif ini sangat layak digunakan untuk mata pelajaran IPA di kelas 5 sekolah dasar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Aura Khoirunisa, Novanita Whindi Arini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

