Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Recount dengan Model Pembelajaran Jigsaw melalui Gambar “Sungai Kehidupan”

  • Erna Pujiasih SMA Negeri 1 Bantul,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan teks recount. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan karena hanya 43% siswa yang dapat mencapai kemampuan memahami bacaan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Bantul berjumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan deskriptif kualitatif. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dibuktikan dengan data observasi, kuesioner, tes tulis dan wawancara dalam memahami teks recount dengan gambar “sungai kehidupan” yang dihubungkan dengan tokoh dan peristiwa bersejarah menggunakan model pembelajaran  Jigsaw. Berdasarkan data tes tulis kemampuan membaca menjadi meningkat dari 42% menjadi 83%, berdasarkan data angket respon siswa/kuesioner diperoleh bahwa siswa menyatakan sangat setuju 0,6%, setuju 80% dan 9,4% siswa yang tidak setuju dari kuesioner tersebut diperoleh pembelajaran tersebut membuat siswa memahami materi, menyenangkan, variasi efektif, kreatif, saling kerjasama, bisa berpikir kritis dan seru dalam belajar. Model pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi siswa sehingga siswa tertarik untuk belajar, pembelajaran yang bervariasi dan guru dapat menggunakannya dalam mengajarkan teks recount dengan gambar “sungai kehidupan”.

Kata Kunci: membaca, model pembelajaran jigsaw, sungai kehidupan, teks recount

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Pujiasih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Recount dengan Model Pembelajaran Jigsaw melalui Gambar “Sungai Kehidupan”. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 161-168. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.187
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 450 times
PDF downloaded: 837 times

Referensi

Arends. (1997). Model-Model Pembelajaran novatif berorientasi Konstuktivitis, Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Brown, H. Douglas. (2001). Teaching byPrinciples. An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco State University: Pearson Longman Inc.

Harmer, Jeremy. (2007) The Practice of English Language Teaching. Edinbergh: Pearson Longman.

Huda, Miftahul. (2017). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permendikbud Nomor 37 tahun 2018 Tentang KI dan KD Kurikulum 2013

Rahayu, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi dengan Metode Jigsaw dan Team Game Tournament. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 54-62. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/25

Sadiman, Arief. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shohimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Suharsimi, Arikunto, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sunarsih, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa di Sekolah Dasar melalui Metode Jigsaw. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(2), 81-90. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/37

Supartinah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery dengan Metode Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 1-9. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/50

Tarigan, H. G. (2013). Membaca: Sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wasisto, A. (2020). Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Anom Pustaka

https://www.kuliahbahasainggris.com/recount-text/

https://media.neliti.com/media/publications/194202-ID-peningkatan-kemampuan-reading-comprehens.pdf

https://modelpembelajaran1.wordpress.com/2016/02/20/model-pembelajaran-jigsaw/