Implementasi Metode Role Play dalam Pembelajaran Fiqih Kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Sragen

  • Ilham Hidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi metode Role Play  yang dilakukan oleh siswa kelas XII dalam mata pelajaran fiqih bab Pemulasaran Jenazah di SMK Muhammadiyah 1 Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang diterapkan dalam penelitian terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerpan metode role play menuntut partisipasi aktif siswa, mulai dari mempersiapkan alat, membagi peran hingga melaksanakan tugas-tugas seperti mengkafani dan mensalatkan jenazah, yang dilakukan tanpa menggunakan manekin. Seluruh rangkaian role play diawasi guru agar sesuai dengan syariat Islam. Guru memberikan arahan, membenarkan kesalahan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran guna memastikan keberhasilan metode ini. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pengalaman langsung yang mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, tanggung jawab, dan keberanian menyampaikan pendapat. Namun, penelitian ini juga mencatat beberapa kendala, seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap peran masing-masing dan ketidakmampuan mereka dalam menghafal bacaan doa yang diperlukan.

Kata Kunci: metode role play, Fiqih, siswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-03-01
Bagaimana cara mengutip:
Hidayat, I., & Inayati, N. L. (2025). Implementasi Metode Role Play dalam Pembelajaran Fiqih Kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Sragen . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1120-1125. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1680
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 195 times
PDF downloaded: 80 times

Referensi

Arif Shaifudin. (2019). FIQIH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT ILMU: Hakikat dan Objek Ilmu Fiqih. Al-Manhaj: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam , 1(2), 197–206. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v1i2.170

Astuti, E. S. D. (2023). Penerapan Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. EDUCATIONAL. Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran , 2(4), 317-324. https://doi.org/10.51878/educational.v2i3.1576

Ayu Rika Andriani. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Memerankan Tokoh dalam PementasanDrama Siswa Kelas XI IPB SMA Saraswati Singaraja. Undiksha. , Vol. 1(No. 7). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v1i7.1155

Dedek Mauliddiani, Dirja Hasibuan, & Hotni Sari Harahap. (2023). Kemampuan Daya Tangkap Anak dalam Pembelajaran Kelas V MIS Al Mukhlisin Kabupaten Deli Serdang . Journal on Education, Volume 06,(No. 01,), 1381–1389. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3092

Fauzi, A., & Inayati, N. L. (2023). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Al Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah.Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, , 4((2)), 272–283. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.438

Hamidah, N., Siwiyanti, L., Ashshidiqi, A., Studi, P., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pemahaman Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jendela Bunda, 7(2). https://doi.org/10.32534/jjb.v7i2.1348

Maulina Hendrik, & Diana Pramesti. (2021). Kerja Sama Antara Guru dengan Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, , 5(2b), 921–934. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2b.1275

Miles, B. M. dan M. H. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Ryan Aldiyansah, Uci Ulfa Nur’afifah, & Arifian Dimas. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar IPS di SDN Karanganyar 2. Global Education Journal, 1(1), 309-318. https://doi.org/10.59525/gej.v1i1.257

Siti Zubaidah, R. B. A. (2021). Upaya Guru Dalam Menerapkan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Ra Al-Idjrah Girian Kota Bitung. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(2), 1–19. DOI: https://doi.org/10.30984/ijece.v1i02.139

Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Wulandari, R. , M. T. , W. R. , H. N. , Y. Y. , & S. R. R. (2023). Pengembangan Karakter Siswa melalui Model Role-Play dalam Pembelajaran IPS. . Teaching, Learning and Development, , 1(1), 54–60. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.9

Zaenal Abidin. (2010). Pelatihan Penerapan Pembelajaran “Paikem” Bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Di Desa Randu, Kec. Subah, Kab. Batang Tahun 2010. Jurusan Tarbiyah – Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol .13(No.2), 111–119. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.3230