Wordwall sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia bagi Peserta Didik Autis

  • Rusmiyanti Rusmiyanti Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Hermanto Hermanto Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian adalah pengembangan media berbasis Wordwall yang layak, praktis, serta efisien, untuk meningkatkan kosakata bahasa Indonesia bagi siswa autis kelas III. Penelitian mengunakan jenis Research and Development (R&D) dengan memakai model ADDIE yang meliputi 5 tahap, antara lain  Analyze, design, development, implementation dan Evaluation. Uji coba lapangan di SLB Negeri 1 Bantul dan SLB PGRI Sumbersari dengan subjek penelitian sebelas orang siswa. Kelayakan produk media diperoleh dari penilaian ahli media dan materi . Kepraktisan media diperoleh dari  uji respon guru. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, angket, dan penilaian unjuk kerja. Analisis data menggunakan teknik  kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media Wordwall dinyatakan layak dan praktis, hasil skor validasi materi sebesar 4,23 dengan kategori “layak”, skor validasi media sebesar 4,34 dengan kategori “layak”, dan skor penilaian guru sebesar 5,0 dengan kategori “praktis”. Media dinyatakan efektif dalam meningkatkan perbendaharaan kata siswa dengan signifikansi 0,05, meningkat dari pretes 59,09 menjadi postes 81,81.

Kata Kunci: wordwall, media pembelajaran, kosakata, bahasa Indonesia, autis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-30
Bagaimana cara mengutip:
Rusmiyanti, R., & Hermanto, H. (2025). Wordwall sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia bagi Peserta Didik Autis . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1470-1476. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1841
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 189 times
PDF downloaded: 67 times

Referensi

Aribowo, E. K. (2021). Wordwall: Media Pembelajaran Interaktif Mulai dari Quiz, Wordsearch, hingga Anagram. Erickunto.Com 3. Diakses dari https://www.erickunto.com/2020/11/wordwall-media-pembelajaran-teraktif.html.

Budiyanti, N. (2018). Konsep Manusia Utuh sebagai Tujuan Pendidikan Islam: Studi Analisis Term Ulū al-Ilm, Ulū al-Albāb, dan Ulī al-Nuhā dalam Alquran. Tidak Disebutkan Dalam Metadata.

Cecilia, G. R. (2017). Pola Komunikasi Keluarga dalam Membangun Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus Keluarga dengan Anak Autisme di Jawa Barat.

Chen, Zhuo dan Li-Jen Kuo. (2017). Perkembangan Bahasa dan Literasi pada Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme. Jurnal Gangguan Anak & Perkembangan, 3(3), 14. Diperoleh dari http://childhood-developmental-disorders.imedpub.com/lingual-and-literacy-development-among-children-with-autism-spectrum-disorder.pdf.

Falahudin. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/9459

Gamayanti, Z. (2021). Wordwall „Solusi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Yang Lebih Interaktif. Diakses dari https://hightechteacher.id/wordwall-solusi-untuk-pembelajaran-jarak-jauh-yang-lebih-interaktif/.

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2018). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education (14th ed.). Pearson.

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. 16, 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Maheni, M., Nawawi, S., & Aini, F. (2024). Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global di SMAN 09 Palembang. BIODIK. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.28701

Mulyono, & Ampo, I. (2021). Pemanfaatan Media dan Sumber Belajar Abad 21. 9, 93–112. https://doi.org/10.24239/pdg.vol9.iss2.72

Sugiyono, Prof. Dr. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Tindakan Kelas) (Edisi ke-20). Alfabeta.

Wardany, O. F., & Apriyanti, M. (2022). Buku Panduan Guru Pendidikan Khusus bagi Peserta Didik Autis Disertai Hambatan Intelektual untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB. Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://buku.kemdikbud.go.id/