Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran SKI

  • Diajeng Juwita Ningrum Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember, Jawa Timur,  Indonesia
  • Moch. Chotib Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember, Jawa Timur,  Indonesia
  • Supriadi Supriadi Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan yang penting dikembangkan dalam proses pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Namun, pembelajaran SKI sering kali masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat merangsang partisipasi dan pemikiran kritis siswa. Pengaruh ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Aliyah Al Huda Banyuwangi Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif dan wawancara semi-terstruktur dengan subjek penelitian yang terdiri atas guru SKI, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Mereka mampu menganalisis informasi secara mendalam, mengevaluasi berbagai pandangan, serta menyampaikan argumen yang didukung data valid. Tantangan dalam implementasi PBL meliputi keterbatasan waktu pembelajaran dan keterampilan guru dalam menerapkan strategi tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa PBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran SKI di Madrasah Aliyah Al Huda Banyuwangi. Penelitian ini merekomendasikan adanya pelatihan guru terkait PBL serta dukungan kebijakan sekolah untuk penerapannya secara optimal.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Sejarah Kebudayaan Islam

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-16
Bagaimana cara mengutip:
Ningrum, D. J., Chotib, M., & Supriadi, S. (2025). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran SKI. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1432-1440. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1821
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 0 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Aini, N., Surya, Y. F., & Pebriana, P. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV MI Al-Falah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 179–182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1246

Amirudin, Iqbal, A. M., Ceceng, S. M., Rivan, L. L., Siti, N. A. Y., & Siti, N. H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTSN 4 Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 140–147. https://doi.org/10.56114/maslahah.v4i3.11236

Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990. https://doi.org/10.58230/27454312.496

Asrani, A., & Uep, T. S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PLB). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3263

Aziza, N. H. (2022). Pembelajaran PAI Berbasis Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 1 Kendal. In Tesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20086

Dewi, I. K., Ryky, M. S., & Djariyo. (2015). Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Malih Pedas, 5(2). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v5i2.847

Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode Study Kasus. STAIN Sorong.

Fuaddah, E. F., Pulmasari, M., Puteriani, T., & Alimni. (2023). Implementasi Metode Role Playing Sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran SKI di Mas Darussalam Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32045–32049. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12234

Hasmiati, Jumadi, O., & Rachmawaty. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 257–262. https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/6987/4014

Hatmiah. (2023). Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Nurhidayah Hantakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Adiba: Journal of Education, 3(1), 48–54. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28448

Huwaina, I. (2018). Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Gerak dan Lagu di Taman Kanak-kanak Assalam I Sukarame Bandar Lampung. In Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5153

Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192–202. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p192-202

Lubis, R. R., Rajagukguk, K. P., Putri, E. D., & Sheila, A. (2020). Analisis Tingkat Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Sintaksis, 2(01), 80–86. https://www.ojs.yayasanalmaksum.ac.id/index.php/Sintaksis/article/view/51

Mudlofir, A., & Rusdiyah, E. F. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Musyadad, F. V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya [UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. In Skripsi. http://repository.uin-malang.ac.id/1104/

Rahmatia, F., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2685–2692. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.760

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602

Septiana, T. S., & Kurniawan, M. R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 pada Mata Pelajaran PKn di SD Muhammadiyah Kauman Tahun 2016/ 2017. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 94–105. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.74

Sriyanto. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Peserta Didik Kelas XI TB 1 SMK Negeri 1 Bancak Kabupaten Semarang. Jurnal Artefak, 3(1), 17–28. https://doi.org/10.25157/ja.v3i1.1106

Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815

Sukowati, V. P., & Harjono, N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10641–10646. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3212

Triana, D. D. (2020). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1–14. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317

Valentin, J. A., Shinta, N. M., Saputra, D. A., Kartiningtyas, W., Kritis, B., & Belajar, H. (2024). Problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5962–5970. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/28448