The Role of Self-Directed Learning in Mediating the Influence of Teaching Enthusiasm on Professional Identity

  • Hanifah Tria Intan Jelita Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Muhammad Fahmi Johan Syah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Self-Directed Learning (SDL) dalam memediasi pengaruh Antusiasme Mengajar (AM) terhadap Identitas Profesional (PI) di kalangan mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Indonesia. Dengan menggunakan metode survei kuantitatif dan analisis jalur untuk menganalisis data, penelitian ini melibatkan 170 responden yang terdiri dari mahasiswa Program Pendidikan Profesi (PPG) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDL berfungsi sebagai mediator penuh yang penting antara Antusiasme Mengajar dan pembentukan Identitas Profesional. SDL memungkinkan mahasiswa untuk mengelola proses pembelajaran mereka secara mandiri, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran dan memperkuat identitas profesional yang relevan dengan tuntutan pendidikan saat ini. Lingkungan belajar yang positif, motivasi intrinsik, dan dukungan dari mentor ditemukan berkontribusi secara signifikan untuk membina SDL serta pengembangan Identitas Profesional. Penelitian ini menyoroti pentingnya Antusiasme Mengajar dan SDL dalam membentuk pendidik yang profesional dan adaptif, yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan yang terus berkembang. Temuan ini sejalan dengan teori sebelumnya yang menyatakan bahwa SDL tidak hanya meningkatkan kemampuan akademis siswa tetapi juga memperkuat karakter dan sikap profesional mereka. Dengan demikian, pengembangan SDL harus menjadi fokus utama dalam kurikulum pendidikan guru, sehingga calon pendidik dapat lebih siap menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang dinamis. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan program pendidikan guru di Indonesia, dan menekankan perlunya integrasi SDL dalam praktik pembelajaran untuk menghasilkan pendidik berkualitas tinggi.

Kata Kunci: Self-Directed Learning, Antusiasme Mengajar, Professional Identity

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Jelita, H. T. I., & Syah, M. F. J. (2025). The Role of Self-Directed Learning in Mediating the Influence of Teaching Enthusiasm on Professional Identity. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1657-1665. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1902
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 188 times
PDF (English) downloaded: 94 times

Referensi

Astawan, I. G., Studi, P., Dasar, P., & Ganesha, U. P. (2022). Pengembangan Instrumen Self Regulated Learning Dan. 6(2), 133–140.

Awaliah, N. P., Angraini, L. M., & Muhammad, I. (2023). Tren Penelitian Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika: A Bibliometric Review. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(1), 43. https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.43-62

Cao, J., & Zhang, W. (2023). Investigating the impact of value congruence on work engagement in EFL teachers: the role of teacher enthusiasm. Frontiers in Psychology, 14(October), 1–12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1264126

de Jonge, J. (2006). Multivariate Data Analysis (Sixth Edition). In Gedrag & Organisatie (Vol. 19, Issue 3). https://doi.org/10.5117/2006.019.003.007

Hair, J., & Alamer, A. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) in second language and education research: Guidelines using an applied example. Research Methods in Applied Linguistics, 1(3). https://doi.org/10.1016/j.rmal.2022.100027

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Evaluation of Formative Measurement Models. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_5

Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40

Noor, T. R., & Susanti, W. (2023). Blended Learning and Improving Quality of Learning (Post Pandemic Implementation in Man 1 Sragen, Central Java). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 23(2), 165. https://doi.org/10.22373/jid.v23i2.16036

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Puspasari Kiay Demak, I., & Sulistiana, R. (2022). Case Study Factors Influencing Professional Identity Development on Medical Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia-The Indonesian Journal of Medical Education, 11(4), 436–443. https://doi.org/10.22146/jpki.71620

Reissner, S., & Armitage-Chan, E. (2024). Manifestations of professional identity work: an integrative review of research in professional identity formation. Studies in Higher Education, 1–16. https://doi.org/10.1080/03075079.2024.2322093

Rosalina, J., Jurusan, A., Niaga, A., & Ambon, P. N. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan PT. NMM. Jurnal Administrasi Terapan, 2(2), 269–274.

Sarahono, F. R., Lase, A., Laoli, B., & Laoli, E. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning (SDL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 5(2), 218–224. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.20962

Toubassi, D., Schenker, C., Roberts, M., & Forte, M. (2023). Professional identity formation: linking meaning to well-being. Advances in Health Sciences Education, 28(1), 305–318. https://doi.org/10.1007/s10459-022-10146-2

Virus, H. N. I., Human, T., & Endothelial, P. (2012). Articles of Significant Interest Selected from This Issue by the Editors. Journal of Virology, 86(2), 641–641. https://doi.org/10.1128/jvi.06877-11

Vu, M. C., Shin, H., & Burton, N. (2024). “We are Neither Commies nor Volunteers”: How National Culture Influences Professional Identity Construction of CSR Professionals in South Korea. Journal of Business Ethics, 191(1), 195–213. https://doi.org/10.1007/s10551-023-05483-0

Zhou, T., Yin, Y., Zhang, H., Zhang, J., Xu, X., & Zhang, J. (2023). Subgroups of self-directed learning ability and their differences in professional identity among nursing undergraduates during the COVID-19 pandemic: a latent profile analysis. BMC Nursing, 22(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12912-023-01295-9