Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Pengenalan Kearifan Lokal Masyarakat Amfoang dalam Pembelajaran PKN

  • Nikson Kollo Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Suyono Suyono Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Ade Eka Anggraini Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan identitas nasional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendalami penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui pengenalan kearifan lokal masyarakat Amfoang dalam pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi utama, sementara kearifan lokal masyarakat Amfoang mencakup nilai-nilai seperti menyuguhkan sirih pinang dan tembakau, penggunaan selimut adat, pengambilan madu, dan tradisi undangan lisan. Terdapat relevansi yang signifikan antara nilai-nilai kearifan lokal Amfoang dengan profil pelajar Pancasila, terutama dalam aspek hubungan manusia dengan Tuhan. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila, memperkuat identitas budaya, dan membentuk karakter siswa yang inklusif dan multikultural. Penelitian ini memberikan panduan bagi pengajar dan pengambil kebijakan pendidikan dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan realitas lokal untuk meningkatkan efektivitas pendidikan kewarganegaraan di Indonesia.

Kata Kunci: profil pelajar pancasila, kearifan lokal, amfoang

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-03-01
Bagaimana cara mengutip:
Kollo, N., Suyono, S., & Anggraini, A. E. (2025). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Pengenalan Kearifan Lokal Masyarakat Amfoang dalam Pembelajaran PKN. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1135-1142. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1728
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 309 times
PDF downloaded: 189 times

Referensi

Andriyani, Y., Furnamasari, Y. F., & Umar. (2023). Analisis Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PPKN Melalui Pengenalan Kearifan Lokal. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(4), 233–246. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2068

Darmansyah, A., & Atika, S. (2022). Kearifan Lokal Masyarakat Serawai dalam Tradisi Nujuh Likur : Relevansi Nilai-nilai Moral untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, 3(2), 127–141. https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.427

Harahap, R. (2023). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3).

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 1224–1238.

Istiningsih, G., Dharma, D., & Sobat Ady. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447

Jamaludin. (2022). Pendekatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Penguatan Karakter. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2519–2524. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1102

Juwandi, R., Nurmahdiah, E., Fakhrudin, F., Ihsani, L., Nurachman, H., Sultan Ageng Tirtayasa, U., & Negeri, S. (2023). Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pengembangan Nasionalisme Peserta Didik di Sekolah. SIMPATI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 201–212. https://doi.org/10.59024/simpati.v1i4.475

Kahfi, A., & Binamadani, S. (2019). Implementation Of Pancasila Student Profile and Implications For Student Character At School.

Lieung, K. W., & Rahayu, D. P. (2022). MANTING sebagai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4806

Romadhonna, D., Satriyani, P., & Segara, N. B. (2022). Relevansi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Batik Gedog Untuk Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan IPS di Kabupaten Tuban. SOSEARCH: Social Science Educational Research, 3(1), 33–46.

Santika, I. W. E. (2022). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila (Vol. 4).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Susanti Indriani, S., Yuni Lestari, R., & Juwandi, R. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Profil Peserta Didik Sebagai Pelajar Pancasila di SMPN 1 Kota Serang. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 3. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Tuzzahra, M. R., & Romelah, S. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5). https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.327

Wuwur, E. S. P. O., Kuswandi, D., & Awaliyah, S. (2023). Internalisasi Kearifan Lokal Leva Nuang Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta

Yuliatin, Sawaludin, & Haslan, M. (2021). Kearifan Lokal Suku Samawa yang dapat Diintegrasikan dalam Pembelajaran PPKn SMP. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 9(2), 7–14.

Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9-19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Waliyuddin, D. S., & Sulisworo, D. (2022). Tes Instrumen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Literasi Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 47-52. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.310