Pengaruh Penggunaan Bahasa Jawa Metode IMMANN terhadap karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Yogyakarta

  • HK Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten,  Indonesia
  • Ika Rahayu Trisnawati Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Mas Fierna Janvierna Lusie Putri Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten,  Indonesia

Abstrak

Adanya modernisasi di perkembangan zaman ini telah merubah tatanan bahasa yang digunakan oleh masyarakat, khususnya pada anak muda. Pelestarian bahasa daerah (Bahasa Jawa) ke anak muda mengalami penurunan yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pergaulan dalam berteman, tidak ada keseimbangan dalam memakai bahasa daerah dan bahasa nasional baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Hal ini dapat menjadi adanya pergeseran penggunaan bahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan bahasa Jawa metode IMMANN terhadap pendidikan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa SMA Negeri 7 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik simple random sampling atau acak sederhana. Penggunaan sampel sebanyak 247 siswa dari banyaknya populasi sebesar 853 siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta pada bulan Maret sampai April 2023. Dalam pengolahan data peneliti menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Analisis statistik menghasilkan persamaan regresi Y= 4,449 + 1,002X, artinya jika nilai penggunaan bahasa Jawa metode IMMANN (X) meningkat 1 satuan maka nilai Pendidikan karakter (Y) akan meningkat sebesar 1,002 satuan dengan nilai konstanta 4,449. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel independen terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen. Koefisiensi determinasi (R Square) sebesar 0,550 artinya variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 55% dan sisanya sebesar 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Bahasa Jawa, metode IMMANN, pendidikan karakter

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

HK, Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten

Heri Kurnia, adalah Dosen Tetap di Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan, Universitas Pamulang.

Diterbitkan
2025-03-07
Bagaimana cara mengutip:
Kurnia, H., Trisnawati, I. R., & Putri, M. F. J. L. (2025). Pengaruh Penggunaan Bahasa Jawa Metode IMMANN terhadap karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1202-1210. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1827
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 186 times
PDF downloaded: 81 times

Referensi

Agam, M. (2022). Marjanis: 18 Nilai Pendidikan Karakter, Bekal Hidup Lebih Baik. Kementerian Agama Sumatera Barat. https://sumbar.kemenag.go.id/v2/post/64919/marjanis-18-nilai-pendidikan-karakter-bekal-hidup-lebih-baik#:~:text=Marjanis menyampaikan 18 nilai pendidikan,peduli lingkungan%2C peduli sosial%2C tanggung

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Revisi V). PT. Rineka Cipta.

Dahliyana, A., Budimansyah, D., Nurdin, E. S., Suryadi, A. & Cahyati, S. (2023). Project citizen digital: Civic education strengthen the national defense character?. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45(1), 159-166. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/269480

Dienaputra, R. D. (2023). A prospective historical analysis of multiculturalism in Indonesia: A case of West Java. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(4), 1147-1154. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/268992

Handayani, T. & Hangestiningsih, E. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa di SD Karangmulyo Yogyakarta. In Trihayu. download.garuda.kemdikbud.go.id. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=603729&val=10636&title=Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa Di SD Karangmulyo Yogyakarta

Heriyanto, Manggong, L., & Krisnawati, E. (2021). Linguistic and extra-linguistic features in the brand and package of Sundanese local food and beverage products as a means to support cultural tourism in Garut, West Java, Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 42(2), 433–438. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/250931

Islamic, G. ., Supriyono, Ishaq, M. ., & Dayati, U. . (2023). Character education through philosophical values in traditional Islamic boarding schools. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45(1), 31-42. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/269466

Ismawati, E. (2020). The culture sumarah and tirakat in Indonesian literature of local color of Java: Ethnography study. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(3), 507-512. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/247518

Jauhari, E. ., & Purnanto, D. . (2022). Politeness system of the ethnic Chinese community in the Javanese cultural area of Indonesia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(1), 60-66. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/256958

Leekitchwatana, P., Pimdee, P., & Moto, S. (2018). Using the Internet for development of structural equation model of teaching behavior of junior high school teachers. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 868-878. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/242614

Saputro, H. G. (2017). Pelaksanaan Pelajaran Bahasa Jawa Materi Krama Inggil di Siswa MI dan SD Muhammadiyah Kecamatan Cilongok. repository.ump.ac.id. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/3877

Suganda, T. R., Sumargo, I. K., & Robiyanto, R. (2018). Superstitious behavior and stock returns: The case of Javanese traditional calendar. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(2), 345-350. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/232526

Wardhani, N. K. S. K., Mahendradhani, G. A. A. R. & Putra, K. E. . (2022). Cultivating elementary school students’ characters through Neo-Humanistic Education. Kasetsart Journal of Social Sciences, 43(2), 323-328. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/258489

Winarno, Komalasari, K., & Indrawadi, J. (2023). Authentic assessment in online learning to develop students’ character. Kasetsart Journal of Social Sciences, 44(4), 1091-1100. https://so04.tci-thaijo.org/index.php/kjss/article/view/268983

Official Document:

Bappeda DIY. (2022). Data Vertikal Badan Pusat Statistik. Bappeda DIY. http://bappeda.jogjaprov.go.id/dataku/data_dasar/index/701-penduduk#37

BPK RI. (2013). Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/10324/Pergub DIY No.66 Tahun 2013 ttg Kurikulum Pendidikan Berbasis Budaya.pdf

BPK RI. (2021). Peraturan Daerah (PERDA) tentang Pemeliharaan dan Pengembangan Bahasa, Sastra, dan Aksara Jawa. Direktorat Utama Pembinaan Dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/162614/perda-no-2-tahun-2021

Dapodik Kemdikbud. (2023). Data Pokok Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/D9D4E8EEA16B7D0CAC1F

Dinas Kebudayaan, D. (2014). Pedoman Pelestarian dan Pengembangan Bahasa dan Sastra Jawa (5). Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. https://budaya.jogjaprov.go.id/artikel/detail/513-pedoman-pelestarian-dan-pengembangan-bahasa-dan-sastra-jawa--5

Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional