Manajemen Kurikulum Kejuruan dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK Program Keahlian Perhotelan

  • Fardian Imam Muttaqin Universitas Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Bambang Sudarsono Universitas Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Suyatno Suyatno Universitas Ahmad Dahlan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan utama dalam pendidikan kejuruan adalah bagaimana memastikan kurikulum yang diterapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan sesuai dengan tuntutan industri. Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, tantangan utamanya adalah menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan industri perhotelan agar lulusan memiliki keterampilan yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum kejuruan dalam meningkatkan kompetensi siswa pada program keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan waka kurikulum, ketua program keahlian, guru, dan siswa, serta analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di sekolah ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Kurikulum dirancang melalui kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk memastikan relevansi materi dengan pasar kerja. Pelaksanaan pembelajaran berbasis praktik, seperti Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan sertifikasi kompetensi melalui LSP P1 bertujuan membekali siswa dengan keterampilan teknis dan soft skills. Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif untuk mengukur perkembangan siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan manajemen kurikulum berbasis kolaborasi dengan industri berkontribusi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten. Rekomendasi penelitian ini adalah meningkatkan kerja sama dengan industri perhotelan, terutama dalam aspek pemanfaatan teknologi informasi guna mendukung pembelajaran dan sertifikasi kompetensi siswa.

Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Kompetensi, Perhotelan, SMK

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-06-20
Bagaimana cara mengutip:
Muttaqin, F. I., Sudarsono, B., & Suyatno, S. (2025). Manajemen Kurikulum Kejuruan dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di SMK Program Keahlian Perhotelan . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1521-1528. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1792
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 43 times
PDF downloaded: 11 times

Referensi

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan I). CV Syakir Media Press.

Aini, Y. N., & Purba, Y. A. (2022). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja dan Program Link & Match pada Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Kelautan dan Perikanan. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 12(1), 23. https://doi.org/10.15578/jksekp.v12i1.10339

Astutik, I. L. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Uji Sertifikasi LSP P1 terhadap Peningkatan Kompetensi Peserta Didik melalui Model CIPP di SMK Negeri 2 Kota Kediri. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 173. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6834

BPS RI. (2024). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2024 (36/05/Th. XXVII). BPS RI.

Caswell, H. L., & Campbell, D. S. (1935). Curriculum Development. American Book Company.

Direktorat BSKPK Kemnaker RI. (2018). Tentang SKKNI [Government Website]. SKKNI. https://skkni.kemnaker.go.id/tentang-skkni/kelembagaan

Doll, R. C. (1992). Curriculum Improvement: Decision Making and Process. Allyn and Bacon.

Hapsari, N. D., & Hendrajaya, H. (2024). Strategi Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Jurusan Perhotelan SMK N 1 Kalasan Melalui Kegiatan Kokurikuler Di Edotel Kalasan. Media Bina Ilmiah, 18(11), 2925–2932. https://doi.org/10.33758/mbi.v18i11.832

Hidayati, A., Barr, F. D., & Sigit, K. N. (2021). Kesesuaian Kompetensi Lulusan SMK dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 284. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.39508

Hidayati, W., Syaefudin, M. P., & Umi Muslimah, M. P. (2021). Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). Semesta Aksara.

Ilham, D., & Suyatno, S. (2020). Pengembangan Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran di Pondok Pesantren. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 186–195. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.32867

Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566

Keputusan Kepala BSKAP Kemdikbudristek No 024 Tahun 2022 Tentang Konsentrasi Keahlian SMK/MAK Pada Kurikulum Merdeka (2022).

Noor, I. H. M., Sumantri, D., Irmawati, A., & Juanita, F. (2019). Revitalisasi SMK: dalam Meningkatkan Kompetensi dan Keterampilan Lulusan untuk Memanfaatkan SDA Lokal (Cetakan Pertama). Puslitbijdikbud Balitbang Kemdikbud.

Pratiwi-Kaprog Perhotelan, A. A. (2024, Oktober 20). Wawancara dengan Ketua Program Keahlian [Komunikasi pribadi].

Rizki-Guru Perhotelan, M. (2024, Oktober 20). Wawancara Guru Program Keahlian Perhotelan [Komunikasi pribadi].

Slamet, M. (2021). Manajemen Uji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) SMK Negeri 1 Kebumen. 4(2).

Spencer Jr., L. M., & Spencer, S. M. (1993). Competence at Work: Models for Superior Performance. John Wiley & Sons.

Sudarsono, B., Tentama, F., Ghozali, F. A., Mulasari, S. A., Sukesi, T. W., & Yuliansyah, H. (2023). Pelatihan Berbasis Industri sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Budaya Kerja Industri Siswa SMK Muhammadiyah 2 Tempel. 5(1), 232–239.

Sudira, P. (2012). Filosofi dan teori pendidikan vokasi dan kejuruan. UNY Press.

Sulistyanto, S., Mutohhari, F., Kurniawan, A., & Ratnawati, D. (2021). Kebutuhan Kompetensi Di Era Revolusi Industri 4.0: Review Perspektif Pendidikan Vokasional. Jurnal Taman Vokasi, 9(1), 25–35.

Wijaya, M. O., & Utami, E. D. (2021). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 801–810. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.1048

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama