Peningkatan Prestasi Belajar Distribusi Normal melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

  • Muchayat Muchayat SMA Negeri 1 Bantul,  Indonesia

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar materi distribusi normal peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Bantul Tahun Ajaran 2019/2020 yang memberlakukan pelayanan Sistem Kredit Semester (SKS). Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari–Maret tahun 2019 dengan subyek siswa kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Bantul, Bantul. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus melalui tahapan: perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Mekanisme pengumpulan data penelitian menggunakan lembar pengamatan untuk mengetahui efektivitas dan keberhasilan kegiatan pembelajaran sedangkan tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar peserta didik. Setelah data terkumpul dianalisis untuk mengetahui keberhasilan Peneltian Tindakan Kelas. Penelitian ini berhasil bila memenuhi indikator yaitu: 1) ketuntasan kelas  dan nilai rerata kelas ; 2) nilai kinerja guru berkategori amat baik. Penelitian Tindakan Kelas ini memberikan hasil bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw dapat: 1) meningkatkan keberhasilan dan efektifitas guru dalam pembelajaran  ditunjukkan adanya peningkatan nilai dari 71,4 (baik) menjadi 92,9 (amat baik); 2) meningkatkan ketuntasan dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan ketuntasan kelas dari 78,78% menjadi 93,93%. dan pencapaian nilai rata-rata dari 81,09 menjadi 91,15.

Kata Kunci: prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, jigsaw

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Muchayat, M. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Distribusi Normal melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 67-74. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.177
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 418 times
PDF downloaded: 385 times

Referensi

Aronson E, Baney N,Sikes J, Shephan C & Snapp M. (1978). https://www.jigsaw.org. Diambil kembali dari https://www.jigsaw.org/#history

Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. b. (2010). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Doso, A. w. (2020). Publikasi Ilmiah. Yogyakarta: Anom Pustaka.

Handayani, E. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Peta Konsep pada Materi Persamaan Kuadrat di Tinjau dari Sikap Ilmiah Peserta didik Kelas X SMAN 2 Bae Kudus. Jurnal Pendidikan Matematika, IAIN Kudus.

Nasution, S. (1999). Dikdaktik azaz Kurikulum. Bandung: Zemmars tt.

Nasution, S. (2008). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Poerwadarminta. (1985). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rahayu, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Metode Jigsaw dan Team Game Tournament. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 54-62. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/25

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sharon E Smaldino, Deborah L Lowther dan James D Russell. (2014). Instructional Technology and Media For Leaning. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning Theory, Research, and Practise. USA: The Jhon Hopkins University.

Supartinah, A. (2018). Penerapan Discovery dengan metode Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan pemecahan Masalah Fluida Dinamis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 1-9. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/50