Strategi Structured Learning Approach (SLA) dalam Bimbingan Kelompok untuk Membentuk Self Awareness
Abstrak
Self awareness atau kesadaran diri merupakan kemampuan mengamati diri, mengenali perasaan dan memahami hubungan antara pikiran, perasaan dan bagaimana pengaruhnya, mengetahui apakah pikiran atau perasaan mempengaruhi keputusan, mengenali kekuatan-kelemahan diri dan mampu melihat diri secara positif dan realistis. Self awareness merupakan unsur yang penting dalam perkembangan pribadi peserta didik sebab berpengaruh terhadap pola pikir dan tingkah laku. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji layanan bimbingan kelompok dengan strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk membentuk self awareness. Metode dalam penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR). Hasil kajian literatur yang ditemukan sebanyak 30 karya ilmiah namun terdapat 10 artikel yang relevan dengan penelitian. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan bimbingan kelompok menggunakan strategi Structured Learning Approach (SLA) diprediksi dapat membantu dalam membentuk self awareness peserta didik. Penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan ilmiah dalam pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan strategi Structured Learning Approach (SLA) untuk membentuk self awareness peserta didik. Penelitian ini dapat juga digunakan sebagai landasan teoritik penelitian selanjutnya. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengkajian artikel, disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dapat meningkatkan self awareness . Penelitian ini juga perlu adanya penelitian lanjutan untuk menguji apakah terdapat pengaruh dari strategi Structured Learning Approach (SLA) dalam bimbingan kelompok untuk membentuk self awareness peserta didik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Eko Yudi Susilo, IM Hambali, Muslihati Muslihati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

