Peningkatan Motivasi Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika SMK melalui Workshop

  • Giyarsih Giyarsih Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi guru dalam melaksanakan kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui workshop agar guru semakin profesional, sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar dan prestasi belajar siswa meningkat. Setelah mengetahui permasalahan ini, pengawas dapat mengoptimalisasi kompetensi guru melalui workshop bagi guru Matematika SMK Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek penelitian adalah guru matematika binaan yang membutuhkan pendampingan intensif, pada tiga sekolah binaan di kabupaten Kulon Progo. Hasil penelitian yang diperoleh dari delapan guru binaan dapat disimpulkan bahwa workshop dan pembimbingan dapat meningkatkan pengetahuan guru tentang pengembangan profesi; meningkatkan motivasi guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi; meningkatkan motivasi guru untuk menulis PTK; meningkatkan aktivitas menulis bagi peserta workshop dan dapat meningkatkan profesionalisme guru.

Kata Kunci: motivasi guru, penelitian tindakan kelas, workshop

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Giyarsih Giyarsih, Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo

Pengawas SMK Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Kulon Progo

Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Giyarsih, G. (2021). Peningkatan Motivasi Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Matematika SMK melalui Workshop. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 169-175. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.190
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 650 times
PDF downloaded: 595 times

Referensi

Agus Purnama (2015). Peningkatan Kemampuan Melakukan PTK melalui Workshop Guru bahasa Inggris di Bantul. Jurnal Telkomdik Vol. VIII no. 9.

Balai Dikmen KP (2020). Data Kenaikan Pangkat Guru Tahun 2020.

Beni Setiawan dkk (2015). Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Media Wapik bagi Guru-Guru IPA Melalui MGMP IPA Kota Probolinggo. Jurnal Abdi, 1(1), 71-77.

Dinisiswani dan Suharno (2016). PTK dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Fitria, dkk. (2018). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru melalui pelatihan PTK di SMK M 1 Bantul. Jurnal Elinvo, 3(2).

Madzuki dan Kholid, M. N. (2017). Pengembangan Kemampuan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah di Klaten dan Sukoharjo.

Martinis Yamin (2006). Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mustofa (2007). Upaya pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 4(1).

I Gede Astawan dkk (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru SD Gugus VII Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 116-121. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJCSL

Padrul Jana dan Bayu Pamungkas (2018). Pelatihan PTK bagi Guru SD Negeri Guwosari. Jurnal Abdimas Dewantara, 1(1).

Sujarwo. (2020). Strategi Pembelajaran Orang Dewasa (Pendekatan Andragogi). From http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Sujarwo,%20M.Pd./Makalah-Strategi%20Pembelajaran%20Orang%20dewasa%20(Repaired).pdf

Somatanaya, dkk (2017). Pelatihan PTK bagi Peningkatan Karier Guru SD di Kota Tasik Malaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Jurnal Siliwangi, 3(1).