Pengaruh Peran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru BK

  • Vapea Pinta Lahi Tobing Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Rosnelli Rosnelli Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Joharis Lubis Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dari beberapa variabel berikut, gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap motivasi kerja; komunikasi interpersonal terhadap motivasi kerja; gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap kinerja guru BK; komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru BK; serta motivasi kerja terhadap kinerja guru BK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan path analysis (analisis jalur) untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel yang diteliti. Populasi penelitian mencakup 55 guru BK yang bekerja di SMK Negeri di Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 35 orang yang dipilih melalui metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan uji coba instrumen, dengan reliabilitas yang sangat tinggi yaitu: kepemimpinan demokratis kepala sekolah 0,807; komunikasi interpersonal 0,825; motivasi kerja 0,810; dan kinerja guru BK sebesar 0,807. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk mengumpulkan informasi tentang penelitian dan menguji teori. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kepemimpinan demokratis kepala sekolah, komunikasi interpersonal, dan motivasi kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru BK.

Kata Kunci: kepemimpinan demokratis, komunikasi interpersonal, motivasi kerja, kinerja guru BK, kuantitatif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-16
Bagaimana cara mengutip:
Tobing, V. P. L., Rosnelli, R., & Lubis, J. (2025). Pengaruh Peran Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru BK . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1417-1423. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1872
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Aini, Hidayat, & Lubis. (2021). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja , dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMAN 1 Medan.

Alzahra, T. A., Irawan, Y. C., Yoesyifa, K. A., & Ramadhani, R. A. (2025). Implementasi Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah Majalaya. June, 39–50.

Dacholfany, M. I., & Susanto, A. (2021). Organizational Commitment and Achievement Motivation on Teacher Performance in School. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 05(03), 248–262.

Hoque, K. E., & Raya, Z. T. (2023). Relationship between Principals’ Leadership Styles and Teachers’ Behavior. Behavioral Sciences, 13(2). https://doi.org/10.3390/bs13020111

Ismail. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru Di SD Negeri 30 Nitu Kota Bima. Skripsi.

Joharis, M. (2016). The Effect of Leadership, Organizational Culture, Work Motivation And Job Satisfaction on Teacher Organizational Commitment at Senior High School in Medan. International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online, December, 2319–8028. www.ijbmi.org

Lubis, J., & Haidir. (2022). Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia Optimalisasi bagi Personel Sekolah dan Korporasi. In Administrasi Dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Saprudin, U. (2016). Kontribusi Hasil Penilaian Kinerja Guru BK/ Konselor Terhadap Peningkatan Sekolah Efektif. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(6), 162–184.

Sari, Y., Khosiah, S., Maryani, K., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru PAUD. Jurnal Golden Age, 4(01), 20–29. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.1874

Savari, M., & Prihantoro, E. (2023). Pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi interpersonal kepala sekolah terhadap kinerja guru SMAN 6 Depok. JIKAP (Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 7(4), 282. https://doi.org/10.20961/jikap.v7i4.64083

Suranto, A. (2011). Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu.

UU RI No 20. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Lembaran Negara Republik Indonesia (Vol. 2, Issue 1). Lembaran Negara Republik Indonesia. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48