Inovasi Kurikulum Fikih pada Kurikulum Merdeka Perspektif Fethullah Gülen: Analisis terhadap Capaian Pembelajaran di Madrasah

  • Martarosa Maulidia UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Hanun Asrohah UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia
  • Husniyatus Salamah Zainiyati UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Kajian ini menelaah relevansi inovasi kurikulum Fikih dalam Kurikulum Merdeka dengan pemikiran pendidikan Islam menurut Fethullah Gülen (2022), khususnya dalam konteks capaian pembelajaran di madrasah. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengidentifikasi kesesuaian antara prinsip pendidikan Fethullah Gülen (yang menekankan integrasi nilai spiritual, intelektual, dan sosial) dengan pendekatan Kurikulum Merdeka yang berbasis karakter dan kontekstual, khususnya dalam mata pelajaran Fikih di lingkungan madrasah. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, di mana penulis menganalisis dokumen kurikulum (SK Dirjen Tahun 2022 dan SK Dirjen Tahun 2024) dan literatur pemikiran Gülen. Hasil kajian menunjukkan bahwa Capaian Pembelajaran Fikih Tahun 2022 lebih kompatibel dengan pemikiran Gülen dibanding Tahun 2024, karena mendukung pengembangan keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS), pembentukan karakter, dan tanggung jawab sosial. Sebaliknya, CP 2024 cenderung menyederhanakan konten dan berpotensi menghambat pencapaian kompetensi holistik. Simpulan dari kajian ini menegaskan bahwa inovasi kurikulum Fikih di madrasah memiliki prospek positif dalam membentuk generasi yang religius, inklusif, dan berpikiran terbuka apabila digabungkan dengan prinsip-prinsip pendidikan Fethullah Gülen.

Kata Kunci: Capaian Pembelajaran, Fethullah Gülen, Fikih, Inovasi Kurikulum

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Maulidia, M., Asrohah, H., & Zainiyati, H. S. (2025). Inovasi Kurikulum Fikih pada Kurikulum Merdeka Perspektif Fethullah Gülen: Analisis terhadap Capaian Pembelajaran di Madrasah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1597-1605. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1893
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 183 times
PDF downloaded: 53 times

Referensi

Afriyanto, D., Anandari, A. A., & Sukiman. (2024). Transformation of Islamic Religious Education in the Context of Multiculturalism at SMA Negeri 9 Yogyakarta Through an Inclusive Approach. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 1–21. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7142

Ali, E. Y., & Susilawati, D. (2025). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengembangkan CP , TP , dan ATP pada Modul Ajar di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 304–308. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1133

Amin, H. Al. (2016). Pandangan Fethullah Gulen tentang Toleransi Beragama. Al- Majaalis: Jurnal Dirasat Islamiyah, 4(1), 149–181. https://doi.org/https://doi.org/10.37397/almajaalis.v4i1.59

Chandio, M. T., Zafar, N., & Solangi, G. M. (2021). Bloom ’ s Taxonomy : Reforming Pedagogy Through Assessment. Journal of Education and Educational Development, 8(1), 109–140. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22555/joeed.v8i1.308

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2022). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Retrieved from https://mkkmmtssby.org/sk-dirjen-pendis-nomor-3211-tahun-2022-tentang-capaian-pembelajaran-pendidikan-agama-islam-dan-bahasa-arab-kurikulum-merdeka- pada-madrasah/

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. (2024). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3302 Tahun 2024 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. Retrieved from https://mtsmu2bakid.sch.id/capaian-pembelajaran-pai-dan-bahasa-arab-kurikulum-merdeka-terbaru-tahun-2024/

Fauzi, M. R., & Hamami, T. (2022). Fethullah Gülen’s Epistemology of Islamic Education and its Implementation towards Integrated Islamic Education. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 10(1), 41–58. https://doi.org/10.15642/jpai.2022.10.1.41-58

Fauzi, M. R., Hamami, T., & Kim, H. J. (2024). Islamic Religious Education Curriculum Innovation: Fethullah Gülen’s Perspective. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 186–200. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7089

Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. (2019). Research Methods for the Bahvioural Sciences. Cengage (sixth, Vol. 53). Boston: CENGAGE.

Hartono, H. (2023). Learning Achievements at Graduate Level: Bloom’s Taxonomy Analyze. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(3), 294–305. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i3.275

Hasanah, N., & Sapri. (2025). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran Agama Islam Mata Pelajaran Fikih pada Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 3 Medan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 320–326. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1432

Hasbiyallah, Duran, B. N., & Suhendi, S. (2024). Indonesian Fiqh in Higher Education: a Pathway To Moderate and Inclusive Islamic Values. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 149–162. https://doi.org/10.15575/jpi.v10i1.26151

Hidayat, S. (2022). Konsep Pendidikan Islam Pada Anak Perspektif Muhammad Fethullah Gülen. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from www.ejournal.almaata.ac.id/literasi

Hopid, A., Samaalee, A., Rachmaningtyas, N., & Kistoro, H. C. A. (2023). Generation "Z’s Perception of Religious Moderation and Tendency to Choose Religious Studies in Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 20(1), 20–32. https://doi.org/10.14421/jpai.v20i1.7689

Isik, F., & Sener, O. (2018). A Dialogic Model of Education. Advancing Multicultural Dialogues in Education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-60558_6

John W. Creswell. (2014). Qualitative, Quantitative, and Research Design. (V. Knight, Ed.), Social Research Methodology (forth). London: SAGE Publications. https://doi.org/10.4324/9781032624860-9

Nufus, N., Jannataini, Z., Nabilah, N. W., Imani, A., & Affandi, A. (2024). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Studi Analisis Buku Fikih Madrasah Aliyah Kelas X Terbitan Kementrian Agama Tahun.

Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 401–414. https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.13867

Privitera, G. J. (2020). Research methods for the behavioral sciences. (A. Rickard, Ed.) (third). Thousand Oaks: SAGE Publications. Retrieved from https://library.marjon.ac.uk/cgi-bin/koha/opac-detail.pl?biblionumber=56818

Pulungan, E. D., Sulastri, Nasution, N. V., Nurmawati, & Ananda, R. (2025). Pengembangan Penilaian Merdeka Belajar Satuan Pendidikan SMA / MA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 225–230. https://doi.org/https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1491

Sertkaya, S. (2023). Sīrah Philosophy: A Modern Trajectory for Sīrah Studies. Religions, 14(11), 1–18. https://doi.org/10.3390/rel14111440

Sidik, M. F., Vachruddin, V. P., Rusydiyah, E. F., Pertiwi, A. S., & Darmawan, M. A. (2024). Conceptualization of the Integrated Islamic Religious Education Curriculum: A Literature Study at Imam Hatip Schools Turkey and MAN Insan Cendekia Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(1), 111–130. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i1.7617

Sucipto, Prasetya, D. D., & Widiyaningtyas, T. (2024). a Review Questions Classification Based on Bloom Taxonomy Using a Data Mining Approach. Journal of Engineering and Technology for Industrial Applications, 10(48), 162–171. https://doi.org/10.5935/jetia.v10i48.1204

Tu’aini, T., & Romelah, R. (2024). Learning Loss Dynamics in Grade II Islamic Education Learning at SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1713–1719. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1214

Wakifah, W., Fatimah, F., & Sulistiawati, M. (2023). Optimization of Higher-Order Thinking Skills (HOTS) in Islamic Education towards the Era of Society 5.0. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 17(2), 55–63. https://doi.org/10.30863/didaktika.v17i2.5750

Weller, P. (2022). Fethullah Gülen ’ s Teaching and Practice Inheritance, Context, and Interactive Development. Oxford: Springer Nature Switzerland AG. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-030-97363-6

Yucel, S. (2022). Tajdid (Renewal) by Embodiment: Examining the Globalization of the First Mosque Open Day in Australian History. Religions, 13(8), 1–13. https://doi.org/10.3390/rel13080705