Pengembangan Model Monitoring Berkala Praktik Kerja Lapangan pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bantul

  • Dariyati Dariyati SMK Negeri 1 Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Budi Santosa Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Tri Kuat Universitas Ahmad Dahlan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk; (1) menganalisis model monitoring praktik kerja lapangan (PKL) di SMKN 1 Bantul saat ini; (2) mengembangkan model monitoring berkala PKL sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka; dan (3) menganalisis efektivitas model monitoring berkala yang dikembangkan pada konsentrasi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Bantul. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan dengan model analyze, design, develop, implement, and evaluate. Sampel penelitian 70 siswa dibagi menjadi kelas eksperimen 35 siswa dari kelas XII TKJ 1 dan kelas kontrol 35 siswa dari kelas XII TKJ 2. Instrumen pengambilan data menggunakan angket. Analisis kuantitatif menggunakan independent sample t-test dan uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan; (1) model monitoring berkala PKL yang saat ini digunakan di konsentrasi keahlian TKJ di SMKN 1 Bantul dalam menilai keterampilan teknis dan non-teknis siswa dilakukan dengan pemantauan rutin melalui jurnal harian, monitoring siswa untuk menerima umpan balik secara real-time, meningkatkan kompetensi, serta kesiapan kerja. Selain itu, keterlibatan industri dalam monitoring membantu menyelaraskan keterampilan siswa dengan kebutuhan dunia kerja; (2) pengembangan model monitoring berkala SMK N 1 Bantul disusun dalam bentuk buku panduan untuk memudahkan guru dalam menerapkan model tersebut. Buku panduan disusun secara terstruktur, sistematis, dan menarik agar mudah dipahami dan diterapkan. Tahap develop desain menghasilkan model monitoring berkala PKL valid dan layak. Monitoring berkala PKL dioptimalkan melalui penggunaan website monitoring berbasis digital; dan (3) model monitoring berkala PKL berbasis website untuk konsentrasi TKJ di SMKN 1 Bantul efektif digunakan. Model ini memungkinkan penilaian, pengisian jurnal harian siswa, dan monitoring secara real-time, sehingga lebih efisien. Dengan aksesibilitas  tinggi, model ini mempermudah komunikasi antara sekolah dan industri, mendukung digitalisasi pendidikan vokasi, serta meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan kerja siswa.

Kata Kunci: model monitoring berkala, PKL, kurikulum merdeka, SMK

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Dariyati, D., Santosa, B., & Kuat, T. (2025). Pengembangan Model Monitoring Berkala Praktik Kerja Lapangan pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bantul. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1615-1619. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1912
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 312 times
PDF downloaded: 146 times

Referensi

Andita, F., Sutrisno, H., & Purnama, R. (2024). Pengaruh umpan balik dan minat belajar terhadap hasil belajar bulu tangkis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 10(1), 45–52.

Andriyadi, R. (2015). Pengembangan keterampilan tanggung jawab dalam dunia kerja. Pustaka Pelajar.

Aziz, A., Suhartono, L., & Purwoko, H. (2018). Monitoring pendidikan: Strategi evaluasi program pembelajaran di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 123–133.

Batubara, H. H. (2018). Peran praktik kerja lapangan dalam meningkatkan kompetensi siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 233–242.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.

Budiyanto, M. A. (2022). Panduan pelaksanaan PKL berdasarkan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Vokasi, 12(1), 13–22.

Budianto, M., Sari, D. P., & Astuti, R. (2024). Digitalisasi monitoring praktik kerja lapangan untuk pendidikan vokasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 1–10.

Elfirasari, S. (2014). Penilaian praktik kerja lapangan: Sebuah tinjauan holistik. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 220–230.

Edi, S. (2016). Evaluasi keterampilan interpersonal dalam PKL siswa SMK. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 7(1), 45–55.

Fikriyani, R., & Herdi, H. (2021). Efektivitas umpan balik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Intellektika, 6(1), 23–30.

Frahidayah, F., Nurjanah, R., & Haris, M. (2024). Soft skills development in vocational education: A case study. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 55–68.

Hijuzaman, M., Pratiwi, A., & Saputra, Y. (2021). Pentingnya adaptasi dan inisiatif dalam dunia kerja. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 110–117.

Ilma Fikri, A. (2022). Pengaruh soft skills terhadap kesuksesan karier alumni SMK. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Manusia, 8(2), 150–160.

Jaya, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam praktik kerja lapangan. Jurnal Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, 5(1), 21–30.

Krejcie, R. V. (1970). Determining sample size for research activities. Educational and Psychological Measurement, 30(3), 607–610.

Kuswana, W. S. (2013). Pendidikan kejuruan: Prinsip, pendekatan, dan strategi. Alfabeta.

Noris, R. (2021). Penerapan PKL dalam Kurikulum Merdeka untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 114–122.

Omeri, A. (2015). Pengaruh soft skill terhadap daya saing lulusan SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 75–83.

Patton, M. Q. (2008). Utilization-focused evaluation (4th ed.). SAGE Publications.

Prakoso, D. (2022). Inkonistensi metode monitoring PKL di SMK: Sebuah studi evaluatif. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi, 12(2), 200–210.

Putri, R., Wicaksono, A., & Lestari, I. (2024). Efektivitas monitoring berbasis feedback dalam praktik kerja lapangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 10(2), 90–99.

Rahayu, D. (2021). Digitalisasi sistem monitoring PKL di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 180–190.

Ryzana, M., & Martono, T. (2019). Penguatan soft skills di pendidikan vokasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 45–56.

Sandroto, A. M. (2021). Pengembangan soft skill dalam pendidikan vokasi era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(1), 12–20.

Sumargono, S. (2013). Pendidikan soft skills untuk lulusan SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 99–108.

Suparyati, I., Widiastuti, A., & Saputro, H. (2020). Membangun sistem monitoring efektif untuk dunia pendidikan dan dunia kerja. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(3), 290–300.