Modernisasi Pendidikan Islam Indonesia: Pengalaman Nahdlatul Ulama
Abstrak
Tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi menuntut adanya perubahan dalam sistem pendidikan, termasuk pendidikan Islam, agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. Modernisasi pendidikan Islam di Indonesia merupakan sebuah tantangan yang memerlukan keseimbangan antara pelestarian nilai-nilai tradisional Islam dan kebutuhan untuk merespons perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji peran Nahdlatul Ulama (NU) dalam proses modernisasi pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: identifikasi sumber, penelusuran sumber, pengumpulan dokumen. Sedangkan teknik analisis data mengikuti Winner dan Dominick dengan langkah-langkah: reduksi data, kategorisasi data, interpretasi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NU berhasil mempertahankan nilai-nilai keislaman tradisional dalam lembaga pendidikannya, sembari secara bertahap mengadopsi unsur-unsur modernisasi. Namun, tantangan tetap ada, terutama dalam hal resistensi dari beberapa kelompok konservatif dan keterbatasan akses terhadap teknologi di wilayah pedesaan. Dapat disimpulkan bahwa modernisasi pendidikan Islam oleh NU menawarkan model yang seimbang antara tradisi dan inovasi, yang relevan untuk dijadikan rujukan bagi institusi pendidikan Islam lainnya di Indonesia.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Azmar Hidayat, Khairul Fahmi, Khairul Anwar, Fauzi Ananda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

