Pengembangan Tanggung Jawab melalui Problem Based Learning Menggunakan Google Classroom pada Materi Aturan Segitiga
Abstrak
Pembelajaran di sekolah pada masa pandemi Covid-19 tidak dapat terlaksana secara tatap muka. Penggunaan internet, telepon seluler atau komputer menjadi pendukung utama dalam penyampaian materi dan tugas untuk mencapai kompetensi yang diharapkan serta dalam melakukan penilaian. Penilaian dalam kurikulum 2013 dilakukan pada aspek pengetahuan, keterampilan juga sikap peserta didik. Tanggung jawab merupakan salah satu sikap yang ingin dicapai melalui pembelajaran matematika seperti yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan KI/KD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengembangkan sikap tanggung jawab materi Aturan Segitiga melalui Problem Based Learning (PBL) dengan Google Classroom pada peserta didik kelas X-MIPA 3 SMA Negeri 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian menunjukkan dapat mengembangkan sikap tanggung jawab peserta didik. Proses pembelajaran dilakukan dengan cara: (a) Pemberian pretest kemampuan prasyarat pada fase orientasi menyebabkan peserta didik melaksanakan tugas individu dengan baik; (b) Penyajian masalah dunia nyata memotivasi, meningkatkan prakarsa dalam menyelesaikan masalah, dan fokus pada pembelajaran; (c) Peserta didik didorong belajar mengembangkan pengetahuan barunya, secara aktif mengerjakan tugas kelompok, dan bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas; (d) Kesempatan bereksplorasi membangun pengetahuan meningkatkan interaksi antar peserta didik, mengembangkan sikap tanggung jawab, memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika; (e) Selama proses pembelajaran, minat atau perhatian peserta didik dalam mempelajari materi semakin meningkat pada pertemuan berikutnya, berdiskusi dengan teman, dan memiliki rasa tanggung jawab untuk mengerjakan tugas yang diberikan sehingga meningkatkan hasil belajar matematika.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Muflichati Nurin Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

