Pengembangan LKPD Berbasis PBL Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Kelas V

  • Zulfi Rokhaniawati Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ikhlasul Ardi Nugroho Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang suara dan cahaya untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas V, 2) mengetahui kepraktisan LKPD berbasis PBL pada materi gelombang suara dan cahaya untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas V, dan 3) efektivitas LKPD berbasis PBL pada materi gelombang suara dan cahaya untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa kelas V. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengacu pada model ADDIE 5 langkah yang dikembangkan oleh Branch. Uji coba terdiri dari tiga langkah: uji coba satu satu dengan tiga siswa, uji coba kelompok kecil dengan sembilan siswa, dan uji coba lapangan dengan 22 siswa. Setelah tahap uji coba, tahap implementasi dilanjutkan dengan metode kuasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Mata pelajaran di kelas kontrol terdiri dari 23 siswa, dan di kelas eksperimental juga terdiri dari 23 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, skala dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang bunyi dan cahaya telah memenuhi kriteria kelayakan dengan kriteria "sangat layak"; 2) LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang suara dan cahaya telah memenuhi kriteria kepraktisan dengan kriteria "sangat praktis"; dan 3) LKPD berbasis PBL pada bahan gelombang bunyi dan cahaya dinyatakan "efektif".

Kata Kunci: Keaktifan, Kreativitas, Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Rokhaniawati, Z., & Nugroho, I. A. (2025). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Kelas V. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1749-1756. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1898
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 201 times
PDF downloaded: 87 times

Referensi

Aini, N., Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). Jurnal Ekonomi, 8(5), 38–52. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/4066/3542

Angganing, P., Budiningsih, C. A., & Haryanto. (2022). The Profile of Students’ Communication Skills on Science Learning in Elementary Schools. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 13(1), 117–124. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.01.14

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston: Springer.

Creswell, J. W. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Education.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. (2019). Physics Education Students’ Science Process Skills. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 293–298. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16401

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Ernawati, M. D. W., Yusnidar, Haryanto, Rini, E. F. S., Aldila, F. T., Haryati, T., & Perdana, R. (2023). Do Creative Thinking Skills in Problem-Based Learning Benefit From Scaffolding? Journal of Turkish Science Education, 20(3), 399–417. https://doi.org/10.36681/tused.2023.023

Ginanto, D., Kesuma, A. T., Anggraena, Y., & Setyowati, D. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Houghton, J. (2023). Learning Modules: Problem-Based Learning, Blended Learning and Flipping the Classroom. Law Teacher, 57(3), 271–294. https://doi.org/10.1080/03069400.2023.2208017

Nata, A. S., & Manuaba, I. B. S. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-based Learning pada Topik Sumber Energi untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46232

Nisa’, K., Suprapto, N., Shofiyah, N., & Cheng, T. H. (2024). How Does Ethnoscience-Students’ Worksheet (ESW) Influence in Science Learning? Journal of Education and Learning, 18(2), 403–412. https://doi.org/10.11591/edulearn.v18i2.21178

Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis PBL pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Mimbar Undiksha, 10(1), 155–163. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.47031

Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak; Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Media Group.

Siagan, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331–340. https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.