Becoming a Financially Smart Generation: Strategies for Improving Financial Literacy in Senior High Schools in Surakarta City
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru ekonomi dalam meningkatkan literasi keuangan siswa, serta mengidentifikasi tantangan, kendala, dan strategi yang diterapkan sekolah. Subjek penelitian meliputi siswa IPS kelas X, guru ekonomi, dan tenaga kurikulum. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan bantuan NVivo 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam peningkatan literasi keuangan melalui pembelajaran, motivasi, dan pelatihan. Namun, tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu, kurangnya minat siswa, serta ketidakhadiran kurikulum khusus literasi keuangan. Sekolah juga melaksanakan strategi seperti kerjasama dengan Bank Danamon, seminar, workshop, dan program P5 Kewirausahaan untuk mendukung literasi keuangan. Disarankan agar sekolah memperkuat program literasi keuangan guna mencetak siswa yang cerdas finansial.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Rica Nurjanah, Dhany Efita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

