Pengembangan LKPD Berbasis PBL Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Kelas V
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang suara dan cahaya untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas V, 2) mengetahui kepraktisan LKPD berbasis PBL pada materi gelombang suara dan cahaya untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas V, dan 3) efektivitas LKPD berbasis PBL pada materi gelombang suara dan cahaya untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengacu pada model ADDIE 5 langkah yang dikembangkan oleh Branch. Uji coba terdiri dari tiga langkah: uji coba satu satu dengan tiga siswa, uji coba kelompok kecil dengan sembilan siswa, dan uji coba lapangan dengan 22 siswa. Setelah tahap uji coba, tahap implementasi dilanjutkan dengan metode kuasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Mata pelajaran di kelas kontrol terdiri dari 23 siswa, dan di kelas eksperimental juga terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, skala dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang bunyi dan cahaya telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kriteria "sangat layak"; 2) LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang suara dan cahaya telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan kriteria "sangat praktis"; dan 3) LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang bunyi dan cahaya dinyatakan "efektif".
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Zulfi Rokhaniawati, Ikhlasul Ardi Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












