Modernisasi Pendidikan Islam Indonesia: Pengalaman Nahdlatul Ulama

  • Azmar Hidayat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Khairul Fahmi STAI Raudhatul Akmal, Deli Serdang, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Khairul Anwar Universitas Al Washliyah Medan, Medan, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Fauzi Ananda STAI Nurul Ilmi Tanjungbalai, Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi menuntut adanya perubahan dalam sistem pendidikan, termasuk pendidikan Islam, agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Modernisasi pendidikan Islam di Indonesia merupakan sebuah tantangan yang memerlukan keseimbangan antara pelestarian nilai-nilai tradisional Islam dan kebutuhan untuk merespons perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam proses modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: identifikasi sumber, penelusuran sumber, pengumpulan dokumen. Sedangkan teknik analisis data mengikuti Winner dan Dominick dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi data, interpretasi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NU berhasil mempertahankan nilai-nilai keislaman tradisional dalam lembaga pendidikannya, sembari secara bertahap mengadopsi unsur-unsur modernisasi. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam hal resistensi dari beberapa kelompok konservatif dan keterbatasan akses terhadap teknologi di wilayah pedesaan. Dapat disimpulkan bahwa modernisasi pendidikan Islam oleh NU menawarkan model yang seimbang antara tradisi dan inovasi, yang relevan untuk dijadikan rujukan bagi institusi pendidikan Islam lainnya di Indonesia.

Kata Kunci: Nahdlatul Ulama, Modernisasi, Pendidikan Islam

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-21
Bagaimana cara mengutip:
Hidayat, A., Fahmi, K., Anwar, K., & Ananda, F. (2025). Modernisasi Pendidikan Islam Indonesia: Pengalaman Nahdlatul Ulama. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1364-1371. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1806
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 8 times
PDF downloaded: 20 times

Referensi

As’ad, M. (2014). Pembaruan Pendidikan Islam Nahdlatul Ulama. Nizham, 3(02), 51–87.

Daulay, S. (2022). Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia : Perbandingan Pengalaman Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama. An-Nahdhah, 5(1).

Daulay, S & Dalimunthe, R. A. (2021). Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Komparasi Pengalaman Organisasi Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama). Fitrah: Journal Of Islamic Education, 2(2), 125–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i2.70

Ependi, R. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam: Latar Belakang, Cakupan dan Pola. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.30821/alfatih.v2i1.26

Harahap, A. (2017). Modernisasi Pendidikan Islam Dan Pemikiran. Jurnal Ecobisma, 4(2), 135–150. https://doi.org/10.36987/ecobi.v4i2.95

Hamami, T. (2021). Muhammadiyah And Nahdlatul Ulama Education: Two Main Pillars Of National Education In Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(2), 307–330. https://doi.org/10.14421/jpai.2021.182-06

Ishak, & W, S. (2022). Eksistensi Pendidikan Islam Nahdlatul Ulama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 800–807. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6711

Mudzakkir, A., Et Al. (2024). Sejarah Pendidikan Islam : Karakter Pendidikan Islam Klasik & Modern. IJIER: Indonesian Journal Of Islamic Educational Review, 1(3), 176–186. https://doi.org/10.58230/ijier.v1i3.268

Muhammedi. (2016). Modernisasi Pendidikan Islam Indonesia Pengalaman Nahdlatul Ulama. Jurnal Tarbiyah, 23(2), 211. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v23i2.113

Nuzulia, N. L. Et Al. (2024). Modernisasi Pendidikan Islam Nusantara Dan Islam Berkemajuan Di Malang: Komparasi Konsep Pendidikan Nahdlatul Ulama Dan Pendidikan Muhammadiyah. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 9(9), 31.

Ningtias, R. K. (2018). Eksistensi Nahdlatul Ulama Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Masyarakat Pesisir: Studi Di Pesisir Pantai Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Darajat : Jurnal PAI, 1(2), 246–247.

Ridwan, M. (2020). Peranan Lembaga Pendidikan Ma’Arif Nadhlatul Ulama Dalam Penyebaran Pendidikan Islam Di Indonesia. Fikrah : Journal Of Islamic Education, 4(1), 53. https://doi.org/10.32507/Fikrah.V4i1.726

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sutarto. (2023). Modernisasi Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia Pada Abad 21. Joeai (Journal Of Education And Instruction), 6(2), 679–692. https://doi.org/10.31539/Joeai.V6i2.7711

Sidiq, U Dan Moh. Miftahul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kaulitatif Di Bidang Pendidikan.

Taufiq, T., Et Al. (2023). Modernisasi Pengembangan Kurikulum PAI Di Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), 99–106.

Ummah, F. S. (2023). Modernisasi Pendidikan Melalui Implementasi Manajemen Mutu Di Kalangan Pesantren Nahdlatul Ulama Di Madura. NAHNU; Journal Of Nahdlatul Ulamaand Contemporary Islamic Studies, 1(1), 41–58. https://ojs.nupalengaan.or.id/nahnu/article/view/24/3

Yumnah, S. (2022). Eksistensi Pendidikan Islam Nu Dan Muhammadiyah Sebagai Potret Islam Moderat Di Indonesia. Proceedings Of Annual Conference For Muslim Scholars, 6(1), 1152–1164. https://doi.org/10.36835/ancoms.v6i1.391

Zulfirman, R., Andika, R. R., Zalnur, M., Masyudi, F., Negeri, I., & Bonjol, I. (2024). Kontribusi Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama Dalam Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. TIPS: Jurnal Riset, Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 81–87.