Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Certainty Factor dalam Pedidikan Berbasis Ketarunaan

  • Brama Kurniawan Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Masduki Zakaridjah Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem penilaian karakter peserta didik dalam pendidikan berbasis ketarunaan menggunakan metode Certainty Factor (CF). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan. Instrumen penilaian disusun berdasarkan pedoman dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, jurnal ilmiah, dan referensi dari TNI. Subjek uji coba melibatkan instruktur ketarunaan, komandan ketarunaan, kesiswaan, dan wali kelas di SMKN 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan angket, yang kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan mampu mendukung evaluasi karakter secara objektif dan efisien. Skor kelayakan pengguna menunjukkan nilai Usefulness sebesar 85%, Ease of Use 82%, Ease of Learning 84%, dan Satisfaction 86%. Sistem ini dinyatakan sangat layak untuk diterapkan dalam pendidikan berbasis ketarunaan dan direkomendasikan untuk pengembangan lebih lanjut.

Kata Kunci: Certainty Factor, Pendidikan Ketarunaan, Penilaian Karakter, Evaluasi Sistem

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-30
Bagaimana cara mengutip:
Kurniawan, B., & Zakaridjah, M. (2025). Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Certainty Factor dalam Pedidikan Berbasis Ketarunaan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1466-1469. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1887
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 144 times
PDF downloaded: 29 times

Referensi

Azzahra, B., & Prasetyaningrum, P. T. (2024). Analisis perbandingan metode Certainty Factor dan Dempster Shafer Theory pada sistem pakar untuk mendeteksi penyakit virus Parechovirus pada balita. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(3), 17389–17400. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York: Longman.

Frieswaty, F., Tjutjun, S., & Yanto, P. H. (2020). Mengatasi degradasi moral anak remaja akibat pengaruh media sosial. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 39–53. http://jurnalsttkharisma.ac.id/index.php/Kharis

Hasibuan, N. A., Sunandar, H., Alas, S., & Suginam. (2017). Sistem pakar mendiagnosa penyakit kaki gajah menggunakan metode Certainty Factor. JURASIK (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika), 2(1).

Kuncoro, W., Laode, M. A. P., & Wicaksono, W. (2020). Buku serial revitalisasi: Pembinaan ketarunaan. Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud. ISBN: 978-602-5517-68-6

Mahartika, R., & Isnarni. (2020). Pendidikan karakter berbasis semi militer di Akademi Maritim Sapta Samudra Padang. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 5(1), 14–30. https://doi.org/10.22216/jcc.2020.v51l.5078

Rahayu, F. S., Li’is, K., & Sharon, F. W. (2019). Dampak media sosial terhadap perilaku sosial remaja di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 39–46.

Suryana, A., Ichsanudin, I., & Wicaksono, W. (2020). Pedoman peningkatan pendidikan karakter kerja peserta didik SMK. Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud.

TIM ICT Skagata. (2023). Profil SMK Negeri 3 Yogyakarta. http://smkn3jogja.sch.id/ (diakses 27 Mei 2023)

Kesuma, D., Cepi, T., & Johar, P. (2011). Pendidikan karakter: Kajian teori dan praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan aplikasi riset pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.