Kontribusi Bakat Mekanik dan Motivasi Intrinsik terhadap Capaian Belajar Siswa di Era Revolusi Industri 5.0

  • Supono Supono Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Matrubi Matrubi Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Muchlas Abror Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama, Kebumen, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Era Revolusi Industri 5.0 menuntut lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki kompetensi yang selaras dengan kebutuhan industri. Namun, masih banyak siswa yang berjuang untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi bakat mekanik dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa di Program Studi Teknik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Negeri 1 Kaligondang. Metode penelitian kuantitatif deskriptif digunakan, dengan analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Responden terdiri dari 30 siswa, dengan instrumen termasuk kuesioner untuk mengukur bakat mekanik dan motivasi intrinsik, serta tes akademik (pre-test dan post-test) untuk menilai hasil belajar. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa bakat mekanik berkontribusi 4,7%, sedangkan motivasi intrinsik berkontribusi 4,51% terhadap hasil belajar siswa. Setelah intervensi instruksional yang berfokus pada penguatan bakat mekanik dan motivasi intrinsik, jumlah siswa yang gagal memenuhi kriteria kompetensi minimum (KKM) menurun dari 16 menjadi 4, dengan peningkatan skor rata-rata dari 65 menjadi 85,74. Hasil ini menegaskan bahwa meningkatkan faktor kognitif dan afektif dapat secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang teknik otomotif. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang dioptimalkan sangat penting untuk mengembangkan bakat mekanik dan motivasi intrinsik siswa, memastikan bahwa lulusan kejuruan lebih siap untuk menghadapi tantangan tenaga kerja.

Kata Kunci: bakat mekanik, motivasi intrinsik, hasil belajar, revolusi industri 5.0

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Supono Supono, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Supono, 46 tahun, saat ini sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Purbalingga.  Nomer Hp yang dapat dihubungi 085227603416.

Matrubi Matrubi, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dr. Drs. Martubi M.Pd., 68 tahun, saat ini sebagai dosen pada Sekolah Pascasarjana, Program Studi Teknologi Dan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta NomerHp yang dapat dihubungi 085878259277.

Muchlas Abror, Universitas Ma'arif Nahdlatul Ulama, Kebumen, Jawa Tengah

Muchlas Abror dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ma’arif nahdlatul Ulama Kebumen. Nomer Hp yang dapat dihubungi di 085725774727

Diterbitkan
2025-06-20
Bagaimana cara mengutip:
Supono, S., Matrubi, M., & Abror, M. (2025). Kontribusi Bakat Mekanik dan Motivasi Intrinsik terhadap Capaian Belajar Siswa di Era Revolusi Industri 5.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1537-1545. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1873
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 35 times
PDF downloaded: 16 times

Referensi

Alfanadhira, A. (2024). Intrinsic motivation and academic success: A review of recent studies. Journal of Educational Psychology, 45(3), 123-135.

Andriani, S. (2022). Vocational education and industry needs: A case study of SMK graduates in Indonesia. Journal of Vocational Education, 12(2), 45-60.

Anastasi, A. (2021). Psychological testing (8th ed.). Pearson.

Arsyad, M. (2022). Talent development in vocational education: A theoretical perspective. Journal of Talent Development, 10(1), 22-35.

Brown, S. D., & Lent, R. W. (2020). Career development and counseling: Putting theory and research to work (3rd ed.). Wiley.

Desmita, D. (2021). The role of talent in vocational education: A case study of SMK students. Journal of Educational Research, 15(4), 89-102.

Dwi, K., Pusparini, C., Suma, K., & Suswandi, I. (2020). Hubungan Motivasi Intrinsik, Persepsi Siswa, Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 12–23.

Gagné, F. (2020). From genes to talent: The DMGT/CMTD perspective. Roeper Review, 42(2), 121-130.

Garcia, P., & Khan, S. (2022). Student engagement and career readiness: The role of interest and talent alignment. Journal of Career Development, 49(3), 234-248.

Hasnine, M., Ahmed, S., & Rahman, M. (2023). Intrinsic motivation in blended learning environments: A meta-analysis. Educational Technology Research and Development, 71(2), 345-360.

Hidi, S., & Harackiewicz, J. M. (2021). Motivating the academically unmotivated: A critical issue for the 21st century. Review of Educational Research, 70(2), 151-179.

Makarim, Rizal Fadli. 2022. Apakah Bakat Seni Anak Dipengaruhi Gen atau Hanya Kebetulan?. Diakses pada 19 Maret 2024. https://www.halodoc.com/artikel/apakah-bakat-seni-anak-dipengaruhi-gen-atau-hanya-kebetulan

Munandar, U. (2022). Creativity and talent development in education. Journal of Creative Behavior, 56(1), 45-60.

Niemiec, C. P., & Ryan, R. M. (2024). Autonomy, competence, and relatedness in the classroom: Applying self-determination theory to educational practice. Theory and Research in Education, 22(1), 34-50.

Plucker, J. A., & Callahan, C. M. (2022). Research on giftedness and talent: A review of the literature. Journal of Advanced Academics, 33(2), 123-145.

Prasetyo, B., & Lestari, S. (2021). Curriculum alignment with industry needs in vocational education. Journal of Vocational Education Studies, 4(1), 12-25.

Prasetyo, B., & Lestari, S. (2023). The impact of intrinsic motivation on student learning outcomes in vocational education. Journal of Educational Psychology, 44(2), 89-102.

Reeve, J. (2023). Understanding motivation and emotion (7th ed.). Wiley.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. Guilford Press.

Salma. (2023). Penelitian Deskriptif: Pengertian, Kriteria, Metode, dan Contoh. Deepublish. https://penerbitdeepublish.com/penelitian-deskriptif/

Santrock, J. W. (2020). Educational psychology (7th ed.). McGraw-Hill.

Sari, M. (2023). The role of motivation in student academic achievement. Journal of Educational Studies, 18(3), 45-60.

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2022). Motivation and education: The self-determination perspective. Educational Psychologist, 57(1), 1-15.

Simonton, D. K. (2021). Talent and creativity: A developmental perspective. Journal of Creative Behavior, 55(1), 23-35.

Smith, J., Brown, T., & Green, L. (2023). The impact of talent assessment on student satisfaction and career readiness. Journal of Career Assessment, 31(2), 156-170.

Subotnik, R. F., Olszewski-Kubilius, P., & Worrell, F. C. (2024). Rethinking giftedness and talent development: A developmental perspective. Roeper Review, 46(1), 45-60.

Sukardi, D. K. (2022). Talent development in vocational education: A practical guide. Journal of Vocational Education, 11(2), 67-80.

Suryani, I., & Wijaya, A. (2023). Vocational education and the challenges of Industrial Revolution 5.0. Journal of Vocational Education, 13(1), 34-48.

Suryani, L. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Shalat Kewajibanku dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning.

UNESCO. (2021). Vocational education and training in the era of Industrial Revolution 5.0. UNESCO Publishing.

Ziegler, A., & Stoeger, H. (2023). Talent development in education: A systemic approach. Journal of Talent Development and Excellence, 15(1), 12-25.