Mengkaji Pengembangan E-Modul sebagai Media Pembelajaran: Sebuah Tinjauan Literatur

  • Kadek Dwi Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Wayan Sudiartha Politeknik Negeri Bali, Jimbaran, Bali,  Indonesia

Abstrak

Pengembangan media pembelajaran pada era digital merupakan sebuah upaya untuk mengoptimalisasi proses pembelajaran agar lebih interaktif, efektif, dan menarik. Salah satu contoh media pembelajaran yang banyak dikembangkan adalah e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengembangan e-modul baik sebagai media pembelajaran maupun sebagai media pelatihan. Metode penelitian ini menggunakan tinjauan literatur sistematis. Pertanyaan penelitian yang diajukan berkaitan dengan model pengembangan, aplikasi yang digunakan, dan kriteria keberhasilan dalam pengembangan e-modul. Jumlah artikel yang ditinjau adalah 20 artikel publikasi ilmiah dengan menggunakan pendekatan PRISMA. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diidentifikasi bahwa model pengembangan yang dominan digunakan untuk mengembangkan e-modul adalah model ADDIE. Aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat e-modul adalah Canva dan Microsoft Office. Kemudian, kriteria keberhasilan yang paling umum digunakan adalah dengan mengukur validitas, kepraktisan, dan efektivitas media. Hasil tinjauan literatur ini pada akhirnya diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan dalam upaya pengembangan e-modul sebagai media pembelajaran bagi institusi dan pengembang media pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan e-modul, media pembelajaran digital, tinjauan literatur sistematis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuni, K. D., Agustini, K., & Sudiartha, I. W. (2025). Mengkaji Pengembangan E-Modul sebagai Media Pembelajaran: Sebuah Tinjauan Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1620-1634. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1931
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 651 times
PDF downloaded: 510 times

Referensi

Adelia, L., Widiasanti, I., & Maulana, A. (2025). Penyusunan E-Modul Pelatihan BIM pada Jabatan Kerja Juru Gambar BIM Jenjang 3 Berbasis SKKNI No. 3 Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Global Education, 108-115.

Ainy, H. Q., Supeno, & Ahmad, N. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti , 102-115.

Anryza, Murwaningsih, T., & Efendi, A. (2024). Pengembangan E-Modul berorientasi Tutorial untuk Meningkatkan Kemandirian Operator pada Program Pelatihan Digitalisasi Desa . JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 1272-1279.

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pedoman Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Fahmi, M. R., & Atiqoh, H. K. (2024). Pengembangan E-Modul pada Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah . Eksponen, 12-20.

Fitriyani, R., Arini, W., & Yoland, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Gelombang Bunyi Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan , 80-88.

Friska, S. Y., Susilawati, W. O., & Restiara, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbantu Book Creator Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sekolah Dasar. CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling, 217-228.

Hadawang, N., Sya’bania, N., & Nisa, K. R. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Berbantuan Canva pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi . Algoritma : Jurnal Matematika, Ilmu pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa , 222-234.

Ibrahim, Y. M., Pulukadang, W. T., Ismail, R. P., Husain, R., & Cuga, C. (2025). Pengembangan E-Modul Pencegahan Kekerasan Di Sekolah Dasar. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 103-112.

Juliana, I., & Sulistyowati, R. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Book Creator Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Kelas XI BDP SMK PGRI 13 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 328-334.

Kadir, N. A., Mardin, H., Hasan, A. M., Baderan, D. W., Nusantari, E., Hamidun, M. S., & Husain, I. H. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X Di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 203-211.

Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. (2015). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resource development (8th ed.). Routledge.

Lestari, R. D., Wahyuni, S., & Ridlo, Z. R. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Potensi Lokal Berbantuan Google Sites Untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa . Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 245-254.

Lova, M. E., Iriani, A., & Mawardi. (2024). Pengembangan e-Modul Ajar Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Sentani di Distrik Waibu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 4237-4246.

Mardiah, I., Patras, Y. E., & Ganeswara, M. G. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Fliphtml5 Berbantuan Canva Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Perubahan Lingkungan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3354-3363.

Nuraini, Hartatiana, & Wardani, A. K. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Book Creator Berbasis Problem Based Learning Materi Bentuk Aljabar . Eksponen, 30-39.

Nyoko, A. E., & Hanafiah, M. H. (2023). A Systematic Literature Review on Entrepreneurial Intention: PRISMA Method. In R. Fanggidae, P. Amtiran, P. d. Rozari, D. R. N, I. K. Arthana, T. Olviana, . . . L. F. Sugianto, Proceedings of the International Conference on Economic Management, Accounting, and Tourism (ICEMAT 2023) (pp. 254-271). Dordrecht Netherlands: Atlantis Press.

Palupi, E. S., Mawardi, & Iriani, A. (2023). Pengembangan E-Modul Pelatihan Berbasis Self-Directed Learning Tentang Pembuatan Materi Pembelajaran Metode Flipped Classroom . Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 155-165.

Petticrew, M., & Roberts, H. (2006). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. Blackwell Publishing

Putri, H. S., Wahyuni, S., & Rusdianto. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, and Society) Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA . Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 93-100.

Qiftiyah, M. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Berbantuan Canva Untuk Peserta Didik Kelas IV. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 13-25.

Rahmawati, F., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2023). Pengembangan E-Modul Mata Pelatihan Pemetaan Kompetensi dan Indikator Berbasis Flip PDF Corporate Edition dengan Menggunakan Model ADDIE pada Pelatihan Metodologi Pembelajaran di Balai Diklat Keagamaan Surabaya . EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 1647-1656.

Rejeki, S., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Model ADDIE Mata Pelatihan Pembuatan Konten Video Interaktif dalam Pembelajaran pada Pelatihan TIK MTS di Balai Diklat Keagamaan Surabaya . EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 1697-1704.

Santyasa, I. W. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha Press.

Sudjana, Nana, & Ibrahim. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutomo, Ibrahim, N., & Hartono, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat. Jurnal Teknologi Pendidikan, 130-136.

Zawacki-richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic Reviews in Educational Research Methodology, Perspectives and Application. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-658-27602-7.