Studi Analisis Komparasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia, Singapura, dan Jepang
Abstrak
Pendidikan karakter di Sekolah Dasar berperan penting untuk membentuk fondasi karakter dalam pendidikan formal. Pendidikan karakter di Sekolah Dasar saat ini belum maksimal menyebabkan terjadinya penyimpangan perilaku siswa. Memperbaiki pendidikan karakter perlu upaya yang serius, salah satunya dengan melakukan studi analisis perbandingan pendidikan karakter di kurikulum Sekolah Dasar Indonesia, Singapura, dan Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis implementasi dan dampak pendidikan karakter dalam kurikulum Sekolah Dasar Indonesia, Singapura, dan Jepang, (2) menganalisis persamaan dan perbedaan implementasi pendidikan karakter di Indonesia, Singapura, dan Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan kajian pustaka menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan analisis komparatif implemetasi pendidikan karakter di Sekolah Dasar Indonesia, Singapura, dan Jepang. Dalam kajian pustaka kami meneliti 60 artikel dari Scopus dan Google Scholar dari tahun 2015 sampai 2024 dan dokumen lain yang relevan dengan penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar pada setiap negara memiliki ciri khas dan cara yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik negaranya. Terdapat persamaan implementasi pendidikan karakter di Indonesia, Singapura, dan Jepang yaitu dengan menjadikan pendidikan karakter terintegrasi dalam kurikulum pembelajaran dan diajarkan melalui mata pelajaran, serta diimplementasikan melalui kegiatan pembiasaan atau budaya sekolah, sedangkan perbedaannya pada strategi implementasi yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Irmayati Irmayati, Hermansah Hermansah, Lukman Nulhakim, Atin Fatimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

