Implementasi Metode Role Play dalam Pembelajaran Fiqih Kelas XII di SMK Muhammadiyah 1 Sragen
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi metode Role Play yang dilakukan oleh siswa kelas XII dalam mata pelajaran fiqih bab Pemulasaran Jenazah di SMK Muhammadiyah 1 Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang diterapkan dalam penelitian terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penerpan metode role play menuntut partisipasi aktif siswa, mulai dari mempersiapkan alat, membagi peran hingga melaksanakan tugas-tugas seperti mengkafani dan mensalatkan jenazah, yang dilakukan tanpa menggunakan manekin. Seluruh rangkaian role play diawasi guru agar sesuai dengan syariat Islam. Guru memberikan arahan, membenarkan kesalahan, dan mengevaluasi hasil pembelajaran guna memastikan keberhasilan metode ini. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pengalaman langsung yang mengembangkan keterampilan sosial siswa, seperti kerja sama, tanggung jawab, dan keberanian menyampaikan pendapat. Namun, penelitian ini juga mencatat beberapa kendala, seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap peran masing-masing dan ketidakmampuan mereka dalam menghafal bacaan doa yang diperlukan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Ilham Hidayat, Nurul Latifatul Inayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

