Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan guna meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, serta mengungkap kelayakan dan keefektifan media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: analyze (analisis kebutuhan, murid, kurikulum, dan penyusunan peta konsep), design (perancangan media kelistrikan bodi dengan Diagnostic Trouble Box/DTB dan instrumen pembelajaran), develop (validasi oleh ahli, revisi, dan uji coba keterbacaan), implement (penerapan dalam pembelajaran), dan evaluate (evaluasi keseluruhan). Subjek penelitian adalah 64 murid kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Yogyakarta, terdiri dari kelas eksperimen (32 murid) dan kelas kontrol (32 murid). Instrumen penelitian mencakup modul ajar, LKPD, bahan ajar, dan buku petunjuk media, sementara data dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar kelayakan media, serta tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Uji coba dilakukan dengan eksperimen semu menggunakan pretest-posttest control group design, dan keefektifan dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media DTB berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi murid. Media ini dinilai "sangat layak" oleh ahli serta mendapat respons "sangat baik" dari murid. Keefektifan media dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi berada pada kategori "tinggi".
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ridho Saputro, Gunadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

