Pengaruh Media Plickers terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAIBP

  • Abidah Lailatul Ulwa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Jawa Timur,  Indonesia
  • Subakri Subakri Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Jawa Timur,  Indonesia
  • Moh. Sutomo Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jember, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media Plickers terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan siswa kelas VII SMP Negeri Klabang sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada motivasi dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media Plickers. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttestsiswa yang lebih tinggi dibandingkan pretest, serta nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00, yang menunjukkan perbedaan signifikan secara statistik. Media Plickers memberikan pengalaman belajar yang interaktif, menarik, dan memotivasi siswa untuk belajar lebih baik. Hasil ini konsisten dengan penelitian terdahulu yang menunjukkan efektivitas media Plickers dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media Plickers sebagai alternatif pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Plickers, Motivasi Belajar, PAIBP

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-16
Bagaimana cara mengutip:
Ulwa, A. L., Subakri, S., & Sutomo, M. (2025). Pengaruh Media Plickers terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAIBP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1424-1431. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1810
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 142 times
PDF downloaded: 90 times

Referensi

‘Azizi, N. M., & Dewantoro, H. M. (2024). Implementasi Media Plickers Pada Mata Pelajaran PAI Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif C1 Dan C2 (Studi Kasus Pada Siswa SDN Candirejo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta). Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab, 2(6), 1782–1805. https://doi.org/10.20885/tullab.vol6.iss2.art12

Adiningrum, R., & Tyas, D. N. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Panduan Penggunaan Aplikasi Plickers Sebagai Penunjang Penilaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Cendekiawan, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v5i2.377

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1201

Arzfi, B. P., Niki, Y., Desyandri, & Irdamurni. (2022). The Effect of the Plickers Application on Fifth-Grade Students’ Learning Motivation in Learning Integrated Themes Bima. Jurnal Basicedu, 6(4), 7154–7160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3397

Fakhrurrazi. (2016). Penerapan Metode Card Sort Dalam Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Pada Siswa MTsS Darul Huda Kota Langsa. Jurnal Al-Ikhtibar, 3(2), 87–101. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/58

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Helmita, R. (2018). Motivasi Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Batusangkar Terhadap Penggunaan Aplikasi Plickers pada Mata Kuliah Embriologi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika dan Sains, IAIN Batusangkar Keterampilan Abad 21; Strategi Pengembangan Pembelajaran, Penelitian, Matematika dan Sains, 38–42. https://core.ac.uk/outputs/236392167/?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Huda, H. (2023). Pemanfaatan Media Evaluasi Plickers terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mayasari, S., & Safina, D. W. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Konsumen pada Restoran Ayam Goreng Kalasan Cabang Iskandar Muda Medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 1(2), 64–76. https://doi.org/10.60036/jbm.v1i2.7

Mitkovska, S. J., & Biljana, P. (2019). Motivation to Learn During a Pandemic. Sustainability (Switzerland), 11(15), 217–223. https://js.ugd.edu.mk/index.php/vospitanie/article/view/3632

Munawaroh, S., Santosa, C. A. H. F., & Wahyuningrum, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Matematika Realistik Kontekstual dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 3(1), 36. https://doi.org/10.30738/indomath.v3i1.6062

Permana, D. Y., & Fadriati, F. (2023). Konsep Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Integratif di Sekolah. Social Science Academic, 1(2), 665–672. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.4259

Ratna, A., Tanjong, P., & Fitrianawati, M. (2020). Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelas 1 SD Negeri 9 Langkahan Kecamatan Langkahan. Prosiding Pendidikan Guru Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas, 698–706. https://eprints.uad.ac.id/21355/

Roifah, K. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Plickers Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp Negeri 9 Semarang Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. In Skripsi. Universitas Negeri Semarang. https://lib.unnes.ac.id/29571/

Roslina, Sakung, J. M., Wahyono, U., & Abram, P. H. (2025). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar Parigi Utara. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 231–240. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1357

Saragi, O., Gimin, G., & Hendripides, H. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran, Berbantuan Plickers dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3042–3052. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4093

Subekha. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Plickers Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tan, C. R., & Tasir, Z. (2022). Kesan Penggunaan Aplikasi Plickers dalam Pembelajaran Topik Imbuhan Berasaskan Gamifikasi Terhadap Pelajar Tahun Tiga. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(3), 1–15. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i3.1340