Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran SKI
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang penting dikembangkan dalam proses pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Namun, pembelajaran SKI sering kali masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat merangsang partisipasi dan pemikiran kritis siswa. Pengaruh ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Al Huda Banyuwangi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif dan wawancara semi-terstruktur dengan subjek penelitian yang terdiri atas guru SKI, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Mereka mampu menganalisis informasi secara mendalam, mengevaluasi berbagai pandangan, serta menyampaikan argumen yang didukung data valid. Tantangan dalam implementasi PBL meliputi keterbatasan waktu pembelajaran dan keterampilan guru dalam menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Aliyah Al Huda Banyuwangi. Penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan guru terkait PBL serta dukungan kebijakan sekolah untuk penerapannya secara optimal.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Diajeng Juwita Ningrum, Moch. Chotib, Supriadi Supriadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

