Integrasi Nilai Catur Piwulang dalam Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Mengembangkan Sikap Altruis Siswa SMA

  • Alivia Eka Arianti Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • IM Hambali Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Diniy Hidayatur Rahman Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Masalah sosial siswa dengan teman sebaya sering kali disebabkan oleh kurangnya sikap altruis, seperti meningkatnya perilaku egois, kurangnya kepedulian terhadap sesama, dan melemahnya solidaritas antar siswa. Hal ini dapat memicu konflik sosial seperti bullying, intoleransi, dan kekerasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai Catur Piwulang Sunan Drajat dalam layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama sebagai upaya mengembangkan sikap altruis siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur dengan yaitu mengkaji buku-buku, jurnal, dan literatur lainnya. Selanjutnya data terkait dikumpulkan, dicatat, dan dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Catur Piwulang sangat berkaitan erat dengan sikap altruis. Integrasi niai Catur Piwulang dalam layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama  mampu mengembangkan sikap altruis siswa dengan orang lain. Melalui penggunaan teknik sosiodrama juga dapat merefleksikan nilai-nilai tersebut melalui simulasi peran dan interaksi langsung, sehingga mempermudah internalisasi sikap altruis.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi guru BK atau konselor dalam mengembangkan program bimbingan kelompok yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan siswa, dan selaras dengan nilai-nilai kearifan lokal budaya Indoensia seperti Catur Piwulang. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat memberikan kontribusi dalam memperkuat pendidikan karakter berbasis budaya lokal untuk mendukung pembentukan generasi muda yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi.

Kata Kunci: Catur Piwulang, Bimbingan Kelompok, Teknik Sosiodrama, Sikap Altruis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-03-01
Bagaimana cara mengutip:
Arianti, A. E., Hambali, I., & Rahman, D. H. (2025). Integrasi Nilai Catur Piwulang dalam Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Mengembangkan Sikap Altruis Siswa SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1152-1158. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1762
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 448 times
PDF downloaded: 186 times

Referensi

Amalia, R., & Fajrotuz Zahro, I. (2022). Bimbingan Kelompok Sosiodrama untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas X OTKP SMKN Ngraho Bojonegoro. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 58–71. https://doi.org/10.53915/jbki.v2i1.156

Arini, M. D., & Masykur, A. M. (2020). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Altruisme Pada Siswa Kelas VIII SMP Eka Sakti Semarang. Jurnal EMPATI, 9(5), 356–362. https://doi.org/10.14710/empati.2020.29253

Atamsari, A., Basrudin, A., & Junaidin. (2022). Hubungan Altruisme Dengan Authentic Happiness Pada Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 4129–4133.

Atika, N., Yendi, F. M., Karneli, Y., & Zahri, T. N. (2024). Gambaran Perilaku Altruistik Siswa SMK dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Counseling & Humanities Review, 4(1), 8–16.

Ayu Dewanti, D. (2019). Studi Deskriptif Perilaku Altruisme Berdasarkan Tipe Kepribadian Pada Peserta Didik SMP Negeri 2 Berbah. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1–18.

Büssing, A., Kerksieck, P., Günther, A., & Baumann, K. (2013). Altruism in adolescents and young adults: Validation of an instrument to measure generative altruism with structural equation modeling. International Journal of Children’s Spirituality, 18(4), 335–350. https://doi.org/10.1080/1364436X.2013.849661

G. Myers, David. (2012). Psikologi Sosial Edisi 10, Buku 2. Jakarta Selatan: Salemba Humanika

H Hasrian, H. H., & Khairul Rahmat, H. (2024). Gambaran Tingkat Perilaku Altruistik pada Siswa Kelas XI: Studi pada Sebuah Madrasah Aliyah Negeri. Contiguity: Jurnal Psikologi, 20(2), 1–9. https://doi.org/10.37817/jurnalcontiguity.v20i2.3839

Hapsyah, D. R. (2019). Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Prasangka Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 2019.

Hardani, Helmina, A., Jumari, U., Evi Fatmi, U., & Ria Rahmatul, Istiqomah, R. A. F. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In CV. Pustaka Ilmu Group (Issue March).

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.

Hidayat, A. (2023). Internalisasi Nilai Kearifan Lokal dalam Keilmuan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(2), 209–221. https://doi.org/10.30653/001.202372.268

Lina, L., Hidayah, N., & Setiyowati, A. J. (2023). Analisis Sikap Altruis Mahasiswa Perantau Kalimantan Utara di Jawa Timur. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 937–949. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i4.666

Marjohan, Y. T. dan. (2022). Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 3(3), 96–100.

Mawadah, Z., & Mulawarman, M. (2020). Keefektifan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan untuk Meningkatkan Perilaku Altruis Siswa. Counsensia, 1(1), 61–71. https://doi.org/https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1450

Nasution, M. N. (2021). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membiasakan Perilaku Altruisme Siswa MTs EX-PGA Proyek Univa Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). In Ghalia Indonesia.

Rahmawati, S. W. (2019). Peran Iklim Sekolah Islami terhadap Altruisme pada SMA IT Nurul Fikri Depok Jawa Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 71–96.

Rizky, A. Z. A., Rini, A. P., & Pratitis, N. (2021). Korelasi Empati dan Perilaku Altruisme pada Mahasiswa. Sukma : Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1), 20–31.

Rofiq, A., & Rozaq, A. (2023). Pesan Dakwah Sunan Drajat dalam Wejangan Catur Piwulang (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). AN-NASHIHA : Journal of Broadcasting and Islamic Commtion, 03(02), 48–55. https://doi.org/10.55352/an-nashiha.v3i2.740

Rohmawati, N., & Meiludin, M. (2020). Aspek Semiotik Dan Nilai Budaya Pada Situs Sunan Drajat Dan Sunan Sendang Duwur Di Kabupaten Lamongan. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–14.

Sanjaya, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal melalui Teknik Sosiodrama Di SMK 2 Piri Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 213–222.

Susanti, D., & Ifdil, I. (2023). Hubungan Empati dengan Altruisme Mahasiswa. Journal IICET, 4(1), 60–64.

Winkel, W. S. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo

Yulitri, R., Ardimen, Hardi, E., & Gustina. (2020). Profil Perilaku Altruistik Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 39–46. https://doi.org/10.21067/jki.v5i2.4363

Yuniar, N., Lasan, B. B., & Soejanto, L. T. (2019). Hubungan Antara Altruisme Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Interaksi Sosial Teman Sebaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 432–435.