Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Pengenalan Kearifan Lokal Masyarakat Amfoang dalam Pembelajaran PKN
Abstrak
Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan identitas nasional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendalami penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui pengenalan kearifan lokal masyarakat Amfoang dalam pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi utama, sementara kearifan lokal masyarakat Amfoang mencakup nilai-nilai seperti menyuguhkan sirih pinang dan tembakau, penggunaan selimut adat, pengambilan madu, dan tradisi undangan lisan. Terdapat relevansi yang signifikan antara nilai-nilai kearifan lokal Amfoang dengan profil pelajar Pancasila, terutama dalam aspek hubungan manusia dengan Tuhan. Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila, memperkuat identitas budaya, dan membentuk karakter siswa yang inklusif dan multikultural. Penelitian ini memberikan panduan bagi pengajar dan pengambil kebijakan pendidikan dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan realitas lokal untuk meningkatkan efektivitas pendidikan kewarganegaraan di Indonesia.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Nikson Kollo, Suyono Suyono, Ade Eka Anggraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

