Penggunaan GenAI terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD

  • Petrus Murwanto Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Ria Triayomi Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstrak

Kehadiran kecerdasan buatan generatif (Generative Artificial Intelligence/GenAI) dalam dunia pendidikan memunculkan dinamika baru dalam proses pembelajaran, khususnya terkait pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap penggunaan GenAI dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 101 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Katolik Musi Charitas. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner online yang mencakup berbagai aspek berpikir kritis dan interaksi mahasiswa dengan GenAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa (47,52 %) mempersepsikan GenAI sebagai alat yang cukup membantu dalam mendorong berpikir kritis, namun di sisi lain juga 70, 3 % responden menyadari potensi GenAI dalam menurunkan kualitas kemampuan berpikir kritis apabila digunakan tanpa proses reflektif dan verifikasi. Terdapat kecenderungan positif (56 %) dalam praktik verifikasi informasi, namun masih ditemukan kendala berupa rendahnya literasi informasi serta ketidaktahuan terhadap sumber referensi yang kredibel (56,4 %), keterbatasan pemahaman prosedural (38,5 %) dan keterbatasan waktu (30,8 %). Oleh karena itu, diperlukan strategi integrasi GenAI secara pedagogis yang diiringi dengan peningkatan literasi digital dan penguatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa agar teknologi ini dapat digunakan secara optimal dan bertanggung jawab dalam konteks akademik.

Kata Kunci: Generative AI, Berpikir Kritis, Mahasiswa PGSD

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Murwanto, P., & Triayomi, R. (2025). Penggunaan GenAI terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1648-1656. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1896
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 212 times
PDF downloaded: 145 times

Referensi

Agustinasari, A., & Fiqry, R. (2025). Transformasi Proses Belajar dengan AI: Implikasi pada Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(1), 1–8.https://doi.org/10.53299/diksi.v6i1.1312

Bassham B, William Irwin, hendry Nardone, & James M Wall. (2011). Critical Thinking: A Student’s Introduction. In Critical Thinking: A Student’s Introduction. (fourth). McGraw-Hill.

Caldeira, P. Z. (2010). The Shallows: what the internet is doing to our brains. Ensaio Pesquisa Em Educação Em Ciências (Belo Horizonte), 12(3). https://doi.org/10.1590/198321172010120312

Cotton, D.R.E., Cotton, P.A., Shipway, J.R. (2024). Chatting and Cheating: Ensuring Academic Integrity in the Era of ChatGPT. Innovations in Education and Teaching International, 61 (2), pp. 228-239. https://doi.org/10.1080/14703297.2023.2190148

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2024). Buku panduan penggunaan generative artificial intelligence (GenAI) Pada pembelajaran di Perguruan Tinggi. In Buku panduan penggunaan generative artificial intelligence (GenAI) Pada pembelajaran di Perguruan Tinggi. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Elder, L., & Paul, R. (2013). Critical Thinking: Intellectual Standards Essential to Reasoning Well Within Every Domain of Thought. Journal of Developmental Education, 36(3).

Fisher, A. (2011). Critical Thinking: An Introduction Second edition. In Cambridge University Press.

Hayati Rahayu, A., Sopandi, W., & Anggraeni, P. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Model Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Berorientasi Masalah. Jurnal Educatio, 7(3).

Hartono, W. J., Nurfitri, N., Ridwan, R., Kase, E. B. S., Lake, F., & Zebua, R. S. Y. (2023). Artificial Intelligence (AI) Solutions in English Language Teaching: Teachers-Students Perceptions and Experiences. Journal on Education, 06(01).

Hidayat, Z., Saefudin, A., Sumartono (2017). Motivasi, Pemikiran Kritis dan Verifikasi Akademik Siswa SMA dalam Perilaku Penemuan Informasi, Record and Library Journal, 3 (1).

J S Nasution, Armeni Maulina Siregar, Elza Syaskia Hasibuan, Fadhilatul Difla, & Tasya Nurul Azizah. (2025). Dampak Negatif Penggunaan AI Terhadap Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 3(1).

Kasneci, E., et al. (2023). ChatGPT for good? On opportunities and challenges of large language models for education. Learning and Individual Differences, 103, 102274.

Luthfiyyah, K., Zhafira, L., Nurani, S., & Giwangsa, S. F. (2024). Analisis Peran Artificial Intelligence (AI): ChatGPT dalam Perkuliahan di Kalangan Mahasiswa PGSD Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Melisa, R., Ashadi, A., Triastuti, A., Hidayati, S., Salido, A., Ero, P. E. L., Marlini, C., Zefrin., & Fuad, Z. A. (2025). Critical Thinking in the Age of AI: A Systematic Review of AI's Effects on Higher Education. Educational Process: International Journal, 14, e2025031.https://doi.org/10.22521/edupij.2025.14.31

Molina Alventosa, J. P. (2012). The Shallows. What the Internet is Doing to Our Brains, by Nicholas Carr (2011). RUSC. Universities and Knowledge Society Journal, 9(1).

Msgr. Armando Matteo, M. Rev. P. T. (2025). ANTIQUA ET NOVA Note on the Relationship Between Artificial Intelligence and Human Intelligence.

Ouyang, F., & Jiao, P. (2021). Artificial intelligence in education: The three paradigms. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100020

Premkumar, P. P., Yatigammana, M. R. K. N., & Kannangara, S. (2024). Impact of Generative AI on Critical Thinking Skills in Undergraduates: A Systematic Review. Journal of Desk Research Review and Analysis, 2(1), 199–215. https://doi.org/10.4038/jdrra.v2i1.55

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338

Rifqi Abdurrahman, A., Bayu Rizki, M., & Bagus Pradana, R. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN AI TERHADAP KOMPETENSI DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 201–210. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12205

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono, S. (2024). Proses Adopsi Teknologi Generative Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Teori Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4859

Walter, Y. (2024). Embracing of the Future of Artificial Intelligence in the Classroom: The Relevance of AI Literacy, Prompt Enginering, and Critical Thinking in Modern Education. International Journal of Educational Technology in Higher Education. 21(15). https://doi.org/10.1186/s41239-024-00448-3

Yasmin K, Awal R, Azzahra S, Aini N, & Marwa M. (2025). LITERATURE REVIEW: DAMPAK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Seminar Nasional INSPIRE: Innovation and Sustainability in Pedagogical Research and Education.

Zebua, N. (2024). Optimalisasi Potensi dan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Mendukung Pembelajaran di Era Society 5.0. Pentagon: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 185–195. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.314

Zebua N. (2024). To What Extentis GenAI Relevant to Empowering Students’ Critical Thinking and Creative Thinking Skills? Proceeding of the International Conference on Global Education and Learning.