Analisis Penerapan PJBL Berbasis STEM Terintegrasi Tri-N untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran IPA Siswa SD
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran IPA di salah satu SD di Yogyakarta yang hanya melakukan pemindahan konsep dari buku ke peserta didik dengan hafalan, pembelajaran hanya dilakukan dalam bentuk latihan soal untuk menghadapi ASPD dengan target nilai kelulusan yang tinggi tanpa memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya kreativitas peserta didik dalam menghasilkan suatu produk atau proyek pembelajaran IPA, untuk itu perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran yang dilakukan yaitu penerapan PJBL ((Project Based Learning) berbasis STEM terintegrasi Tri-N dalam meningkatkan kreativitas pada pembelajaran IPA pada siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas 6A SDN Bhayangkara yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL (Project Based Learning) berbasis STEM terintegrasi Tri-N dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembuatan proyek IPA dengan mengaitkan beberapa keterampilan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika. Selain mendorong kreativitas dan motivasi belajar, penerapan metode ini juga berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Mereka lebih terampil dalam menyelesaikan masalah, bekerja sama dalam tim, serta menghubungkan konsep IPA dengan kehidupan sehari-hari.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Fenindita Yunika Ningrum, Qomariah Binti Zulaihah, Banun Hafifah Cahyo Khosiyono, Ana Fitrotun Nisa, Berliana Heru Cahyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












