Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 3 Doplang

  • Wulan Fatha Kuri Ain Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Muhammad Wildan Shahib Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Negeri 3 Doplang bahwasanya pelaksanaan proses kegiatan belajar mengajar kurang kondusif dikarenakan beberapa faktor diantaranya, rendahnya motivasi yang dimiliki guru, penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif, serta penggunaan teknologi yang minim membuat suasana belajar monoton yang disebabkan kurangnya alat pembelajaran yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan terkait peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Doplang. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan data kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penyimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian yang telah disampaikan oleh kepala sekolah SMP Negeri 3 Doplang bahwa “peran kepala sekolah sebagai supervisi sangat penting, salah satunya kepala sekolah selalu mendorong dan memberikan semangat kepada para guru untuk mengikuti berbagai kegiatan, seperti seminar, pelatihan, workshop, dan juga kursus-kursus yang nantinya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bapak/ibu guru”. Dengan demikian, Sebagai pelaksana yang terlibat langsung dalam proses pendidikan, guru setidaknya dipengaruhi oleh dorongan, motivasi, pengawasan, dan arahan dari kepala sekolah. Penelitian diharapkan dapat memperluas ilmu pengetahuan tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.

Kata Kunci: peran, kepala sekolah, kompetensi, pedagogik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-21
Bagaimana cara mengutip:
Ain, W. F. K., & Shahib, M. W. (2025). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 3 Doplang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1357-1363. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1798
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 9 times
PDF downloaded: 4 times

Referensi

Abrar, A. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Peserta Didik Sd Integral Rahmatullah Tolitoli. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 12(1), 30-37. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.367

Aisy, R. (2020). Metodelogi Penelitian. Repository. Upi.Edu.

Apriadi, Y. (2024.). Persepsi Guru Tentang Gaya Kepemimpinan Demokrasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) 01 Pesisir Selatan. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1).

Artanti, A., Ramadhani, N. D., Rahmawati, S., & Rizqa, M. (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. (Vol. 8, Issue 2).

Azhar, S. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif (Perspektif Pendidikan Islam).

Azmi, U. (2022). Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru.

Darmasah, T. (2021.). Peran Pengawas Pendidikan Dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Mudabbir: Journal Research and Education Studies, 2(1). https://doi.org/10.56832/mudabbir.v2i1.179

Dr. Rkin, S. P. M. Si. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Fadhilah, N., Shohib, M. W., Margatama, P., & Nubail, A. (2024). School Leadership Transformation: Improving Teacher Performance through Strategic Decision-Making. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 10(01), 11-18.

Jaya, S., & Halik, A. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Musannif, 5(1), 33–48. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v5i1.87

Lisna, S., Munastiwi, E., Lisna, A., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 7–13. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1052

Mansur, R., Fitri Wiyono, D., Agama Islam, P., & Islam Malang, U. (2022). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 03 Jabung Malang. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Nanda, W. O. (2022). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi di unit pelaksana teknis daerah sekolah menengah pertama negeri. Journal Of Educational Administration And Leadership, 2, 317–320. https://doi.org/10.24036/jeal.v2i3

Rahmadhani, D., Yuliani, R. D., Arruan, A., & Mulawarman, W. G. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Penjasorkes: Studi Kasus Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Tenggarong. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 33–40. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3ise.2904

Rahmadi Ali, H. R. N. (2021). Peran Pengawas Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 10. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 247. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1134

Saifuddin, H., Priadana, B. W., & Ramadhan, N. (2021). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga di Bojonegoro. Physical Activity Journal, 3(1), 65. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4814

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.81

Shohib, M. W., & Othman, A. (2019). Teachers’ Appraisal Methods and Job Performance: Learning from an Islamic Boarding School in Indonesia. IIUM Journal of Educational Studies, 6(2), 17–30. https://doi.org/10.31436/ijes.v6i2.210

Shohib, M. W., Azani, M. Z., Inayati, N. L., Dartim, D., & Nubail, A. (2024). Islamic Perspective on Organizational Citizenship Behavior Among Academic Staff in Indonesian State Islamic Higher Education: Is It Effective?. Suhuf, 36(2). https://doi.org/10.23917/suhuf.v36i2.4702

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Chalim Journal of Teaching and Learning Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. 1, 159–168. https://doi.org/10.31538

Sulastri, S. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jounal of Education Research.

Sutikno, Y. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Maitreyawira, 3(1).

Syahyudi, A., Pahrudin, A., Hadiati, E., Ayu, S. M., & Junaidah, &. (2023.). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Quran Darul Fattah Bandar Lampung. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare

Wakidi, W., & Aristiati, F. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan. Attractive: Innovative Education Journal, 4(3). https://www.attractivejournal.com/index.php/aj/

Yufita, Y., Sihotang, H., & Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3993–4006. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1283

Zeke, K., Katuuk, D. A., Rotty, V. N., & Lengkong, J. S. J. (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 15-21.