Analisis Implementasi Video Animasi Cerita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia

  • Nurul Choirina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Berliana Henu Cahyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Motivasi belajar sangat dibutuhkan dalam rangka mendapatkan hasil belajar yang optimal. Siswa dengan motivasi rendah akan malas dan tidak tertarik dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi di kelas peneliti. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis implementasi video animasi cerita untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar pada kelas IV SD Negeri 2 Sedayu tahun pelajaran 2024/2025 pada pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Observasi dan wawancara adalah teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sedayu tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia meningkat dengan implementasi video animasi cerita. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil observasi dan respon perasaan pada hasil wawancara. Diharapkan, implementasi video animasi cerita dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia selanjutnya. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah pengoptimalan kemampuan bertanya siswa melalui implementasi video animasi cerita.

Kata Kunci: bahasa Indonesia, motivasi belajar, siswa SD, video animasi cerita

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2025-03-14
Bagaimana cara mengutip:
Choirina, N., Khosiyono, B. H. C., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2025). Analisis Implementasi Video Animasi Cerita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1221-1227. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1751
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 130 times
PDF downloaded: 54 times

Referensi

Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721.

Anggini, A. D., & Indriani, N. M. S. (2022). Media Pembelajaran Youtube Channel Riri Cerita Anak Interaktif Untuk Pembelajaran Cerita Fantasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 479–492.

Choirina, N. (2011). Hubungan Motivasi Belajar dan Bimbingan Belajar Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD se-gugus 1 Kecamatan Sewon2010/2011.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Fitrianisah, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Video Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar (Penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). FKIP UNPAS.

Gunansyah, G. (2022). Pengembangan Media Video Cerita Animasi Berbasis Inshot Materi Kebersamaan Dalam Keberagaman Saat Pembelajaran Daring Untuk Siswa Kelas 4 Sd. Universitas Negeri Surabaya. JPGSD, 10, 1160–1170.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Harmanto, B. (2015). Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ

Muslih, A. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik dengan Akselerasi Tahfidzul Quran. RIZMEDIA PUSTAKA INDONESIA. https://books.google.co.id/books?id=rbDNEAAAQBAJ

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sardiman. (1986). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (18th ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166.

Sari, M. P., & Iba, K. (2023). Analisis Perbedaan Penggunaan Media Video Animasi dengan Buku Cerita Bergambar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Dongeng Pada Siswa Kelas IV. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 111–118.

Sianipar, H. H., Sihombing, S., Hasibuan, R., & Sijabat, O. P. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 122345 Pematang Siantar. Jurnal Diversita, 9(1), 59–67.

Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121–141.

Ujang Jamaludin, Reksa Adya Pribadi, & Arrasyidi, L. A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2640–2650. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.941

Ulandari, K. S. S., Dibia, I. K., & Sudana, D. N. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2).