Teknik Permainan Simulasi dengan Menggunakan Media Monopoli Karier dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Pemahaman Studi Lanjut Siswa SMA
Abstrak
Proses mengambil keputusan studi lanjut pada masa Sekolah Menengah Atas adalah periode krusial dalam kehidupan siswa, karena akan memiliki pengaruh terhadap kehidupan selanjutnya khususnya dalam bidang pendidikan. Permasalahan pokok yang kerap dihadapi oleh siswa SMA adalah sulitnya memutuskan serta mencari studi lanjutan pada jenjang perguruan tinggi karena kurangnya wawasan, pengetahuan, serta informasi yang cukup dalam pengambilan keputusan karier. Penerapan bimbingan kelompok dapat membantu peserta didik untuk saling berbagi informasi mengenai studi lanjut dari masing-masing anggota kelompok, permainan simulasi monopoli karier merupakan media pembelajaran berupa permainan yang dirancang untuk menyampaikan informasi karier. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik permainan simulasi monopoli karier untuk membantu pemahaman studi lanjut siswa, karena terdapat temuan hasil penelitian yang bertolak belakang. Metode penelitian Systematic Literature Review (SLR) diterapkan dalam penelitian ini. Hasil kajian yang didapat berupa 14 artikel yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik permainan simulasi dengan menggunakan media monopoli dapat membantu siswa untuk pemahaman studi lanjutnya. Namun, perlu adanya penelitian kuantitatif untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi menggunakan media monopoli untuk pemahaman studi lanjut siswa.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Yuni Setyo Utami, Muslihati Muslihati, Im Hambali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

