Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 3 Doplang
Abstrak
Berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Negeri 3 Doplang bahwasanya pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar kurang kondusif dikarenakan beberapa faktor diantaranya, rendahnya motivasi yang dimiliki guru, penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif, serta penggunaan teknologi yang minim membuat suasana belajar monoton yang disebabkan kurangnya alat pembelajaran yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Doplang. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan data kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penyimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian yang telah disampaikan oleh kepala sekolah SMP Negeri 3 Doplang bahwa “peran kepala sekolah sebagai supervisi sangat penting, salah satunya kepala sekolah selalu mendorong dan memberikan semangat kepada para guru untuk mengikuti berbagai kegiatan, seperti seminar, pelatihan, workshop, dan juga kursus-kursus yang nantinya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bapak/ibu guru”. Dengan demikian, Sebagai pelaksana yang terlibat langsung dalam proses pendidikan, guru setidaknya dipengaruhi oleh dorongan, motivasi, pengawasan, dan arahan dari kepala sekolah. Penelitian diharapkan dapat memperluas ilmu pengetahuan tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Wulan Fatha Kuri Ain, Muhammad Wildan Shahib

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

