Strategi Bimbingan Klasikal Teknik Sinema Edukasi Topeng Malangan untuk Memperkuat Sikap Asertif Siswa SMP
Abstrak
Perilaku asertif diartikan sebagai tindakan seseorang yang dengan jujur dapat menyampaikan perasaan atau emosinya melalui cara ekspresi yang diinginkannya. Perilaku asertif merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan, terutama bagi individu yang sedang menjalani pendidikan selayaknya siswa SMP. Salah satu ciri anak usia sekolah menengah pertama (SMP) adalah memiliki emosi yang cenderung belum stabil, sehingga mereka mudah dipengaruhi oleh teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah melakukan kajian literatur terhadap layanan bimbingan klasial dan teknik sinema edukasi untuk memperkuat sikap asertif siswa. Penelitian ini berjenis penelitian SLR/Systematic literature review. Hasil kajian ditemukan sejumlah 11 artikel, dengan jabaran 5 artikel membahas mengenai layanan bimbingan klasikal untuk perilaku asertif, 2 artikel yang membahas mengenai teknik sinema edukasi untuk perilaku asertif, dan 4 artikel yang membahas nilai-nilai topeng malangan yang dapat diterapkan untuk perilaku asertif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai-nilai dalam tarian Topeng Malangan dapat membangun individu dalam melatih kejujuran, keberanian, empati, sopan santun, tanggung jawab, dan percaya diri. Keseluruhan nilai yang terdapat pada tarian Topeng Malangan selaras dengan nilai-nilai yang terdapat pada sikap asertif yang memungkinkan terciptanya layanan bimbingan klasikal teknik sinema edukasi topeng Malangan untuk memperkuat sikap asertif. Temuan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar teoritik pada penelitian selanjutnya, karena penelitian lanjutan berbasis data masih sangat diperlukan untuk membuktikan apakah ada pengaruh terhadap perilaku asertif siswa ketika diterapkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik sinema edukasi topeng Malangan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ista Yuliarti, Arbin Janu Setiyowati, Fitri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

