Implementasi Nilai-nilai Filsafat Pendidikan dalam Mengemban Tugas Secara Profesional pada Guru Sekolah Dasar

  • Muhammad Azhar Nawawi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Arita Marini Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Edwita Edwita Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Durotul Yatimah Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini mengkaji terkait implementasi nilai-nilai filsafat pendidikan dalam mengemban tugas secara profesional pada guru sekolah dasar di Jabodetabek. Profesionalisme guru memiliki peranan penting terhadap keberhasilan belajar siswa. Untuk itu guru dituntut mampu menjunjung tinggi dan mengimplementasikan sikap profesionalismenya sebagai seorang pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik random sampling dalam bentuk angket dengan model skala likert. Pengambilan data dilakukan secara(daring) melalui wadah GoogleForm sejak September-November, Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari data angket survei implementasi nilai-nilai filsafat pendidikan terhadap profesionalisme dalam mengemban tugas bagi guru sekolah dasar, dengan sampel penelitian ini 88 guru, dengan dua indikator profesionalisme dan kode etik sebagai acuan menunjukan sikap profesionalisme dalam kategori sedang dengan persentase yang ditunjukan dari masing-masing indikator dengan skala persentase tertinggi adalah 100%, yaitu ditinjau pada aspek profesionalisme menunjukan persentase sikap profesionalitas dengan kategori sedang sebesar 54,7%, ditinjau pada aspek kode etik menunjukan persentase sikap profesionalitas dengan kategori sedang sebesar 57%. Maka dengan demikian berdasarkan data temuan terkait implementasi nilai-nilai filsafat pendidikan terhadap profesionalisme dalam mengemban tugas bagi guru sekolah dasar menunjukan sikap profesionalisme dengan kategori sedang. Hal ini menunjukan perlu adanya peningkatan motivasi bagi guru dalam upaya pengimplementasian sikap profesionalisme melalui internalisasi nilai-nilai filsafat pendidikan sebagai pedoman profesionalisme guru, baik dalam bentuk program pembinaan guru dan pelatihan kepemimpinan guru.

Kata Kunci: filsafat pendidikan, profesionalisme, guru, sekolah dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muhammad Azhar Nawawi, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, DKI Jakarta

Muhammad Azhar Nawawi adalah seorang pria kelahiran jakarta, 4 maret 1998, saat ini sedang menempuh pendidikan Doktoral program studi pendidikan dasar di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Pria yang disapa dengan sebutan azhar ini merupakan sosok lelaki yang gemar belajar dan senang menyelami hal-hal baru sebagai bekal pengalaman untuk dirinya.

Diterbitkan
2025-01-20
Bagaimana cara mengutip:
Nawawi, M. A., Marini, A., Edwita, E., Yatimah, D., & Zakiah, L. (2025). Implementasi Nilai-nilai Filsafat Pendidikan dalam Mengemban Tugas Secara Profesional pada Guru Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 817-824. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1714
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 57 times
PDF downloaded: 29 times

Referensi

Al Faris, F. (2016). Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme. Jurnal Filsafat, 25(2), 316. https://doi.org/10.22146/jf.12687

Herlina, H. (2018). Faktor Sosial Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 125. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.898

Iskandar, K. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Islam dan Gambaran Ideal Seorang Pendidik. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, I. https://doi.org/10.33754/jalie.v1i1.82

Muhid, A. (2016). Peranan filsafat ilmu terhadap pendidikan. E-Journal Untag Samarinda, 2, 73–83. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/2302/2359

Mustofa, A., Al, M., Uin, M., Gunung, S., Bandung, D., & Nurjaman, U. (2022). Profesionalisme Dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi. Professionalism in Education Based on Religion, Philosophy, Psychology, and Sociology, 5(1), 44–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.235

Ndahuluan, P. E. (2014). ( Educational Phylosophy ) Ahdar Djamaluddin Keywords : Educational , Phylosophy. I, 129–135.

Pidarta, M. (2007). Landasan kependidikan: stimulus ilmu pendidikan bercorak Indonesia. Rineka Cipta. https://books.google.co.id/books?id=iVcOAQAAMAAJ

Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasinya dalam Pendidikan). Jurnal Dinamika Ilmu, 13(2), 291–306. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.70

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82–89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286

Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 0(2), 266–276. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1485

Subawa, P. (2016). Standarisasi Dunia Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 139. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.79

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (5th ed., Vol. 6, Issue 1). Alfabeta. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Susanti, F., Rizal, A. A., & Febrianti, D. E. (2021). Analisis Permasalahan Sikap Profesionalisme Dalam Kinerja Guru Pada Satuan Pendidikan. BASA Journal of Language & Literature, 1(2), 20. https://doi.org/10.33474/basa.v1i2.10579

Syam, A. A., & Santaria, R. (2020). Moralitas dan Profesionalisme Guru sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 296–302. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.297

Wulandari, D. (2021). Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksioma Ad-Diniyah, 9(1), 318–336. https://doi.org/10.55171/jad.v9i1.535