Pengaruh Peran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru BK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dari beberapa variabel berikut, gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap motivasi kerja; komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja; gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru BK; komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru BK; serta motivasi kerja terhadap kinerja guru BK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan path analysis (analisis jalur) untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel yang diteliti. Populasi penelitian mencakup 55 guru BK yang bekerja di SMK Negeri di Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 35 orang yang dipilih melalui metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan uji coba instrumen, dengan reliabilitas yang sangat tinggi yaitu: kepemimpinan demokratis kepala sekolah 0,807; komunikasi interpersonal 0,825; motivasi kerja 0,810; dan kinerja guru BK sebesar 0,807. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk mengumpulkan informasi tentang penelitian dan menguji teori. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis kepala sekolah, komunikasi interpersonal, dan motivasi kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru BK.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Vapea Pinta Lahi Tobing, Rosnelli Rosnelli, Joharis Lubis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

