Peningkatan Kompetensi Menulis Resensi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)
Abstrak
Penelitian tidakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kompetensi menulis resensi peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Bantul tahun pelajaran 2019/2020 dan (2) Meningkatkan kompetensi menulis resensi peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA N 1 Bantul tahun pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020. Seting/lokasi penelitian adalah SMAN 1 Bantul Yogyakarta. Sedangkan waktu penelitian selama tiga bulan terhitung dari bulan Januari sampai dengan akhir Maret 2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan: (1) Proses pembelajaran dengan Model PBM yang terlaksana dalam dua siklus berjalan dengan baik sesuai sintak PBM dan dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran, meningkatkan kinerja peserta didik dalam pembelajaran, serta memperoleh tanggapan atau respons yang amat baik dari peserta didik; dan (2) Implementasi model pembelajaran PBM dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi menulis resensi peserta didik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Sutrisno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

