Pengaruh Kesadaran Diri, Kestabilan Emosi, dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah

  • Anisha Nurul Fatimah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Muhammad Wildan Shohib Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Hamdan Chehdimae Academy of Islamic Studies, University Malaya,  Malaysia

Abstrak

Motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo menjadi perhatian karena masih ditemukan siswa yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan semangat belajar. Beberapa faktor yang diduga memengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa antara lain kurangnya kesadaran diri dalam mengelola waktu dan tanggung jawab belajar, kestabilan emosi yang berpengaruh terhadap fokus akademik, serta lingkungan belajar yang belum sepenuhnya kondusif. Kepribadian siswa, terutama dalam hal kesadaran diri dan kestabilan emosi, memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana mereka menghadapi tantangan akademik. Selain itu, lingkungan belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah, dapat memengaruhi motivasi siswa mencapai hasil akademik yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kesadaran diri, kestabilan emosi, serta lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Pondok Pesantren Modern Imam Syuhodo. Metode pada kajian ini yakni survei kuantitatif, melalui pengumpulan data dengan angket yang melibatkan 200 siswa. Analisis data menggunakan Smart PLS menunjukkan bahwa kesadaran diri, kestabilan emosi, dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi belajar siswa. Temuan ini menekankan bahwa faktor internal, seperti kesadaran diri dan kestabilan emosi, serta faktor eksternal, seperti lingkungan belajar, sangat memengaruhi motivasi belajar siswa. Oleh karenanya, temuan kajian ini mendeskripsikan pentingnya pengembangan kedua faktor tersebut dan menyarankan agar lebih banyak perhatian diberikan pada aspek-aspek tersebut untuk memaksimalkan potensi siswa dalam proses belajar dan pencapaian akademik mereka.

Kata Kunci: Kepribadian, motivasi belajar, SMA Muhammadiyah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-14
Bagaimana cara mengutip:
Fatimah, A. N., Shohib, M. W., & Chehdimae, H. (2025). Pengaruh Kesadaran Diri, Kestabilan Emosi, dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1395-1401. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1830
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 15 times
PDF downloaded: 11 times

Referensi

Achadiyah, B. N., & Najib, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 9(1), 17188.

Ahmad, H., & Mustakim, M. (2022). Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA Negeri Kota Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1664–1677. http://dx.doi.org/10.33394/realita.v7i2.5888

Anggraini, M. S. A., & Zulfiati, H. M. (2017). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD N Kotagede 3 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3).

Ariska, A. M. (2019). Hubungan Antara The Big Five Personality dan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri 1 XIII Koto Kampar [Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU].

Avandri, A., Suparji, S., Wardhono, A., & Suhartini, R. (2023). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Tipe Kepribadian Hippocrates terhadap Motivasi Belajar. Journal of Education Research, 4(3), 1000–1006. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.320

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25846

Fitri, A., Shohib, M. W., & Maksum, M. N. R. (2024). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dengan Digital Literacy Sebagai Variabel Mediasi. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 899-906. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.886

Fitri, N. S., & Masyithoh, S. (2023). Hubungan Pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(1), 1–16. https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i1.1327

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh kecerdasan emosi, lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(2). http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327

Kharisma, I. P., & Safitri, G. (2023). Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28-39. https://doi.org/10.24252/edu.v3i1.39695

Lestari, P., Gutji, N., & Yaksa, R. A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Adhyaksa I Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9027-9039. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3214

Megawati, B., Syawaluddin, F. A., & Siregar, S. (2021). No TitlePengaruh Intensitas Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Keluarga Dengan Eq Peserta Didik. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 106–119. https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/708

Megawati, M., Harimurti, E. R., Nurwiatin, N., & Nurhasanah, N. (2021). Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Research and Development Journal of Education, 7(2), 363-372. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8594

Muli, D. P. T., Rosdiana, Y., & Parnawati, T. A. (2023). Hubungan Kestabilan Emosi dengan Prestasi Belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang [Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi]. https://rinjani.unitri.ac.id/handle/071061/3241

Nurwahid, M. (2021). Korelasi antara Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online dengan Hasil Belajar Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1127-1137. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.596

Palittin, I. D., & Wihelmus Wolo, R. P. (2019). Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.

Prayono, A., Rahmi, S., & Sovayunanto, R. (2021). Big five personality dalam prestasi belajar siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4579

Putri, B. C., Aldila, F. T., & Matondang, M. M. (2022). Hubungan Antara Karakter Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Integrated Science Education Journal, 3(2), 45–49. https://doi.org/10.37251/isej.v3i2.252

Rofiuddin, A. N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas Setingkat. Journal Of Early Childhood And Islamic Education, 3(1), 110–127. https://doi.org/10.62005/joecie.v3i1.119

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75.

Triansari, N., & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 101–116. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28697

Wahab, V., Rahman, N., & Fitri, M. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah Maumere. Economics and Education Journal (Education), 3(1), 63-72. http://dx.doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1182