Pengembangan Media Flipbook Interaktif untuk Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V Sekolah Dasar

  • Aura Khoirunisa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Timur, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Novanita Whindi Arini Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta Timur, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook interaktif dalam pembelajaran IPA materi siklus air pada siswa kelas 5 sekolah dasar. Studi ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (Research and Development) yang menerapkan model instruksional ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan utama: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Selain itu, penelitian ini mengadopsi pendekatan gabungan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed methods) dalam proses pengumpulan dan analisis data. Hasil dari uji kelayakan media flipbook interaktif  dengan memperoleh rata-rata presentase 96%, ahli materi memperoleh rata-rata presentase 76,67% dan pakar pendidikan memperoleh skor 96,6%. Berdasarkan hasil dari para ahli validator memperoleh rata-rata keseluruhan 90% kualifikasi sangat layak. Uji coba kelompok kecil yang diperoleh rata-rata presentase 89,2% dan pada uji coba kelompok besar memperoleh 92,4%, digabungkan dua uji tersebut maka memperoleh presentase rata-rata 90,80% dengan kualifikasi sangat layak digunakan. Oleh karena itu, hasil dari penelitian para ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dinyatakan bahwa media flipbook  interaktif ini sangat layak digunakan untuk mata pelajaran IPA di kelas 5 sekolah dasar.

Kata Kunci: media pembelajaran, flipbook, pembelajaran IPA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Khoirunisa, A., & Arini, N. W. (2025). Pengembangan Media Flipbook Interaktif untuk Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Kelas V Sekolah Dasar . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1641-1647. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1953
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 109 times
PDF downloaded: 35 times

Referensi

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Ambarwati, A., Purwandari, & Prasetiowati, H. (2023). Penggunaan media flip book untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dan berfikir kritis pada siswa kelas 5 SDN Kraton 2 Maospati Magetan tahun pelajaran 2022/2023. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4670–4680.

Anggraeni, N. (2022). Pengembangan Media Flipbook Interaktif Pada Pembelajaran Keterampilan Menyimak Materi Sekapati Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pancar, 6(1), 200–205.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Daud, R. M. (2023). PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH SUATU KENISCAYAAN DI ERA DIGITAL. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Hidayat, I., & Wahyudi, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Jaringan Komputer Materi Subnetting Pada Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi (Pti) Universitas Rokania. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan, 6(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPVTI/index

Islamiyah, L., & Asmarani, R. (2022). The Development Of Water Cycle Diorama Media To Improve Student Learning Outcomes. IJPSE : Indonesian Journal of Primary Science Education, 3(1), 151–158. https://doi.org/10.33752/ijpse.v3i1.2894

Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305

Mursidi, A. P., Prananto, I. W., Arifani, F., & Setyawati, R. (2022). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi siklus air. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 128. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.128-141

Nafiah, N., Ghufron, S., Hartatik, S., Mariati, P., Djazilan, S., & Sudarto, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Flipbook dengan Aplikasi Canva dengan Bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Indonesia Berdaya, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.47679/ib.2024647

Pristiwanti, D., Badariah, B., & Hidayat, S. (2023). Pengertian Pendidikan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Shinta Yuliana Pratiwi, & Endang Indarini. (2025). Pengembangan Media FLISISPENSA (Flipbook Sistem Pencernaan Manusia) terhadap Peningkatan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Janacitta, 8(1), 189–198. https://doi.org/10.35473/janacitta.v8i1.3813

Winangun, M., A. (2020). Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA SD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65–72.

Yulianto, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Interaktif dalam PMRI Berbasis Youtube untuk Meningkatkan Daya Tarik Terhadap Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 193–209. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6630