Pengembangan Hypermedia Bermuatan Ekoliterasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V SD

  • Ni Komang Suri Rahayu Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Dewa Bagus Sanjaya Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Made Candiasa Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran awal dalam ekoliterasi sangatlah penting, serta salah satu alasan mengapa siswa sekolah dasar tidak berprestasi baik di kelas sains ialah penggunaan media pembelajaran mereka. Tujuan dari proyek berikut ialah untuk menciptakan hypermedia ekoliterasi yang andal, bermanfaat, serta efisien untuk meningkatkan kinerja pembelajaran sains siswa sekolah dasar kelas lima. lewat fase analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi, hypermedia dibuat memakai paradigma pengembangan ADDIE. Instrumen Learning Object Review Instrument (LORI) dipakai untuk menguji validitas materi serta media. Instrumen User Experience Questionnare (UEQ) dipakai untuk menguji kepraktisan hypermedia. Efektivitas hypermedia dianalisis dengan one tailed t-test (uji-t satu ekor). Penelitian berikut menghasilkan media pembelajaran berupa hypermedia yang bisa diakses pada link yang memuat materi interaktif, games, serta soal evaluasi. Uji validitas materi serta media hypermedia mendapatkan hasil sangat valid dengan skor sebesar 4,6 untuk materi serta 4,5 untuk media. Dengan skor rata-rata 2,5 dalam kategori unggul pada uji kepraktisan yang diberikan kepada instruktur serta siswa, hypermedia bisa dianggap praktis dalam hal keindahan, kejelasan, efisiensi, stimulasi, ketepatan, serta inovasinya. Analisis uji-t satu sisi dari uji efektivitas menghasilkan hasil thitung sebesar 51,757, lebih besar dari ttabel sebesar 2,068, yang menunjukkan bahwasannya hipotesis H1 diterima. Hal berikut menunjukkan bagaimana penggunaan hypermedia meningkatkan hasil belajar siswa dalam ekologi yang harmonis, sehingga cocok untuk dipakai dalam proses pendidikan.

Kata Kunci: Hypermedia, Ekoliterasi, IPAS

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-16
Bagaimana cara mengutip:
Rahayu, N. K. S., Sanjaya, D. B., & Candiasa, I. M. (2025). Pengembangan Hypermedia Bermuatan Ekoliterasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Peserta Didik Kelas V SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1441-1447. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1842
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 375 times
PDF downloaded: 162 times

Referensi

Fikri, Muhammad Nurul. 2019. Pengembangan Hypermedia Berbasis Web Online Pada Konsep Sistem Sirkulasi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hidayah, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Hypermedia Berbasis Kelora dengan Model Quantum Teaching Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Creative of Learning Students Elementary Education. 6 (2).

Hidayatullah, S., Fajriah, N., & Adini, M. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hypermedia Pada Materi Garis dan Sudut memakai Metode Problem Solving. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(2).

Juardi, Indri Fitriani, dkk. 2022. Model Pembelajaran memakai Hypertext dan Hypermedia Pembelajaran Blended Learning pada Hasil Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9775-9783.

Mantik, J., Mulyani, M., Rizky, K., & Wardani, N. (2022). Penerapan Metode Heuristic Evaluation Pada Analisis User Interface Website Simak Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Mantik, 6(3), 2685–4236.

Nazmi Zulfianor, M., Sukmawati, R. A., & Wiranda, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hypermedia Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Dengan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah. In Computer Science Education Journal (CSEJ) (Vol. 1, Issue 2).

Pradita, Linda Eka, dkk. (2023). Buku Digital Berwawasan Lingkugan Sebagai Upaya Menumbuhkan Ekoliterasi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7262-7276. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5430

Rosidah, Cholifah Tur. (2022). Pengembangan Komik Tematik Bermuatan Ekoliterasi Di Sekolah Dasar. Doctoral Thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Salsabila, Fadillah & Aslam. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 1-9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3155

Sutiana, Wira Sakti, dkk. (2024). Pengembangan Media Ekoliterasi Makanan Sehat dan Bergizi Berbasis Teknologi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 909-921. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3513

Tyas, Dewi Nilam, dkk. (2021). Peningkatan Kemampuan Ecoliteracy lewat Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Kahoot ame Subtema Pemanfaatan SDA Hayati dan Nonhayati Untuk Siswa SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10 (2), 155-125.

Wakhid Mustofa, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Hypermedia Interaktif iSpring untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 535–548. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.776

Wijayanati, Dedi, Ariesty Fujiastuti. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Wacana dengan Aplikasi Flash Berbasis Literasi Lingkungan. Jurnal Bahasa, 12(1), 146-158. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kjb/article/view/44402/20652