Pengembangan Materi Ajar Teks Anekdot berbasis Android menggunakan Model Abee (Anekdot Bee)

  • Wiwit Rizqiani Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian pengembangan materi ajar teks anekdot berbasis andorid menggunakan model abee (anekdot bee) dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam menerapkan media pembelajaran di kelas yang satu dengan yang lain. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan materi ajar teks nekdot berbasis android menggunakan model abee. Adapun tujuan dari penelitian yaitu mampu memberikan wawasan baru tentang penggunaan media sebagai pengembangan materi ajar berbasis android. Metode yang digunakan adalah model deskriptif dari metode kuantitatif kemudian dideskripsikan untuk mempermudah pembaca. Berdasarkan hasil uji coba purwarupa rancang bangun pengembangan materi ajar teks anekdot berbasis android menggunakan model abee dapat dinyatakan layak melalui hasil penilaian expert judgment yaitu ahli materi, ahli media, dan pengajar Bahasa Indonesia kelas X. Pada rumus Aiken’s V dinyatakan valid apabila rentang indeks mencapai rentang 0,00 – 1,00 sehingga dari hasil uji butir indikator menunjukkkan hasil 0,875 maka dinilai cukup tinggi untuk mendukung perangkat indikator secara keseluruhan. Hasil penelitian ini dapat diterapkan pada Kompetensi Dasar 3.6 menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot dan 4.6 menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur kebahasaan. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangkan materi ajar teks anekdot berbasis android menggunakan model abee dengan menggunakan model penelitian ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi, dan evaluation (evaluasi). Menurut hasil angket penelitian, aplikasi abee bagus dari segi isi, namun kontennya perlu diperluas.

Kata Kunci: Abee, ADDIE, anekdot

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-16
Bagaimana cara mengutip:
Rizqiani, W. (2025). Pengembangan Materi Ajar Teks Anekdot berbasis Android menggunakan Model Abee (Anekdot Bee). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1148-1454. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1845
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint. 1(1), 291–299.

Hayati, L., & Salsabila, N. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 5(4).

Ibrahim, F., Hendrawan, B., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Tasikmalaya, U. M., Tasikmalaya, K., Barat, P. J., & Ibrahim, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 1(2), 102–108.

IKHSAN, K. N. (2022). Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447

Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7

Mustafa, S. R., & Bakar, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Pai. RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 9(1), 45–52. https://doi.org/10.30606/rjocs.v9i1.1740

Niswah, F., & Nisa’, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Trigonometri. Sigma, 7(2), 142. https://doi.org/10.36513/sigma.v7i2.1405

Nuriyanto, M. Z., Astutik, S., & Nurdin, E. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Informasi Geografi Dasar Siswa SMA. Majalah Pembelajaran Geografi, 5(2), 144. https://doi.org/10.19184/pgeo.v5i2.33208

Pendidikan, J., Gemilang, I., Rambu, E., Uma, A., Makaborang, Y., Ndjoeroemana, Y., Studi, P., Biologi, P., Kristen, U., Wacana, W., Android, A., & Belajar, H. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan. 2(1), 9–16.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, C. N., & Hadiprayitno, G. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. 6(2).

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963