Strategi Bimbingan Klasikal Teknik Sinema Edukasi Topeng Malangan untuk Memperkuat Sikap Asertif Siswa SMP

  • Ista Yuliarti Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Arbin Janu Setiyowati Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia
  • Fitri Wahyuni Universitas Negeri Malang, Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Perilaku asertif diartikan sebagai tindakan seseorang yang dengan jujur dapat menyampaikan perasaan atau emosinya melalui cara ekspresi yang diinginkannya. Perilaku asertif merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan, terutama bagi individu yang sedang menjalani pendidikan selayaknya siswa SMP. Salah satu ciri anak usia sekolah menengah pertama (SMP) adalah memiliki emosi yang cenderung belum stabil, sehingga mereka mudah dipengaruhi oleh teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian literatur terhadap layanan bimbingan klasial dan teknik sinema edukasi untuk memperkuat sikap asertif siswa. Penelitian ini berjenis penelitian SLR/Systematic literature review. Hasil kajian ditemukan sejumlah 11 artikel, dengan jabaran 5 artikel membahas mengenai layanan bimbingan klasikal untuk perilaku asertif, 2 artikel yang membahas mengenai teknik sinema edukasi untuk perilaku asertif, dan 4 artikel yang membahas nilai-nilai topeng malangan yang dapat diterapkan untuk perilaku asertif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai-nilai dalam tarian Topeng Malangan dapat membangun individu dalam melatih kejujuran, keberanian, empati, sopan santun, tanggung jawab, dan percaya diri. Keseluruhan nilai yang terdapat pada tarian Topeng Malangan selaras dengan nilai-nilai yang terdapat pada sikap asertif yang memungkinkan terciptanya layanan bimbingan klasikal teknik sinema edukasi topeng Malangan untuk memperkuat sikap asertif. Temuan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar teoritik pada penelitian selanjutnya, karena penelitian lanjutan berbasis data masih sangat diperlukan untuk membuktikan apakah ada pengaruh terhadap perilaku asertif siswa ketika diterapkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik sinema edukasi topeng Malangan.

Kata Kunci: Bimbingan klasikal, Sinema edukasi, Tari topeng Malangan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-11
Bagaimana cara mengutip:
Yuliarti, I., Setiyowati, A. J., & Wahyuni, F. (2025). Strategi Bimbingan Klasikal Teknik Sinema Edukasi Topeng Malangan untuk Memperkuat Sikap Asertif Siswa SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1278-1285. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1718
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 10 times
PDF downloaded: 5 times

Referensi

Anggrian, R. (Riki), Radjah, C. L. (Carolina), & Hambali, I. (Im). (2021). Media Sinema Komedi untuk Meningkatkan Sikap Respek Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 477895. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V6I5.14850

Arinda Putri, C., Tagela, U., Windrawanto, Y., Kristen Satya Wacana Salatiga, U., kunci, K., Perkembangan Siswa, T., & Dasar, L. (2022). Studi Tentang Tugas Perkembangan Siswa dalam Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Bringin Kabupaten Semarang. Jurnal Wahana Konseling, 5(2), 115–124. https://doi.org/10.31851/JUANG.V5I2.7912

Aryani, E., Nurbaiti, A. T., Hadi, A., & Rahmawati, E. (2024). Assertive Training Untuk Meningkatkan Self-Confidence Dalam Keputusan Karier Pada Peserta Didik SMK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 5237–5246. https://doi.org/10.31764/JMM.V8I5.26608

Budiarti, E., & Aina, R. E. (2022). Pola Pelaksanaan Bimbingan Klasikal Secara Cyber Menggunakan Media Podcast Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Uin Antasari Banjarmasin Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 29–39. https://doi.org/10.31602/JMBKAN.V8I2.7092

Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori dalam Pelaksanan Bimbingan dan Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30–44. https://doi.org/10.31851/JUANG.V1I2.2098

Dzata, S., Rofiq, A. A., & Zu’ma, A. R. (2023). Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo. Guiding World (Bimbingan Dan Konseling), 6(2), 183–191. https://doi.org/10.33627/GW.V6I2.1385

Fausta, T. E., Muslihati, M., & Indreswari, H. (2024a). Bimbingan Kelompok Bermuatan Nilai Kakawin Sutasoma untuk Mengelola Sikap Kebinekaan Global. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1289–1296. https://doi.org/10.51169/IDEGURU.V9I3.941

Fausta, T. E., Muslihati, M., & Indreswari, H. (2024b). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Bermuatan Nilai Kakawin Sutasoma untuk Mengelola Kebhinekaan Global Siswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 6(3). https://doi.org/10.51214/002024061118000

Hidayah, N. (Nur). (2014). Keefektifan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa MTs Negeri Malang I. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 21(2), 165–172. https://www.neliti.com/publications/119184/

Hidayat, R. (2014). Transformasi Nilai Lokal Yang Diekspresikan Wayang Topeng Malang Sebagai Sumber Pendidikan Karakter. Imaji: Jurnal Seni Dan Pendidikan Seni, 12(2). https://doi.org/10.21831/IMAJI.V12I2.3151

Irani, L. C., Handarini, D. M., & Fauzan, L. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Mengelola Emosi sebagai Upaya Preventif Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 22–32. https://doi.org/10.17977/um001v3i12018p022

Khoiriya, R. M., Oktarianto, M. L., & Rahayuningtyas, W. (2024). Pelatihan Proyek Sinema untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa SD melalui Project Based Learning (PjBL) dan Bedah Film. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 62–73. https://doi.org/10.31004/JH.V4I6.1653

Kusuma, M. A. Q. M., & Pratiwi, T. I. (2020). Bermain peran untuk mengurangi perilaku bullying. Jurnal BK UNESA, 610–619. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/34441

Lianawati, A., Pravesti, C., Sutijono, S., Hartanti, J., Jayanti, N. I., & Isnaeni, N. V. (2021). Implementasi Teknik Latihan Asertif bagi Aktualisasi Diri Konselor. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 88–96. https://doi.org/10.53299/BAJPM.V1I2.79

Mahfud, M. H., & Wahyudi, D. Y. (2023). Nilai-nilai kearifan lokal wayang topeng malangan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 3(2), 225–233. https://doi.org/10.17977/UM081V3I22023P225-233

Mukholladun, W., Rahmawati, W. K., Ulwiyah, I., & Kurniawan, M. U. (2024). Efektifitas Teknik Cinema Education Untuk Meningkatkan Sikap Asertif Mahasantri di Pondok Pesantren Ibnu Katsir 2 Jember. PANDALUNGAN : Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling Dan Multikultural, 2(1), 89–97. https://doi.org/10.31537/PANDALUNGAN.V2I1.1641

Mulati, Y., Purwandari, E., Owida, N. M. I., & Putra, R. S. S. (2022). “Curhat Yuk! Jangan Pendam Masalahmu”: Layanan Konsultasi Online untuk Membantu Problematika Seputar Masalah Remaja. Warta LPM, 523–535. https://doi.org/10.23917/WARTA.V25I4.1038

Muliati, R. (2021). Konsep Diri, Kecerdasan Emosi dan Perilaku Asertif pada Siswa SMA Kelas X. Psyche 165 Journal, 14(1), 8–16. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i1.22

Neha, S. O., & Anas, A. (2024). Pengalaman Haji dalam Film Mekah I’m Coming. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(5), 3584–3597. https://doi.org/10.35931/AQ.V18I5.3947

Ngatini, N., & Karneli, Y. (2021). Tingkat Perilaku Asertif Siswa Dan Implikasi Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 72–81. https://doi.org/10.36728/cijgc.v2i1.1460

Nisa, A. A., Pravikandari, D., Pratiwi, M. B., Weningrum, S. D. N., Mahmud, S. L., & Bustami, A. L. (2024). Makna Tari Topeng Malangan sebagai Implementasi dari Karakter Luhur Guru. Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 451–455. https://doi.org/10.17977/UM064V4I52024P451-455

Nur Afiah, & Fitriani Nengsi. (2022). Analisis Relasi Pertemanan melalui Perilaku Asertif pada Mahasiswa IAIN Parepare. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 4(2), 81–90. https://doi.org/10.35905/IJIC.V2I1.3439

Pradoto, A., Damiri, D. S., & Harjanto, A. (2021). Masalah yang terjadi pada siswa kelas IX SMP Negeri 13 Bandar Lampung adalah dengan munculnya permasalahan rendahnya perilaku asertif pada diri siswa yang diperoleh dari hasil pengamatan terhadap siswa dilingkungan sekolah. Tujuan dari diakannya penelitia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling (JIMBK), 3(1), 1–12. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/jmbk/article/view/6

Puspitasari, N. (Nofita), Hidayah, N. (Nur), & Setiyowati, A. J. (Arbin). (2020). Buku Panduan Pelatihan Tanggung Jawab Akademik melalui Media Topeng Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 488610. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V5I6.13591

Rahmadani, A. R., Darmayanti, N. D., Burdin, A., Harahap, A., & Yani, I. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja Desa Bagan Kuala dengan Bimbingan Kelompok. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 5(1), 188–194. https://doi.org/10.47467/AS.V5I1.2082

Sapruddin, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Topik Menyontek, Penyebab, dan Solusinya Melalui Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi Kelompok Homeroom Di SMA Negeri 1 Madapangga Kelas XI IPA-1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 26–39. https://doi.org/10.53299/JPPI.V3I1.282

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25–32. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362

Setyaningrum, R. B., Yulianti, A., & Asra, Y. K. (2020). Pola Asuh Authoritative dengan Perilaku Asertif Remaja Keturunan Minang di SMA Negeri 11 Pekanbaru. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 101–109. https://doi.org/10.24014/PIB.V1I2.9121

Sudirman, S., & Endriani, A. (2021). Hubungan Antara Perilaku Asertif Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Mts. Nw Tanak Maik Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.33394/VIS.V5I2.3335

Tiara, A., & Khotimah, W. Q. (2023). Inklusi Pada Organisasi Dalam Membangun Kemampuan Komunikasi Asertif Individu. KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 5(2), 222–236. https://doi.org/10.36761/KAGANGAKOMUNIKA.V5I2.3024

Tyas, P. K., Asrowi, A., & Susilo, A. T. (2022). Keberhasilan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Sikap Asertif Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 4(1), 23. https://doi.org/10.20961/jpk.v4i1.40632

Wijayanti, E. Y. (2022). Meningkatkan Perilaku Asertif Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Psikodrama. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 32(1), 24. https://doi.org/10.24235/ATH.V32I1.10619

Wulandari, P. C. E., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2022). Penerapan Teknik Sosiodrama Ande-Ande Lumut Dalam Assertive Training Untuk Meningkatkan Sikap Asertif. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 441–451. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/3129

Wulandari, R. T., Jazuli, M., & Djatiprambudi, D. (2023). Rekonstruksi Nilai Karakter Anak dalam Lakon Lahire Panji Laras pada Pertunjukan Wayang Topeng Malang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3449–3460. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4591

Yolanda, Y. S. R., Dharmayana, I. W., & Mishbahuddin, A. (2023). This Pengaruh layanan penguasaan konten teknik assertive training format klasikal terhadap peningkatan perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bengkulu selatan: enguasaan Konten, Perilaku Asertif, Teknik Assertive Training. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 28–35. https://doi.org/10.33369/CONSILIA.6.1.28-35