Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar

  • Khairul Amri Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Udik Budi Wibowo Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran mahasiswa dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi di sekolah dasar melalui program kampus mengajar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi di tiga sekolah mitra kampus mengajar yang terletak di Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, yaitu SDN Ngebelgede II, SDN Brengosan II, dan SDN Clumprit. Subjek penelitian meliputi mahasiswa, kepala sekolah, guru pamong, dan dosen pembimbing lapangan (DPL). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, dianalisis dengan model interaktif Miles & Huberman, serta uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran mahasiswa kampus mengajar di sekolah mencakup tiga aspek utama: sebagai pengajar dan fasilitator adaptasi teknologi pembelajaran, pelaksana administrasi dan instruktur literasi teknologi bagi guru. Mahasiswa kampus mengajar aktif meningkatkan literasi dan numerasi siswa melalui pemanfaatan media belajar berbasis teknologi seperti video animasi, canva, dan AKM. Selain itu, mahasiswa juga membantu administrasi sekolah melalui pengolahan nilai, pembuatan format administrasi dan pengembangan media sekolah. Pelatihan literasi teknologi guru juga terlaksana namun hanya di satu sekolah yaitu SDN Clumprit melalui penggunaan moodle sebagai upaya mendukung transformasi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar.

Kata Kunci: kampus mengajar, adaptasi teknologi, administrasi sekolah, literasi teknologi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-06-20
Bagaimana cara mengutip:
Amri, K., & Wibowo, U. B. (2025). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1546-1552. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1895
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 38 times
PDF downloaded: 11 times

Referensi

Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi peran mahasiswa melalui kegiatan kampus mengajar di sd muhammadiyah lahat. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian, 3, 142–150. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8063

Ahyar, N. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 3 di sdn 2 kaliwedi kidul. 2–8.

Alkalai, Y. E. (2004). Digital literacy: A conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13, 93–106.

Aluri, V. L. N., & Fraser, B. J. (2019). Students’ perceptions of mathematics classroom learning environments: Measurement and associations with achievement. Learning Environments Research, 22(3), 409–426. https://doi.org/10.1007/s10984-019-09282-1

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-1: Tantangan Dan Peluang Dunia Pendidikan Di Era 4.0, 2018, 113–120.

Faisal, P., & Kisman, Z. (2020). Information and communication technology utilization effectiveness in distance education systems. International Journal of Engineering Business Management, 12. https://doi.org/10.1177/1847979020911872

Hafidh, A., Azis, A., & Munfangati, R. (2021). Tantangan program kampus mengajar angkatan 2 di smpn 3 tanjungsari. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 304–311. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/6960

Hilmi, M., Mustaqimah, F. N., & Saleh, M. N. I. (2022). Tantangan dan solusi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 2 di yogyakarta. At-Thullab Jurnal Mahasiswa, 4, 1160–1185. https://journal.uii.ac.id/thullab/article/view/25167/13970

Kemendikbudristek. (2022). Buku panduan merdeka belajar kampus merdeka angkatan 4 tahun 2022 (4th ed.). Tim Program Kampus Mengajar.

Kurniandini, S., Arifah, Z., & Zakariya, A. (2022). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam peningkatan mutu administrasi pendidikan di temanggung. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 73–85. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.131

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2021). Mewujudkan merdeka belajar: Studi kasus program kampus mengajar di sekolah dasar swasta di jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1679

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi materi volume bangun ruang untuk sd Kelas v. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. file:///D:/Semester 7/jurnal kajian relevan/32509-78001-1-PB (1).pdf

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Prasandha, D., & Utomo, A. P. Y. (2022). Evaluasi keterampilan dasar mengajar mahasiswa dalam program kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48–55. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.55441

Priyanto, & Agustinalia, I. (2021). Super sukses AKM kelas SMK/MAK kelas XI. Bumi Aksara.

Purnawanto, A. T. (2021). Urgensi literasi digital bagi Guru, siswa dan orang tua. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 85–98. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/97%0Ahttp://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/97/89

Ramzi, M. (2022). Perpustakaan komprehenshif dalam teknologi pendidikan. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 20(2), 225–244. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i2.4490

Salam, A., Isya, D., Nurhidayanti, Sholiha, R., & Sari, N. (2022). The urgency of information and communication technology in MI/SD learning. JDIL Journal of Diversity in Learning, 2(2), 239–247.

Salsabila, I. S., Kusnan, & Pradipta, B. (2022). Pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 di sekolah dasar negeri 3 sukoharjo kabupaten tulungagung. Abdi Massa: Jurnal Pengabdian Nasional, 02(01), 52–58. https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/206

Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi literasi digital dalam menyongsong siswa sekolah dasar menuju generasi emas tahun 2045. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 411–427. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai%0AUrgensi

Sun, S., Xiong, C., & Chang, V. (2019). Acceptance of information and communication technologies in education: An investigation into university students’ intentions to use mobile educational apps. International Journal of Enterprise Information Systems, 15(1), 24–44. https://doi.org/10.4018/IJEIS.2019010102

Suni, A., & Komang, N. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Tarigan, J. (2006). Merancang IT governance dengan cobit & sarbanes oxley act. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama

Wahyuni, S., Putra, R. R., & Wadisman, C. (2020). Pengembangan sekolah sma/smk yapim taruna marelan dengan sistem informasi akademik berbasis web. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 3(1), 52–59. https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i1.1337

Yulia, I. (2020). Permasalahan pembelajaran jarak jauh di era pandemi. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 19, 13–18