Analisis Penerapan PJBL Berbasis STEM Terintegrasi Tri-N untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran IPA Siswa SD

  • Fenindita Yunika Ningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta,  Indonesia
  • Qomariah Binti Zulaihah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta,  Indonesia
  • Banun Hafifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta,  Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta,  Indonesia
  • Berliana Heru Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran IPA di salah satu SD di Yogyakarta yang hanya melakukan pemindahan konsep dari buku ke peserta didik dengan hafalan, pembelajaran hanya dilakukan dalam bentuk latihan soal untuk menghadapi ASPD dengan target nilai kelulusan yang tinggi tanpa memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya kreativitas peserta didik dalam menghasilkan suatu produk atau proyek pembelajaran IPA, untuk itu perlu dilakukan tindakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran yang dilakukan yaitu penerapan PJBL ((Project Based Learning) berbasis STEM terintegrasi Tri-N dalam meningkatkan kreativitas pada pembelajaran IPA pada siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari guru dan siswa kelas 6A SDN Bhayangkara yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL (Project Based Learning) berbasis STEM terintegrasi Tri-N dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembuatan proyek IPA dengan mengaitkan beberapa keterampilan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika. Selain mendorong kreativitas dan motivasi belajar, penerapan metode ini juga berkontribusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif siswa. Mereka lebih terampil dalam menyelesaikan masalah, bekerja sama dalam tim, serta menghubungkan konsep IPA dengan kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: Kreativitas, PJBL, STEM, Tri-N

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-07-18
Bagaimana cara mengutip:
Ningrum, F. Y., Zulaihah, Q. B., Khosiyono, B. H. C., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2025). Analisis Penerapan PJBL Berbasis STEM Terintegrasi Tri-N untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran IPA Siswa SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1569-1576. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1791
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 176 times
PDF downloaded: 58 times

Referensi

Ambarsari, D., & Nisa, A. F. (2023). Ajaran TRI N Terintegrasi STEM Pada Projek Floating House Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. 08(03), 5537–5547. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11469

Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., Januarsi, Y., Wiratmo, P. A., Dasman, S., Mulyani, S., Agit, A., Shoffa, S., & Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.

Esti Utami, S. R. (2024). Penerapan ProjectT Based Learning Terintegrasi Ajaran Tri N Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 09, 2090–2103. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.12390

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (1994). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/3250/2264

Ningsih, F. D., Nisa, A. F., & Bariyah, I. Q. (2024). TPACK Terintegrasi Tri N Berbantuan Media Poster Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 589–597.

Nuraini. (2020). Upaya meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran ipa berbasis stem. Jurnal Wuny Ilmiah, September(September), 20–27.

Silaen, R., Aritonang, M. L., Hasugian, F. F., Lahagu, H. M., & Sihombing, M. A. B. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. 2(4), 52–58. https://journal.aripi.or.id/index.php/Yudistira

Singgih, S., & Dewantari, N. (2020). STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4. 0. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 3(1), 299–304. https://jom.untidar.ac.id/index.php/ijnse/article/view/873

Sunarsih, S., Nisa, A. F., Mulyani, M., & Muhtar, M. (2023). Implementasi Ajaran Tri N Terintegrasi Model Problem-Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 Sd. Js (Jurnal Sekolah), 7(3), 446. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45418

Suyanto, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Berkolaborasi, dan Kreativitas pada Matriks melalui Kriptografi Menggunakan PjBL-STEM. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 216–225. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.503

Wiratna, M. ., Sulistyowati, E., Hestuaji, Y., & Zulfiati, H. M. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kreatif Melalui PJBL Terintegrasi dengan Ajaran Tamansiswa TRI N Berbantuan Canva. 09(01), 2645–2658. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/11919

Zubaidah, S. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21 [STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Learning to Empower 21st Century Skills]. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.