Wordwall sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia bagi Peserta Didik Autis
Abstrak
Tujuan penelitian adalah pengembangan media berbasis Wordwall yang layak, praktis, serta efisien, untuk meningkatkan kosakata bahasa Indonesia bagi siswa autis kelas III. Penelitian mengunakan jenis Research and Development (R&D) dengan memakai model ADDIE yang meliputi 5 tahap, antara lain Analyze, design, development, implementation dan Evaluation. Uji coba lapangan di SLB Negeri 1 Bantul dan SLB PGRI Sumbersari dengan subjek penelitian sebelas orang siswa. Kelayakan produk media diperoleh dari penilaian ahli media dan materi . Kepraktisan media diperoleh dari uji respon guru. Instrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, angket, dan penilaian unjuk kerja. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian media Wordwall dinyatakan layak dan praktis, hasil skor validasi materi sebesar 4,23 dengan kategori “layak”, skor validasi media sebesar 4,34 dengan kategori “layak”, dan skor penilaian guru sebesar 5,0 dengan kategori “praktis”. Media dinyatakan efektif dalam meningkatkan perbendaharaan kata siswa dengan signifikansi 0,05, meningkat dari pretes 59,09 menjadi postes 81,81.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Rusmiyanti Rusmiyanti, Hermanto Hermanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












