Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Recount dengan Model Pembelajaran Jigsaw melalui Gambar “Sungai Kehidupan”
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan teks recount. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan karena hanya 43% siswa yang dapat mencapai kemampuan memahami bacaan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Bantul berjumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan deskriptif kualitatif. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dibuktikan dengan data observasi, kuesioner, tes tulis dan wawancara dalam memahami teks recount dengan gambar “sungai kehidupan” yang dihubungkan dengan tokoh dan peristiwa bersejarah menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Berdasarkan data tes tulis kemampuan membaca menjadi meningkat dari 42% menjadi 83%, berdasarkan data angket respon siswa/kuesioner diperoleh bahwa siswa menyatakan sangat setuju 0,6%, setuju 80% dan 9,4% siswa yang tidak setuju dari kuesioner tersebut diperoleh pembelajaran tersebut membuat siswa memahami materi, menyenangkan, variasi efektif, kreatif, saling kerjasama, bisa berpikir kritis dan seru dalam belajar. Model pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi siswa sehingga siswa tertarik untuk belajar, pembelajaran yang bervariasi dan guru dapat menggunakannya dalam mengajarkan teks recount dengan gambar “sungai kehidupan”.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Erna Pujiasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

