Peningkatan Kompetensi Menulis Resensi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)

  • Sutrisno Sutrisno SMA N 1 Bantul,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tidakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kompetensi  menulis resensi peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Bantul tahun pelajaran 2019/2020 dan (2) Meningkatkan kompetensi menulis resensi peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA N 1 Bantul tahun pelajaran 2019/2020 melalui model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Bantul Tahun Pelajaran 2019/2020. Seting/lokasi penelitian adalah SMAN 1 Bantul Yogyakarta. Sedangkan waktu penelitian selama tiga bulan terhitung dari bulan Januari  sampai dengan akhir Maret 2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan: (1) Proses pembelajaran dengan Model PBM yang terlaksana dalam dua siklus berjalan dengan baik sesuai sintak PBM dan dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran, meningkatkan kinerja peserta didik dalam pembelajaran, serta memperoleh tanggapan atau respons yang amat baik dari peserta didik; dan (2) Implementasi model pembelajaran PBM dalam pembelajaran dapat meningkatkan kompetensi menulis resensi peserta didik.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, kinerja guru, kinerja peserta didik, tanggapan peserta didik, kompetensi menulis resensi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Sutrisno, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Menulis Resensi melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 75-83. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.180
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 381 times
PDF downloaded: 962 times

Referensi

Chandrawati, Farida. (2015). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah sebagai uapaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas x e SMAN 1 Jogonalan Klaten. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Model-model pembelajaran sekolah menengah atas. Jakarta : Kemendikbud.

Fanani, B. (2016). Kalimat dan imajinasi. Yogyakarta: Araska,

Hidayati, Ratna. (2010). Dasar-dasar membaca, menulis, dan berhitung. Bandung: Angkasa.

Huda, Miftahul. (2019). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusmana, Suherli. (2014). Kreativitas menulis. Yogyakarta: Ombak.

Mulyadi, Eko. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 27-34. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.91.

Mursidi, N. (2016). Tips sukses meresensi buku di koran, Jakarta : Gramedia.

Musfah, Jejen. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Mmlalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana.

Permendikbud Nomor. 65 tentang Sandar Proses. (2013)

Rusman. (2018). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Depok: Rajawali Pers-Raja Grafindo Persada.

Samad, Daniel. (1997). Dasar-dasar meresensi buku, Jakarta : Grasindo.

Soebachman, Agustina. (2014). 4 hari mahir menulis artikel, cerpen, novel. Yogyakarta: Syura Media Utama.

Sugiyanta. (2015). Model-model pembelajaran efektif,bermakna dan menyenangkan”, bahan ajar diklat penguatan pedagodik. Tidak diterbitkan. LPMP Yogyakarta.

Sudjana. (2012). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherli dkk. (2017). Bahasa indonesai sma/ma/smk/mak kelas xi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang, Kemdikbud.

Sumiati. (2017). Peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) di SMAN 1 bantul tahun pelajaran 2016/2017, Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Suprihatiningkum, Jamil. (2014). Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi & kompetensi guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Prenada Media.

Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. (2020). Publikasi imliah penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Anom Pustaka.

Yunus, S.D. (2009). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.