Pengaruh Media Plickers terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAIBP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media Plickers terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri Klabang sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media Plickers. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttestsiswa yang lebih tinggi dibandingkan pretest, serta nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00, yang menunjukkan perbedaan signifikan secara statistik. Media Plickers memberikan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik. Hasil ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang menunjukkan efektivitas media Plickers dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media Plickers sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Abidah Lailatul Ulwa, Subakri Subakri, Moh. Sutomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

