Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Tapak Suci di Sekolah Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kartasura
Abstrak
Pendidikan karakter mencakup apa yang harus dipelajari oleh siswa dan bagaimana mereka harus menggunakan prinsip-prinsip moral dalam kehidupan sehari-hari. Karakter siswa sangat dipengaruhi oleh keterlibatan mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti akan mencoba untuk menyelidiki lebih detail mengenai pendidikan karakter apa saja yang diajarkan dalam ekstrakurikuler Tapak Suci, seberapa besar nilai-nilai pendidikan karakter yang sudah tertanam dalam perilaku keseharian siswa SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus, variabel-variabel yang mempengaruhi tingkat internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Tapak Suci. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian meliputi dokumentasi, wawancara langsung, dan observasi. Tiga langkah yang membentuk tahapan analisis data adalah temuan atau verifikasi, display data, dan reduksi data. Religius, disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial merupakan komponen pendidikan karakter yang ditanamkan dalam ekstrakurikuler tapak suci di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus, sesuai dengan temuan penelitian. Perilaku siswa sehari-hari mencerminkan nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan oleh ekstrakurikuler tapak suci. Kesadaran diri, keteladanan pelatih, dan durasi latihan menjadi faktor yang mempengaruhi seberapa besar nilai-nilai pendidikan karakter yang terinternalisasi.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Arief Lutsfi Hakim, Nurul Latifatul Inayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

