Development of Differentiated E-Learning to Improve Students' Motivation and Learning Independence at SMAN 1 Panggang, Gunungkidul Regency
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media e-learning berdiferensiasi yang disesuaikan untuk SMAN 1 Panggang, Gunungkidul; (2) mengevaluasi kelayakan media berdasarkan validasi ahli; (3) menilai kepraktisan media bagi siswa dan guru; serta (4) menentukan efektivitasnya dalam meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Alessi & Trollip yang terdiri dari tiga tahap: perencanaan, desain, dan pengembangan. Uji coba awal melibatkan tiga siswa Fase F dengan karakteristik beragam, sementara pengujian produk dilakukan pada dua kelas: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing terdiri dari 36 siswa Fase F. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan penilaian validasi dari ahli materi serta ahli media. Metode analisis data mencakup perhitungan N-Gain, independent sample t-tests, and paired t-tests.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) Pengembangan platform e-learning berdiferensiasi berbasis Moodle yang dapat diakses melalui www.esman1panggang.com, dengan materi algoritma pemrograman yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa dalam empat sesi. (2) Validasi oleh ahli materi (4,11) dan ahli media (4,10), keduanya dikategorikan sebagai "sangat layak". (3) Penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa memperoleh skor masing-masing 4,19 dan 4,55, yang menunjukkan bahwa media ini "layak" digunakan. (4) Media terbukti signifikan dalam meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar, ditunjukkan dengan skor N-Gain yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol, serta perbedaan hasil pretest dan posttest yang signifikan secara statistik (p < 0,05).
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ari Mardian, Herman Dwi Surjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

