Implementasi Program Sekolah Berbasis Budaya di SMP Negeri 7 Yogyakarta

  • Herlina Damayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sukiyanto Sukiyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program sekolah berbasis budaya di SMP Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai budaya Jawa ke dalam berbagai aspek kehidupan sekolah. Guru sudah memahami konsep sekolah berbasis budaya dengan baik. Program-program yang telah dilaksanakan meliputi pembiasaan budaya, kegiatan ekstrakurikuler, dan integrasi dalam pembelajaran. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya, dukungan dana dan pengaruh globalisasi, namun partisipasi peserta didik dan dukungan dari guru serta orang tua cukup tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program sekolah berbasis budaya di SMP Negeri 7 Yogyakarta memiliki potensi besar dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, kreativitas dan memiliki jati diri yang kuat. Untuk meningkatkan efektivitas program, sekolah disarankan untuk terus mengembangkan program yang lebih menarik, meningkatkan kapasitas guru, memperkuat kerjasama dengan komunitas, dan melakukan evaluasi secara berkala.

Kata Kunci: sekolah berbasis budaya, budaya Jawa, implementasi, pembelajaran, karakter peserta didik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-30
Bagaimana cara mengutip:
Damayanti, H., & Sukiyanto, S. (2025). Implementasi Program Sekolah Berbasis Budaya di SMP Negeri 7 Yogyakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1455-1459. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1823
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 25 times
PDF downloaded: 6 times

Referensi

Fitriani, D., & Wulandari, R. (2021). “Efektivitas Penerapan Pendidikan Berbasis Budaya Lokal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 15(3), 45-59.

Geertz, Clifford. (1973). The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Daerah Yogyakarta. (2018). Peraturan Gubernur DIY tentang Penguatan Pendidikan Berbasis Budaya.

Sania Kusuma. (2023). Implementasi Kebijakan Pendidikan Berbasis Budaya di SMA Negeri 1 Jetis. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, Vol. 12 (1), Edisi Maret 2023: 20-32

Sibarani, Robert. (2012). Kearifan Lokal: Hakikat, Peran, dan Metode. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, A., & Kurniawan, T. (2018). “Implementasi Program Berbasis Budaya dalam Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(2), 112-125.

Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Tri Wahyuni. (2021). Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Wates. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol. 10 (2), Juni 2021: 38-50