Development of Differentiated E-Learning to Improve Students' Motivation and Learning Independence at SMAN 1 Panggang, Gunungkidul Regency

  • Ari Mardian Education Technology, Yogyakarta State University, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Herman Dwi Surjono Education Technology, Yogyakarta State University, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media e-learning berdiferensiasi yang disesuaikan untuk SMAN 1 Panggang, Gunungkidul; (2) mengevaluasi kelayakan media berdasarkan validasi ahli; (3) menilai kepraktisan media bagi siswa dan guru; serta (4) menentukan efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip yang terdiri dari tiga tahap: perencanaan, desain, dan pengembangan. Uji coba awal melibatkan tiga siswa Fase F dengan karakteristik beragam, sementara pengujian produk dilakukan pada dua kelas: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing terdiri dari 36 siswa Fase F. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan penilaian validasi dari ahli materi serta ahli media. Metode analisis data mencakup perhitungan N-Gain, independent sample t-tests, and paired t-tests.

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan platform e-learning berdiferensiasi berbasis Moodle yang dapat diakses melalui www.esman1panggang.com, dengan materi algoritma pemrograman yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa dalam empat sesi. (2) Validasi oleh ahli materi (4,11) dan ahli media (4,10), keduanya dikategorikan sebagai "sangat layak". (3) Penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa memperoleh skor masing-masing 4,19 dan 4,55, yang menunjukkan bahwa media ini "layak" digunakan. (4) Media terbukti signifikan dalam meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar, ditunjukkan dengan skor N-Gain yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, serta perbedaan hasil pretest dan posttest yang signifikan secara statistik (p < 0,05).

Kata Kunci: media pembelajaran, E-Learning, Moodle, Motivasi belajar, Kemandirian belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-15
Bagaimana cara mengutip:
Mardian, A., & Surjono, H. D. (2025). Development of Differentiated E-Learning to Improve Students’ Motivation and Learning Independence at SMAN 1 Panggang, Gunungkidul Regency. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1335-1342. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1835
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 20 times
PDF (English) downloaded: 7 times

Referensi

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for Learning Methods and Development.

Ananda, R. (2019). The Effect of Learning Strategies and Learning Independence on Learning Outcomes in Learning Evaluation Subject. IJLRES-International Journal on Language, Research, and Education Studies, 3(3), 340–350. https://doi.org/10.30575/2017/IJLRES-2019091201

Bardach, L., & Klassen, R. M. (2021). Teacher motivation and student outcomes: Searching for the signal. Educational Psychologist, 56(4). https://doi.org/10.1080/00461520.2021.1991799

BPS Indonesia, S. I. (2023). Catalog : 1101001. Statistik Indonesia 2023, 1101001, 790. https://www.bps.go.id/publication/2020/04/29/e9011b3155d45d70823c141f/statistik-indonesia-2020.html

González‐pérez, L. I., & Ramírez‐montoya, M. S. (2022). Components of Education 4.0 in 21st Century Skills Frameworks: Systematic Review. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 14, Issue 3). https://doi.org/10.3390/su14031493

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2). https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.21765

Keller, J. M. (2010). Motivational design for learning and performance: The ARCS model approach. Springer.

Krishan, I. Q., & Al-Rsa’I, M. S. (2023). The Effect of Technology-Oriented Differentiated Instruction on Motivation to learn Science. International Journal of Instruction, 16(1), 961–982. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16153a

Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.41411

Mumpuniarti, M., Mahabbati, A., & Handoyo, R. R. (2023). Diferensiasi pembelajaran (cetakan I). UNY Press.

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Mims, C. (2012). Instructional Media and Technology for Learning. International Journal of Distributed and Parallel Systems, 3, 8.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2013). The development of an adaptive E-Learning system by customizing an LMS Moodle. Vol, 4(4), 632–635. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.413.1494&rep=rep1&type=pdf

Surjono, H. D., Diana, & Mahmudi, A. (2023). The Effect of Flipped Classroom Learning Model on Students’ Understanding of Mathematical Concepts and Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Information and Education Technology, 13(12). https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.12.2016

Tokan, M. K., & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behavior on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1–8. https://doi.org/10.15700/saje.v39n1a1510

Wahyono, M., Asfarian, A., Ramadhan, D. A., Putro, H. P., Wisnubhadra, I., Saputra, B., & Pratiwi, H. (2023). Buku Panduan guru informatika untuk SMA Kelas 10. Bukusekolah.id. In Buku Panduan Guru INFORMATIKA. https://bukusekolah.id/buku/buku-panduan-guru-informatika-untuk-sma-kelas-10/