The Role of Self-Directed Learning in Mediating the Influence of Teaching Enthusiasm on Professional Identity
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Self-Directed Learning (SDL) dalam memediasi pengaruh Antusiasme Mengajar (AM) terhadap Identitas Profesional (PI) di kalangan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Indonesia. Dengan menggunakan metode survei kuantitatif dan analisis jalur untuk menganalisis data, penelitian ini melibatkan 170 responden yang terdiri dari mahasiswa Program Pendidikan Profesi (PPG) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDL berfungsi sebagai mediator penuh yang penting antara Antusiasme Mengajar dan pembentukan Identitas Profesional. SDL memungkinkan mahasiswa untuk mengelola proses pembelajaran mereka secara mandiri, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran dan memperkuat identitas profesional yang relevan dengan tuntutan pendidikan saat ini. Lingkungan belajar yang positif, motivasi intrinsik, dan dukungan dari mentor ditemukan berkontribusi secara signifikan untuk membina SDL serta pengembangan Identitas Profesional. Penelitian ini menyoroti pentingnya Antusiasme Mengajar dan SDL dalam membentuk pendidik yang profesional dan adaptif, yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan yang terus berkembang. Temuan ini sejalan dengan teori sebelumnya yang menyatakan bahwa SDL tidak hanya meningkatkan kemampuan akademis siswa tetapi juga memperkuat karakter dan sikap profesional mereka. Dengan demikian, pengembangan SDL harus menjadi fokus utama dalam kurikulum pendidikan guru, sehingga calon pendidik dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang dinamis. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan program pendidikan guru di Indonesia, dan menekankan perlunya integrasi SDL dalam praktik pembelajaran untuk menghasilkan pendidik berkualitas tinggi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Hanifah Tria Intan Jelita, Muhammad Fahmi Johan Syah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












