Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran mahasiswa dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi di sekolah dasar melalui program kampus mengajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi di tiga sekolah mitra kampus mengajar yang terletak di Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, yaitu SDN Ngebelgede II, SDN Brengosan II, dan SDN Clumprit. Subjek penelitian meliputi mahasiswa, kepala sekolah, guru pamong, dan dosen pembimbing lapangan (DPL). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, dianalisis dengan model interaktif Miles & Huberman, serta uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran mahasiswa kampus mengajar di sekolah mencakup tiga aspek utama: sebagai pengajar dan fasilitator adaptasi teknologi pembelajaran, pelaksana administrasi dan instruktur literasi teknologi bagi guru. Mahasiswa kampus mengajar aktif meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui pemanfaatan media belajar berbasis teknologi seperti video animasi, canva, dan AKM. Selain itu, mahasiswa juga membantu administrasi sekolah melalui pengolahan nilai, pembuatan format administrasi dan pengembangan media sekolah. Pelatihan literasi teknologi guru juga terlaksana namun hanya di satu sekolah yaitu SDN Clumprit melalui penggunaan moodle sebagai upaya mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Khairul Amri, Udik Budi Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

