Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Integrasi Kearifan Lokal dalam Proses Pembelajaran

  • Rida Jubaedah Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Dini Anggraeni Dewi Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tuti Istianti Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Salah satu langkah strategis dalam penguatan karakter adalah mengintegrasikan kearifan lokal ke dalam proses pembelajaran. Kearifan lokal mencerminkan nilai-nilai luhur seperti gotong royong, toleransi, dan cinta lingkungan yang telah menjadi pedoman masyarakat. Pendekatan ini diharapkan mampu mencetak generasi muda yang tidak hanya unggul dalam pengetahuan, tetapi juga memiliki karakter kuat yang berakar pada budaya bangsa. Dengan demikian, pendidikan berbasis kearifan lokal dapat menjadi jembatan untuk mengharmonisasikan tradisi dengan modernisasi di era globalisasi. Penelitian ini memanfaatkan metode studi literatur (literature review) sebagai langkah awal dalam merancang penelitian. Studi literatur dilakukan dengan mencari dan menganalisis berbagai sumber, seperti buku, artikel jurnal, dan publikasi lain yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal, seperti gotong royong, kejujuran, sopan santun, dan toleransi, menjadi strategi utama untuk menjaga identitas budaya di tengah arus globalisasi. Integrasi nilai-nilai ini dilakukan melalui kurikulum, metode pembelajaran berbasis pengalaman, dan kegiatan ekstrakurikuler yang relevan dengan kehidupan siswa.

Kata Kunci: Penguatan Karakter, Integrasi, Kearifan Lokal

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-11
Bagaimana cara mengutip:
Jubaedah, R., Dewi, D. A., & Istianti, T. (2025). Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Integrasi Kearifan Lokal dalam Proses Pembelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1286-1291. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1765
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 11 times
PDF downloaded: 6 times

Referensi

Afdhal, A., Manuputty, F., Litaay, S. C. H., & Makaruku, N. D. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Maluku Dalam Hidden Curriculum: Strategi Membangun Perdamaian Dan Toleransi Di Sekolah Dasar. Journal Of Education Research, 5(4), 5071-5083.

Allolinggi, L. R., Tangkearung, S. S., Pasauran, S. A., Alexander, F., & Allo, M. R. (2024). Strategi Guru Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4), 4596-4605.

Andini, D. R., & Sirozi, M. (2024). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Perencanaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp), 4(3), 465-471.

Annisha, D. (2024). Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Proses Pembelajaran Pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2108-2115.

Astiti, N. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Sekolah Dasar Negeri 1 Semarapura Klod Melalui Pendikar Si Buling Berbasis Kearifan Lokal. Indonesian Journal Of Educational Development (Ijed), 2(1), 138-147.

Barokad, B., & Sunarto, S. (2021). Manajemen Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Dalam Konteks Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 104-116.

Hartiwisidi, N., Damayanti, E., Musdalifah, M., Rahman, U., & Suarga, S. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Mandar Metabe’dan Mepuang Di Sdn 001 Campalagian. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 150-162.

Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160.

Kurniawan, V., & Tinus, A. (2019). Pelestarian Nilai Gotong-Royong Melalui Kelompok Seni Kuda Lumping. Jurnal Civic Hukum, 4(2), 174-182.

Kusuma, Y. Y., Sumianto, S., & Aprinawati, I. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter Dalam Kearifan Lokal Pada Perspektif Pendidikan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 2936-2941.

Naratiba, R., & Fatmasari, R. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Budaya Melayu Riau Di Sd Negeri 183 Pekanbaru. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(2), 208-216.

Nurfitrianingsih, N., & Mulyati, S. (2024). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Local Melalui Pembelajaran Sd. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan Dasar, 1(1), 1-8.

Marzali, A. (2016). Menulis Kajian Literatur. Jurnal Etnosia, 1(2), 27–36.

Masruroh, M., Pambudi, M. R., Aris, A. P., Ninasafitri, N., & Permana, A. P. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 52-57.

Miranti, A., Lilik, L., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan Sebagai Muatan Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 546-560.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Nilai-Nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163-179.

Mulianah, B. (2024). Moderation Of Religion In The Identity Of The Sasak Community: Islamic Education Perspective. Schemata: Jurnal Pascasarjana Uin Mataram, 13(1), 1-14.

Muyassaroh, I., Amiroh, A., Maryadi, M., & Masruroh, N. (2024). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Sains Di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3).

Prabandari, A. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(1), 68-71.

Prasetyo, O., & Kumalasari, D. (2021). Nilai-Nilai Tradisi Peusijuek Sebagai Pembelajaran Sejarah Berbasis Kearifan Lokal: Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 359-365.

Pratama, A., Wirman, W., & Ryandi, R. (2023). Korelasi Kearifan Lokal Dengan Kepercayaan Lokal Terhadap Tolak Bala Di Paluta. Yasin, 3(6), 1358-1369.

Pratiwi, W. O., Sunyono, Fatkhur Rohman, & Firdaus, R. (2024). Unveiling The Needs For Ethnoscience-Based E-Worksheets To Enhance The Nature Of Science And Environmental Awareness Of Elementary School Students. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 7(1), 118–136. Http://Www.Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Ijsme/Article/View/21099

Prayunisa, F., & Marzuki, A. D. (2023). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Ipa Terpadu Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Smp. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 1132-1139.

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156.

Shaula, D. F., & Hasyim, N. (2017). Menanamkan Konsep Tata Krama Pada Anak Melalui Perancangan Game Edukasi. Jurnal Informatika Upgris, 3(1).

Sirjon, S., Reba, Y. A., Muttaqin, M. Z., & Prasetya, Y. Y. (2024). Cultural Adventure Games : Exploring Natural Science Through Local Wisdom. Research Square, 5(1), 1–21,

Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 1-12.

Wiediharto, V. T., Ruja, I. N., & Purnomo, A. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Suran. Diakronika, 20(1), 13-20.